Sukses

Platform S.id Catatkan 700 Juta Pengunjung Selama 2022

Liputan6.com, Jakarta - Pemakaian microsite untuk berbagai kebutuhan, termasuk biolink terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Nah, salah satu platform buatan Indonesia yang bisa membantu pengguna internet membuat microsite adalah S.id.

Platform ini menawarkan akses yang mudah, gratis, dan tidak perlu mengunduh aplikasi. Platform S.id ini bisa diakses secara aman melalui browser, serta bisa langsung membuat biolink atau microsite sepuasnya.

Tidak hanya itu, platform S.id juga memiliki fitur shorterner link untuk mempersingkat tautan yang panjang menjadi sangat pendek dan mudah diingat. Fitur ini akan sangat berguna bagi mereka yang ingin mempublikasikan sebuah tautan, tapi dengan nama tautan pendek dan bisa dikustomisasi.

"Produk lokal satu ini memang sudah diandalkan oleh setiap lapisan masyarakat mulai dari dalam negeri hingga luar negeri, seperti indonesia, amerika, taiwan, canada dan masih banyak lainnya," tutur COO S.id Shidiq Purnama dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (22/1/2023).

Ia menuturkan, pada 2022 saja, ada lebih dari 700 juta akses pengguna internet yang mengunjungi platform S.id untuk berbagai keperluan, mulai dari membuat biolink, mempersingkat tautan, atau mengunjungi link seseorang yang menggunakan platform S.id.

S.id juga mencatat ada sekitar 8,5 juta tautan panjang yang telah dipersingkat melalui platform-nya. Capaian lainnya adalah platform ini adalah telah membuat 48 ribu microsite untuk biolink, dan mendapatkan 8,5 juta pengunjung tautan perhari.

"Kami berharap, platform karya anak bangsa ini bisa semakin maju dengan teknologi lainya agar kami bisa menembus setiap kebutuhan lapisan masyarakat dunia," tutur Shidiq melanjutkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Peningkatan Layanan

Dengan seluruh capaian itu, S.id berusaha untuk terus meningkatkan layanannya. Salah satunya ditunjukkan dengan memberikan layanan 24 jam selama tujuh hari penuh.

"Terbukti dari kesediaan kami tersebut, lebih dari 22 ribu link domain yang mengandung informasi phishing, malware, scam, spam, hoax, pornografi, dan sebagainya sudah kami blokir melanggar ketentuan dan kebijakan," ujar Shidiq menjelaskan.

S.id juga memastikan seluruh link yang dibuat di platformnya dipastikan aktif selamanya dan tidak akan kadaluarsa, karena sistem mereka akan senantiasa menghapus setiap hal negatif agar dapat menjadi platform yang sehat dan terus bertahan.

Shidiq pun berharap platform S.id dapat menjawab kebutuhan setiap penggunannya. Untuk itu, S.id berkomitmen akan terus selalu mempertahankan kepercayaan pengguna dengan selalu memperbarui teknologinya, sekaligus meningkatkan layanan.

3 dari 4 halaman

3 Fitur Tersembunyi di Platform Pemendek Tautan s.id

Terdapat sejumlah platform gratis yang bisa kamu gunakan untuk menyingkat tautan, salah satu layanan pemendek tautan asli buatan Indonesia yang layak dicoba adalah s.id.

Platform ini memiliki kegunaan yang sama dalam memproses link yang panjang menjadi pendek dengan mudah dan gratis.

Namun, s.id diklaim lebih mudah digunakan karena semua fitur yang tersedia gratis, tanpa perlu berlangganan, dan tautan juga dapat dikustomisasi atau dapat diubah namanya sesuai dengan keinginan tanpa batas.

Jika kamu ingin menggunakan semua fitur-fitur yang ada, kamu perlu login atau membuat akun terlebih dahulu.

Dari beberapa fitur yang ditawarkan, berikut tiga fitur tersembunyi yang ada di platform pemendek tautan s.id.

1. Time Based Link

Kamu mungkin ingin membuat tautan yang hanya boleh diakses pada waktu tertentu untuk memudahkan pekerjaan?

Seperti tautan untuk event dengan jangka waktu tertentu yang dapat mengakses tautan kamu dengan waktu yang sudah ditentukan, tidak di luar waktu tersebut.

Maka kamu dapat menggunakan fitur terbarunya s.id yang bernama Time based link. Time based link atau tautan berjangka adalah jenis tautan yang hanya bertahan pada rentang waktu tertentu.

Jika waktu yang ditentukan sudah habis, maka tautan akan kadaluarsa dan sudah tidak dapat diakses lagi. Untuk mengaktifkan kembali, mereka perlu menghubungi pemilik tautan tersebut.

Berikut cara mengaktifkan Time based link:

  • Log in terlebih dahulu ke akun s.id kamu
  • Kemudian pilih menu “tautan” atau “link”
  • Masukkan URL asli kamu pada kolom paling atas dan klik short it!
  • Setelah itu, klik ikon jam
  • Kamu dapat memilih tanggal dan waktu tertentu untuk memberi batas akses pengunjung ke tautan kamu.
  • Setelah itu, klik simpan.
  • Sudah selesai, kini kamu dapat melihat berapa lama tautan dapat diakses.
  • Apabila ingin menghapusnya, klik hilangkan

 

4 dari 4 halaman

2. Linkplus

Fitur Link plus adalah fitur rahasia yang digunakan untuk menemukan tujuan tautan asli dengan alamat tautan S.id.

Linkplus akan menemukan jenis link yang kamu cari, baik itu microsite ataupun shortener link.

Hal tersebut akan sangat membantu kamu apabila ingin membuka tautan namun takut akan scam atau penipuan, karena fitur ini akan memberitahu tautan asli itu berasal.

Berikut cara menggunakan fitur linkplus S.id:

  • Buka browser
  • Masukkan link s.id+ (plus) contoh: s.id/TheBakers+
  • Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini

3. Protected Link

Mungkin saat ini kamu ingin membagikan suatu tautan penting dan rahasia kepada orang orang yang dituju saja, namun kamu takut orang lain yang tidak berkepentingan dapat mengakses dan berpotensi mengubah, menjiplak atau menghapus data data pada tautan tersebut, maka kamu berada di posisi bahaya.

Namun tak perlu khawatir, saat ini sudah ada sistem untuk melindungi tautan kamu dari orang luar, salah satunya yaitu fitur terbaru dari s.id yang bernama protected link.

Dengan Protected link, kamu dapat menggunakan fitur pengamanan tautan secara gratis dengan mengunjungi situs resmi s.id

Protected link atau tautan yang dilindungi adalah tautan dengan kunci rahasia sebelum diarahkan ke tautan asli. Sehingga, ketika orang ingin mengakses tautan kita, mereka perlu mengetahui kata sandi yang kamu buat.

Dengan begitu, tautan kamu akan aman dari orang lain yang tidak berkepentingan.

Cara mengaktifkan Protected link:

  • Log in terlebih dahulu ke akun s.id kamu
  • Kemudian pilih menu “tautan” atau “link”
  • Masukkan Link/URL asli kamu pada kolom paling atas dan klik short it!
  • Setelah itu, klik ikon induk kunci
  • Masukkan kode rahasia dan klik simpan dan selesai
  • Ketika seseorang ingin mengunjungi tautan kamu, maka akan muncul permohonan masukkan kode rahasia untuk mengakses tautan kamu.
  • Kini kamu dapat membagikan kode rahasia kepada orang orang yang dituju

(Dam/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS