Sukses

Rilis Tahun Ini, iPhone 15 Pro Bakal Punya 6 Fitur Eksklusif?

iPhone 15 adalah perangkat yang digadang-gadang rilis tahun ini. Kabarnya, ada 6 fitur eksklusif yang hanya akan dirlis di model iPhone 15 Pro series.

Liputan6.com, Jakarta - Apple kian memperjelas perbedaan fitur di model iPhone Pro dan non-Pro. Pada iPhone 14 Pro misalnya, kehadiran fitur Dynamic Island begitu digarisbawahi, membuat model Pro begitu berbeda dengan model standar yang rilis masih dengan notch.

Tahun ini, Apple digadang-gadang akan merilis iPhone 15 series. Perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook ini pun dikabarkan akan menghadirkan berbagai fitur ekslusif iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Dengan begitu, perbedaan antara versi iPhone Pro dengan versi standar akan makin jauh. Mengutip MacRumors, Senin (9/1/2023), ada 6 fitur eksklusif yang akan ditampilan di iPhone 15 Pro series. Apa saja?

1. Chip Bionic Apple A17

Menurut Nikkei Asia, model iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang akan datang akan diperkuat menggunakan chipset A17 Bionic dengan proses 3nm, generasi kedua dari TSMC.

Dengan chip A17 Bionic, perangkat ini memiliki peningkatan kinerja dan konsumsi daya yang lebih hemat dibandingkan iPhone 14 Pro. Tahun lalu, hanya iPhone 14 Pro series yang dikemas dengan chip Apple terbaru, A16 Bionic.

Sementara iPhone 14 dan iPhone 14 Plus harus puas dengan chipset tahun sebelumnya, A15 Bionic.

2. Frame Titanium

Layaknya Apple Watch Ultra, bingkai model iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan dibuat dari material titanium, bukan baja tahan karat seperti sebelumnya. Informasi ini berasal dari Jeff Pu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Port USB Type C

Seperti yang dibuktikan oleh analis Ming-Chi Kuo, model iPhone 15 Pro akan menggunakan port USB Type C yang mendukung setidaknya USB 3.2 atau Thunderbolt 3.

Spesifikasi di atas membawa proses transfer data yang jauh lebih cepat. Sebagai pembeda, port USB Type C pada model iPhone 15 standar masih terbatas pada kecepatan USB 2.0.

4. Memori Luas

Menurut firma riset TrendForce, model iPhone 15 Pro akan hadir dengan peningkatan RAM 8GB. Sementara versi vanilla (kemungkinan model non Pro) masih akan menggunakan RAM 6GB.

Sekadar informasi, kapasitas RAM ekstra akan memungkinkan aplikasi seperti Safari untuk menyimpan lebih banyak konten aktif di background smartphone.

3 dari 4 halaman

5. Tombol Solid State

Analis Kuo yang biasa memberi bocoran tentang iPhone versi terbaru juga mengklaim, model iPhone 15 Pro series akan menampilkan tombol volume dan daya solid-state.

Kabarnya pula, model iPhone 15 Pro juga akan hadir dengan dua Mesin Taptic ekstra yang memberi feedback haptic untuk mensimulasikan perasaan menekan tombol tanpa benar-benar memindahkannya.

Tombol ini memiliki kemiripan dengan tombol Home pada versi iPhone SE 5G yang dirilis 2022 atau Touch di MacBook baru.

4 dari 4 halaman

6. Dukungan Optical Zoom

Ming-Chi Kuo juga menyebutkan, model iPhone 15 Pro Max akan didukung lensa telephoto periscope. Fitur ini akan mengizinkan perangkat mendukung setidaknya 6x optical zoom, dibandingkan pada iPhone 14 Pro yang hanya 3x optical zoom.

Selain itu, perlu diketahui, Mark Gurman dari Bloomberg sempat bilang, model iPhone 15 Pro Max bisa jadi akan dinamai iPhone 15 Ultra, seperti Apple Watch Ultra.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.