Sukses

Tampil Beda, Merek Smartphone Android Ini Kasih Update Hingga 7 Tahun

Berbeda dengan merek lain yang hanya memberi update software hingga maksimal 4 tahun, merek smartphone Eropa ini suguhkan update hingga tujuh tahun

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan manufaktur smartphone menghentikan dukungan update software pada produknya setelah lewat tiga tahun. Selanjutnya, perangkat dibiarkan tanpa update atau hanya menghadirkan update patch keamanan, bukan update sistem operasi Android ke versi baru.

Namun, ada satu merek smartphone yang memberikan pembaruan software untuk jangka yang lebih lama. Merek yang dimaksud adalah Fairphone, yang berasal dari Amsterdam, Belanda.

Mengutip Gizchina, Selasa (17/1/2023), Fairphone adalah perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam pembuatan smartphone tahan lama dan mudah diperbaiki.

Belum lama ini, setelah memberikan dukungan update hingga tujuh tahun untuk sebuah smartphone-nya, Fairphone mengumumkan bahwa salah satu ponsel pertamanya akan setop menerima update mulai Maret mendatang.

Sebelumnya, terungkap kalau smartphone Fairphone 2 yang dirilis dengan Android 5 Lolipop pada 2015 mendapatkan update OS hingga Android 10. Kini, setelah tujuh tahun, mendapatkan dukungan dan 5 update OS Android yang signifikan, perangkat ini akhirnya berhenti mendapatkan dukungan update pada Maret 2023.

Sebenarnya, Fairphone 2 hanya direncanakan mendapatkan dukungan update antara tiga sampai lima tahun. Perangkat ini pun akan berhenti menerima update versi OS Android baru dan perbaikan keamanan pada Maret.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disarankan Ganti Perangkat dan Ikuti Program Daur Ulang

Fairphone menegaskan, karena setop mendapatkan dukungan update, akibatnya penggunaan smartphone Fairphone 2 ini di masa mendatang mungkin tidak lagi aman. Pasalnya smartphone yang tidak lagi mendapatkan pembaruan software mungkin rentan terhadap malware. Selain itu, beberapa aplikasi juga bisa berhenti bekerja.

Fairphone juga mengeluarkan peringatan tentang potensi tidak lagi mendapatkan suku cadang untuk perangkat karena model tersebut sudah lawas. Perusahaan pun menyarankan pengguna Fairphone 2 untuk beralih ke sistem operasi alternatif atau berganti ponsel ke model baru.

Bukan hanya itu, Fairphone juga menawarkan opsi untuk mendaur ulang smartphone Fairphone 2 ini. Pengguna yang melakukan daur ulang akan mendapatkan tiket senilai 50 Euro bagi mereka yang mengikuti program daur ulang paling lambat pada 31 Maret 2023.

3 dari 4 halaman

Apa Bahayanya Kalau Smartphone Tak Update OS?

Jika smartphone kamu tidak menjalankan perangkat lunak terbaru, itu menjadi perangkat yang berbahaya. Apple dan Google secara rutin merilis perbaikan keamanan untuk iPhone dan Android.

Hal tersebut datang dalam bentuk pembaruan perangkat lunak, untuk menambah celah yang bisa dimanfaatkan hacker untuk menyerang perangkat kamu.

Jika kamu tidak menginstal pembaruan terbaru, bisa berisiko terkena serangan siber--membuat peretas mengambil kendali atas perangkat.

Mengutip The Sun, Kamis (4/1/2022), hacker juga bisa mengakses foto dan video pribadi, info sensitif, serta rekening bank atau dana online lainnya.

Apple sendiri memberikan pembaruan iOS terbaru ke iPhone secara bersamaan. Versi terbaru saat ini adalah iOS 16.2, memberi kamu perlindungan terbaik.

Untuk memeriksa versi iOS yang ada di iPhone, buka Pengaturan > General (Umum) > Pembaruan Perangkat Lunak.

Jika kamu menggunakan perangkat lunak versi lama, ikuti petunjuk di layar perangkat untuk memperbarui. Bila seri iPhone yang kamu miliki sudah sangat jadul, kemungkinan kamu tidak dapat menerima pembaruan terbaru.

Kondisi ini tentu bisa sangat berbahaya, sehingga kamu harus segera mempertimbangkan untuk membeli perangkat yang lebih baru.

4 dari 4 halaman

Cara Update Android

Sementara itu, ponsel Android agak tricky karena pembaruan terbaru tidak meluncur untuk semua pengguna pada waktu bersamaan. Pembaruan terbaru akan tergantung pada model smartphone kamu.

Google merilis pembaruan Android 13 versi awal pada 2022, dan saat ini sudah tersedia secara luas. Maka dari itu, periksa untuk melihat apakah kamu sudah mendapatkan update terbaru dengan masuk ke Pengaturan> Tentang Ponsel> Versi Android.

Di situlah kamu dapat melihat apakah kamu mendapatkan pembaruan Android terbaru. Kamu juga bisa memeriksa untuk mengetahui pembaruan keamanan Android terbaru.

Google merilis tambalan keamanan 2022-12-05 pada Desember 2022. Untuk memperbarui ponsel Android kamu, buka Pengaturan > Sistem > Pembaruan Sistem.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.