Sukses

Oppo Reno8 T Siap Meluncur di Indonesia, Bawa Peningkatan Performa dan Kamera

Liputan6.com, Jakarta - Dua smartphone terbaru Oppo yang akan rilis di Indonesia akhirnya terungkap. Hal ini diketahui setelah Oppo resmi memperkenalkan nama dari kedua perangkat tersebut.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (21/1/2023), dua ponsel tersebut merupakan lini Oppo Reno8 T. Laman khusus untuk kedua ponsel sudah muncul di situs resmi Oppo Indonesia.

"Kehadiran kedua perangkat terbaru ini akan menjadi keluarga baru lini Reno8 yang meneruskan kesuksesan seri sebelumnya," tulis Oppo dalam pernyataannya.

Meski spesifikasi keduanya belum diungkap secara detail, kedua model Oppo Reno8 T diketahui akan membawa desain modul kamera yang terlihat sangat menonjol dengan tampilan dua lingkaran kamera besar.

Kehadiran kamera itu mempertegas posisi model terbaru dari Oppo Reno8 ini sebagai The Portrait Expert. Selain itu, seperti bocoran sebelumnya, smartphone ini akan hadir dalam varian 4G dan 5G.

Perangkat ini juga diketahui memiliki warna oranye khas Oppo dengan tekstur kulit elegan dan efek jahitan di area kamera. Selain itu, Oppo Reno8 T juga hadir dengan warna hitam klasik.

Tidak hanya desain, Oppo juga menjanjikan smartphone ini akan membawa peningkatan pada kamera dan performa. Saat ini, informasi mengenai jadwal kehadiran Oppo Reno8 T memang belum diungkap, tapi dipastikan akan dilakukan dalam waktu dekat.

Sebagai informasi, Oppo memang diketahui tengah menyiapkan smartphone baru yang akan rilis di awal tahun ini. Perangkat baru ini diketahui telah terdaftar pada situs sertifikasi postel dengan nomor sertifikat 86271/SDPPI/2022.

Dalam situs tersebut, HP Oppo ini tercatat dengan nomor model Oppo CPH2481. Selain terdaftar di situs sertifikasi, perangkat ini juga telah tersertifikasi TKDN sejak 5 Oktober 2022 dengan nilai 35,79 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cek Update ColorOS 13 di Oppo Reno8 Series Lewat Aplikasi Ini

Di sisi lain, Oppo telah meluncurkan ColorOS 13 secara global pada Agustus tahun lalu. ColorOS versi terbaru ini hadir dengan beragam fitur baru, performa lebih efisien, hingga antarmuka yang lebih ramah pengguna.

ColorOS 13 hadir pertama kali untuk perangkat Find X2 Pro 5G, dan secara berangsur pengguna Reno8 Series kini juga sudah mendapatkannya.

Pengguna Reno8 Series yang ingin memeriksa kehadiran ColorOS terbaru ini bisa melakukannya secara langsung di perangkat.

Pengguna tinggal melakukan pengecekan lewat menu Pengaturan. Lalu, pilih opsi Tentang Perangkat dan kemudian menekan versi ColorOS. Sementara bagi pengguna yang belum mendapatkan pembaruan dapat pula melakukan pemeriksaan melalui Oppo System Upgrade Tools.

Untuk melakukan pengecekan melalui Oppo System Upgrade Tools, pengguna perlu memasangnya terlebih dulu di PC atau laptop berbasis Windows. Nah, untuk melakukan pemeriksaaan itu, simak langkah-langkah berikut ini seperti dikutip dari keterangan resmi Oppo, Senin (9/1/2023):

  1. Unduh aplikasi Oppo System Upgrade Tool di situs web resmi Oppo atau kunjungi https://www.oppo.com/en/rom.
  2. Install aplikasi Oppo System Upgrade Tools di komputer atau laptop berbasis Windows 7/8/10.
  3. Hubungkan perangkat Oppo Reno8 Series ke komputer atau laptop. Pastikan perangkat yang dihubungkan telah mengaktifkan USB Debugging pada mode pengembang.
  4. Untuk mengaktifkan mode pengembang, kamu perlu masuk ke menu Pengaturan, kemudian ke opsi Tentang Perangkat-nya dan pilih opsi versi.
  5. Selanjutnya, kamu ketuk tujuh kali pada nomor kompilasi. Berikutnya, kembali ke menu Pengaturan awal, cari mode pengembang, temukan opsi USB Debugging dan aktifkan.
  6. Setelah terhubung, aplikasi Oppo System Upgrade Tools akan melakukan instalasi aplikasi OTA Assistant di perangkat Reno8 Series.
  7. Pilih 'Check the New Version' atau 'Periksa Versi Terbaru' untuk dapatkan update terbaru'Update Now' untuk update sistem ColorOS 13. Aplikasi pun akan mengunduh sistem versi terbaru dan tunggu hingga proses unduh selesai.
  8. Terakhir, aplikasi Oppo System Upgrade Tools akan mengirimkan sistem operasi yang telah diunduh ke perangkat Reno8 Series.
  9. Lanjutkan ke jendela Reno8 Series dan lakukan instalasi. Dan sekarang, kamu dapat menikmati ColorOS 13 di perangkatmu.
3 dari 4 halaman

Oppo Perkenalkan ColorOS 13 Bawa Tampilan Lebih Asik

Untuk diketahui, Oppo resmi merilis ColorOS 13 untuk pengguna global di tahun lalu. ColorOS versi terbaru ini menjadi salah satu sistem operasi pertama yang berbasis Android 13.

ColorOS 13 menggabungkan sejumlah fitur utama Android 13, termasuk memperkenalkan desain aquamorphic baru untuk pengalaman visual yang lebih ringkas dan nyaman.

Sesuai namanya, desain aquamorphic menghasilkan antarmuka yang mengalir dan inklusif. ColorOS 13 juga menampilkan palet tema baru yang terinspirasi dari perubahan warna cahaya antara Matahari terbit dan tenggelam di permukaan laut.

Oppo juga menyertakan huruf baru yang disertai peningkatan keterbacaan teks dalam berbagai bahasa. Dalam ColorOS 13, Oppo juga menawarkan pengalaman pemakaian yang lebih intuitif, mulai dari animasi sistem hingga UI.

4 dari 4 halaman

Peningkatan Performa di ColorOS 13

Selain tampilan, performa ColorOS 13 juga ditingkatkan. Untuk kali pertama, Oppo menggunakan Dynamic Computing Engine sebagai solusi teknis tingkat sistem yang dikembangkan sendiri untuk menghadirkan sistem lebih mulus dan stabil, termasuk peningkatan lebih menyeluruh.

Menurut Oppo, engine ini menghadirkan dua peningkatan besar pada ColorOS 13, yakni peningkatan masa pakai baterai dan kemampuan membuat lebih banyak aplikasi tetap berjalan di latar belakang.

Sejumlah fitur cerdas turut dibenamkan pada ColorOS versi terbaru ini, seperti Smart Always-on Display. Sesuai namanya, pengguna kini bisa melihat lebih cepat informasi terkait aplikasi musik dan fungsi lain.

Untuk mendukung kemampuan ini, Oppo telah bermitra dengan Bitmoji dan Spotify. Lalu berkat teknologi LTPO 2.0, refresh rate Always-On Display dikurangi menjadi hanya 1Hz untuk menghemat konsumsi daya 30 persen dalam beberapa skenario. 

(Dam/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS