Sukses

Strategi iQOO Rengkuh Pasar Indonesia: Sasar Pasar Baru dan Independen dari Vivo

Liputan6.com, Jakarta - iQOO 11 dipastikan akan menjadi smartphone debut iQOO untuk pasar Indonesia. Smartphone ini disebut akan hadir dengan spesifikasi yang mengandalkan performa.

Menurut iQOO Brand Team Robiat Pahlevi, iQOO hadir dengan pendekatan berbeda jika dibandingkan brand lain yang sudah lebih dulu ada. Salah satunya adalah iQOO mengincar segmen pasar yang diklaim belum banyak digarap brand lain.

"Kami berusaha untuk masuk pasar baru dengan positioning yang jarang dan bahkan belum ada brand lain di Indonesia yang jump ke market ini. Positioning ini adalah performance yang arahnya lebih ke premium," tutur Robiat menjelaskan saat peluncuran brand iQOO Indonesia di Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Dalam hal performa, Robiat menuturkan, iQOO berusaha membekali smartphone debutannya ini dengan spesifikasi mumpuni. Salah satunya adalah smartphone ini akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang baru saja diperkenalkan Qualcomm.

Selain itu, iQOO 11 juga diklaim mampu memberikan pengalaman optimal saat bermain game. Sementara soal sisi premium, iQOO bekerja sama dengan BMW M Motorsport untuk desain smartphone ini.

"Kami kombinasikan semangat kami yang menunjukan iQOO fokus pada performa tinggi, tanpa meninggalkan sisi premium yang mana kami bekerja sama dengan BMW Motorsport. Sisi itu yang ingin kami rengkuh di pasar Indonesia," tutur Robiat melanjutkan.

Ia juga menyatakan iQOO akan menjadi brand independen yang terpisah dari Vivo untuk pasar Indonesia. Seperti diketahui, iQOO sendiri merupakan sub-brand Vivo yang diperkenalkan pertama kali pada 2019.

Oleh sebab itu, untuk pasar Indonesia, Robiat mengatakan, iQOO akan memaksimalkan penjualan melalui kanal online. Hal ini dilakukan karena sebagai brand baru, penjualan di kanal online memungkinkan iQOO menjangkau seluruh Indonesia.

Sebagai mitra penjualan, iQOO bekerja sama dengan dua marketplace yakni Tokopedia dan Shopee. Sementara soal layanan purnajual, HP iQOO nantinya akan didukung Vivo Service Center.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

iQOO Siap Jadi Smartphone Pertama dengan Snapdragon 8 Gen 2 di Indonesia

iQOO Indonesia resmi mengonfirmasi kehadiran iQOO 11 sebagai smartphone pertama mereka di Indonesia. Mengusung tagline 'Monster Inside', iQOO 11 juga diklaim sebagai HP Android pertama di Tanah Air yang memakai Snapdragon 8 Gen 2.

"Menanggapi respons positif konsumen Indonesia, kami bangga akhirnya dapat membawa iQOO 11 sebagai smartphone pertama di Indonesia yang ditenagai Snapdragon 8 Gen 2 yang baru saja diluncurkan," tutur Senior Product Manager iQOO Indonesia Praditya Putra dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (27/11/2022).

Praditya menuturkan, perangkat ini dirancang khusus untuk menjadi revolusi flagship smartphone yang membawa pengalaman luar biasa, sekaligus menghadirkan performa terbaik untuk gaming.

Berbekal Snapdragon 8 Gen 2, iQOO 11 disebut akan memiliki kinerja efisien, mulus, dan berperforma tinggi. Smartphone ini juga akan hadir teknologi Dual Flagship-Chip.

Selain Snapdragon 8 Gen 2, smartphone ini turut didukung V2 Chip ekslusif buatan sendiri. V2 Chip ini merupakan in-display chipset independen untuk mendukung Game Frame Interpolation, sehingga pengguna dapat menikmati visual dengan frame rate tinggi dan konsumsi daya rendah saat bermain game.

HP iQOO ini dijadwalkan meluncur pada 8 Desember 2022. Meski sudah dipastikan hadir, iQOO belum mengungkap informasi mengenai harga dan spesifikasi lengkap dari smartphone ini.

3 dari 5 halaman

Bocoran Spesifikasi iQOO 11 5G, Seperti Apa?

Seperti diketahui, iQOO (baca: Aiku) sedang bersiap untuk meluncurkan HP Android terbarunya, iQOO 11 5G, secara global, termasuk di Indonesia.

Setelah teaser kehadiran iQOO 11 5G ini lewat akun media sosial mereka, diketahui ponsel ini sudah mengantongi sertifikat TKDN dari Kemenperin dan Kominfo.

Walau perusahaan sub-brand Vivo ini belum mengungkap tanggal pasti peluncurannya, iQOO 11 5G siap debut pada Desember 2022.

Jelang peluncurannya tersebut, beredar bocoran tentang spesifikasi iQOO 11 5G di internet.

Meski sudah dikonfirmasi ponsel flagship-nya tersebut akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2, iQOO masih tutup mulut tentang spesifikasi hardware lainnya.

Kini, bocoran informasi spesifikasi HP iQOO 11 5G pun sudah marak beredar di internet via aplikasi benchmark Geekbench.

4 dari 5 halaman

Spesifikasi iQOO 11

Adapun ponsel yang terdaftar di Geekbench menggunakan RAM 12GB--kemungkinan RAM LP-DDR5X, dan menggunakan memori UFS 4.0.

Dikutip GSM Arena, Selasa (22/11/2022), iQOO 11 5G menggunakan layar Samsung E6 berukuran 6,78 inci dan beresolusi 1,440 x 3,200 piksel.

Layar HP iQOO ini sudah mendukung refresh rate 144Hz dan sensitifitas hingga 300Hz. Dalam hal kamera, seri 11 ini tampil dengan kamera utama 50MP.

Sementara lensa lainnya, termasuk 13MP (ultra wide) dan 8MP (makro). Untuk keperluan selfie, perusahaan menyematkan sensor 16MP.

Berdasarkan bocoran sebelumnya, iQOO 11 5G menggunakan baterai berkapasitas 5,000mAh dan sudah mendukung kemampuan fast charging 120W.

Disebutkan, iQOO 11 5G akan tersedia dalam dua pilihan warna tempa balap, yaitu Isle of Man Edition dan Track Edition. 

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS