Sukses

iPhone 15 Pro Bakal Hadir dengan Desain Layar Lengkung

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan bakal menggunakan desain layar lengkung dan bezel lebih untuk model iPhone 15 Pro, berdasarkan laporan terkini.

Mengutip laporan dari leaker ShrimpApplePro via MacRumors, Selasa (24/1/2023), layar iPhone 15 Pro ini akan menyerupai desain Apple Watch sehingga memberikan efek layar 2.5D.

Leaker itu juga mengatakan, iPhone baru milik Apple ini tetap memiliki layar datar tetapi dengan pinggir sisi kanan dan kiri melengkung--kurang lebih seperti Samsung Galaxy S6 Edge.

Dengan desain itu, diharapkan iPhone 15 Pro akan terlihat seperti tidak memiliki bezel sama sekali. Sementara itu, iPhone 15 dan 15 Plus juga akan membawa efek layar 2.5D yang sama.

Bedanya, bezel di kedua ponsel tersebut tidak lebih tipis dibandingkan dengan seri iPhone 14. ShrimpApplePro juga menyebutkan, Apple tetap akan mempertahankan ukuran layar seperti model iPhone saat ini.

Sementara itu, Apple juga baru-baru ini telah memutuskan untuk menggandeng 2 pemasok baru untuk modul kamera periskop di iPhone 15 Pro Max mereka.

Diketahui, pemasok tersebut adalah LG Innotek dan Jahwa Electronics. Disebutkan, baik LG Innotek dan Jahwa Electronic ini akan menyediakan aktuator OIS untuk modul kamera periskop dimana masing-masing memasok komponen sebesar 70 persen dan 30 persen.

Informasi, Jahwa telah bekerja sama dengan Samsung Electronic dan Samsung Electro-Mechanics untuk memasok komponsen seri Galaxy S23 mendatang serta Galaxy A54.

Saat ini, pemasok Apple--Alps Alpine dan Mizumi--sudah mengirimkan komponen aktuator tipe pegas untuk kamera iPhone.

Namun, aktuator berbentuk bola bikinan LG Innotek dan Jahwa Electronics ini diakui lebih cepat, akurat, dan menggunakan lebih sedikit daya, itulah alasan Apple beralih.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Fitur Eksklusif iPhone 15

<p>iPhone 14 Pro Max with Software iOS 16 (Photo by Jeremy Bezanger on Unsplash)</p>

Baik LG Innotek dan Jahwa Electronics telah berinvestasi dalam jumlah besar dalam fasilitas pengembangan komponen mereka.

iPhone 15 Pro Max akan menjadi ponsel pertama Apple yang menggunakan lensa periskop, dan tidak akan terpasang di model iPhone 15 lainnya.

Sehubungan dengan bocoran iPhone 15, disebut-sebut iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan mendapatkan fitur ekslusif di iPhone 14 versi Pro, yakni Dynamic Island.

Fitur ini adalah pengganti notch yang telah bertahun-tahun hadir di layar iPhone. Dynamic Island memadukan desain hardware dan software sehingga membuatnya interaktif dan berguna bagi pengguna.

Informasi tentang kehadiran fitur Dynamic Island pada iPhone 15 dan iPhone 15 Plus diungkap Mark Gurman dari Bloomberg.

Ia mengatakan, Apple kemungkinan menghadirkan desain yang sama termasuk Dynamic Island pada semua model iPhone 15.

3 dari 4 halaman

Dynamic Island di iPhone 15

iPhone 14 Pro (Foto: Apple Newsroom)

Mengutip Gizchina, Rabu (11/1/2023), selain mengguncang tampilan iPhone premium, Dynamic Island memiliki keunggulan dari sekadar punch hole di layar perangkat.

Dynamic Island dipakai secara luas bersama dengan antarmuka iOS, menampilan notifikasi yang tengah berlangsung, indikator privasi, menampilkan lagu apa yang sedang diputar, notifikasi arah navigasi, dan lain-lain.

Kehadiran Dynamic Island pada iPhone 15 dan iPhone 15 Plus tak diragukan lagi bakal membuat kedua ponsel standar di seri iPhone 15 menjadi lebih menarik bagi pecinta Apple. Bagaimana tidak, pendahulunya, iPhone 14 dan iPhone 14 Plus oleh sebagian besar orang dianggap minim update dari iPhone sebelumnya. 

4 dari 4 halaman

Fitur Lain yang juga Hadir di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus

iPhone 14 Pro menghadirkan Dynamic Island sebagai pengganti notch (Foto: Apple Newsroom).

Sekadar informasi, Dynamic Island bukan satu-satunya fitur Pro yang akan dihadirkan pada iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Sebelumnya, Apple juga dikabarkan akan memboyong kamera resolusi tinggi 48MP ke iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

Fitur ini sebelumnya juga hadir di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Namun, tahun ini kemungkinan bakal jadi fitur universal di iPhone 15 series. Dengan begitu, ada peningkatan signifikan pada iPhone yang rilis 2023 ini.

Selain itu, kabarnya iPhone 15 dan iPhone 15 Plus juga akan dibekali dengan port USB Type C, sebagai ciri universal bagi semua iPhone yang rilis 2023. Pasalnya, port Lightning Apple bakal segera dihentikan.

(Ysl/Tin)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS