Sukses

Apple iPhone 15 Bakal Dukung Koneksi Wi-Fi 6E

Sebuah laporan analis mengungkap informasi menarik tentang konektivitas iPhone 15 yang bakal mendukung koneksi Wi-Fi 6E.

Liputan6.com, Jakarta - Apple iPhone 15 series memang belum diumumkan secara resmi, dan baru akan meluncur sekitar bulan September 2023.

Meski masih lama, sebuah laporan analis penelitian Barclys yang dibuat oleh Blayne Curtis dan Tom O'Malles mengungkap informasi menarik tentang konektivitas iPhone 15.

Mengutip laporan Barclys via MacRumors, Jumat (27/1/2023), Apple iPhone 15 bakal mendukung koneksi Wi-Fi 6E. Sayangnya, laporan itu tidak menyebutkan model yang pakai fitur ini.

Masih belum dapat dipastikan apakah semua model iPhone 15 akan menggunakan fitur ini, atau perusahaan bermarkasi di Cupertino itu hanya akan memasang Wi-Fi 6E di model Pro.

Hingga ini, Apple sudah menanamkan teknologi koneksi Wi-Fi 6E ke beberapa perangkat buatannya, mulai dari iPad Pro 11 inci dan 12,9 inci, MacBook Pro 14 dan 16 inci, dan Mac mini.

Sementara itu, untuk semua model iPhone 14 masih terbatas menggunakan koneksi Wi-Fi 6. Sebelumnya, sempat beredar iPhone 13 dan iPhone 14 meluncur dengan Wi-Fi 6E namun tidak terwujud.

Dengan perkembangan koneksivitas jaringan yang semakin canggih, bukan hal yang tidak mungkin Apple akan merealisasikan dukungan Wi-Fi 6E ini ke iPhone baru.

Perusahaan kabarnya akan memperkenalkan iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max pada September mendatang.

Laporan terkini menyebutkan, keempat model iPhone 15 baka tampil dengan fitur smart island dan port USB Type-C.

Akan tetapi, hanya model iPhone 15 Pro saja yang menggunakan chipset A17, tombol volume dan power solid-state, dan fitur canggih lainnya.

Berdasarkan The Elec, Apple berencana untuk mengadopsi desain Smart Island dari iPhone 14 Pro series ke seluruh model iPhone 15.

Laporan itu menyebutkan, perusahaan sudah memesan peralatan khusus seharga USD 19.5 juta dari perusahaan asal Korea, Philoptics untuk produksi tampilan Smart Island di layar iPhone baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone 15 Pro Bakal Hadir dengan Desain Layar Lengkung

<p>iPhone 15 Pro (Source Macrumors) </p>

Apple dikabarkan bakal menggunakan desain layar lengkung dan bezel lebih untuk model iPhone 15 Pro, berdasarkan laporan terkini.

Mengutip laporan dari leaker ShrimpApplePro via MacRumors, Selasa (24/1/2023), layar iPhone 15 Pro ini akan menyerupai desain Apple Watch sehingga memberikan efek layar 2.5D.

Leaker itu juga mengatakan, iPhone baru milik Apple ini tetap memiliki layar datar tetapi dengan pinggir sisi kanan dan kiri melengkung--kurang lebih seperti Samsung Galaxy S6 Edge.

Dengan desain itu, diharapkan iPhone 15 Pro akan terlihat seperti tidak memiliki bezel sama sekali. Sementara itu, iPhone 15 dan 15 Plus juga akan membawa efek layar 2.5D yang sama.

Bedanya, bezel di kedua ponsel tersebut tidak lebih tipis dibandingkan dengan seri iPhone 14. ShrimpApplePro juga menyebutkan, Apple tetap akan mempertahankan ukuran layar seperti model iPhone saat ini.

3 dari 4 halaman

Gandeng 2 Perusahaan Baru

Apple Store. Kredit: Michael Gaida via Pixabay

Sementara itu, Apple juga baru-baru ini telah memutuskan untuk menggandeng 2 pemasok baru untuk modul kamera periskop di iPhone 15 Pro Max mereka.

Diketahui, pemasok tersebut adalah LG Innotek dan Jahwa Electronics. Disebutkan, baik LG Innotek dan Jahwa Electronic ini akan menyediakan aktuator OIS untuk modul kamera periskop dimana masing-masing memasok komponen sebesar 70 persen dan 30 persen.

Informasi, Jahwa telah bekerja sama dengan Samsung Electronic dan Samsung Electro-Mechanics untuk memasok komponsen seri Galaxy S23 mendatang serta Galaxy A54.

Saat ini, pemasok Apple--Alps Alpine dan Mizumi--sudah mengirimkan komponen aktuator tipe pegas untuk kamera iPhone.

Namun, aktuator berbentuk bola bikinan LG Innotek dan Jahwa Electronics ini diakui lebih cepat, akurat, dan menggunakan lebih sedikit daya, itulah alasan Apple beralih.

4 dari 4 halaman

Fitur Eksklusif iPhone 15

Tampilan iPhone 14 Pro series (Foto: Apple Newsroom)

Baik LG Innotek dan Jahwa Electronics telah berinvestasi dalam jumlah besar dalam fasilitas pengembangan komponen mereka.

iPhone 15 Pro Max akan menjadi ponsel pertama Apple yang menggunakan lensa periskop, dan tidak akan terpasang di model iPhone 15 lainnya.

Sehubungan dengan bocoran iPhone 15, disebut-sebut iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan mendapatkan fitur ekslusif di iPhone 14 versi Pro, yakni Dynamic Island.

Fitur ini adalah pengganti notch yang telah bertahun-tahun hadir di layar iPhone. Dynamic Island memadukan desain hardware dan software sehingga membuatnya interaktif dan berguna bagi pengguna.

Informasi tentang kehadiran fitur Dynamic Island pada iPhone 15 dan iPhone 15 Plus diungkap Mark Gurman dari Bloomberg.

Ia mengatakan, Apple kemungkinan menghadirkan desain yang sama termasuk Dynamic Island pada semua model iPhone 15.

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.