Sukses

Bentuk iPhone 15 Bakal Mirip Model iPhone 5C?

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan bakal melakukan perubahan besar-besaran terhadap desain ponsel barunya tahun depan, yaitu iPhone 15.

Berdasarkan bocoran pengguna Twitter @ShrimpApplePro, sasis bodi iPhone 15 akan terbuat dari titanium.

Dia juga mengatakan, panel belakang kaca bodi ponsel baru iPhone ini akan memiliki tepian bulat dan layar rata--seperti iPhone 5C.

Dengan desain ini, Apple berharap pengguna dapat lebih nyaman mengenggam ponsel dan lebih ringan dengan sasis berbahan titanium.

Leaker tersebut mengatakan, masih terlalu dini untuk memastikan apakah Apple akan mengadopsi desain ini atau lebih memilih bentuk sama seperti iPhone 14 series.

Ini bukan satu-satunya rumor iPhone 15 yang beredar di internet. Beberapa bocoran lainnya pun sudah mulai marak dan menjadi perbincangan warganet.

Salah satunya soal iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan menggunakan sakelar solid-state untuk tombol volume dan power dengan respon haptic, alih-alih menggunakan tombol fisik.

Tombol home solid-state sendiri pertama kali dirilis di iPhone 7, di mana pengguna tidak bisa memencetnya secara fisik, tetapi bergetar sebagai respon terhadap sentuhan.

iPhone 8 dan generasi kedua dan tiga iPhone SE, juga memiliki tombol home berbentuk solid-state yang ditenagai Taptic Engine Apple.

Apple menggunakan teknologi yang sama ini untuk mengaktifkan penekanan kibor haptic di iOS 16, serta dengan trackpad Force Touch yang mereka gunakan pada MacBook.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Hanya Dua Model iPhone 15

Bocoran iPhone 14 series (Foto: Twitter/ @EveryApplePro).

Kuo dalam cuitan di Twitter menjelaskan, Apple harus menambahkan Taptic Engines di sisi kiri dan kanan dari dua model iPhone 15 kelas atas, untuk "memberikan feedback demi membuat pengguna merasa seperti menekan tombol fisik."

Dikutip dari The Verge, Senin (31/10/2022), ini akan membawa jumlah Taptic Engines Apple di iPhone 15 dari satu menjadi tiga.

Kuo tidak menyebutkan model dasar atau model Plus dari iPhone 15, jadi bisa diperkirakan, kedua varian ini mungkin masih memiliki tombol power dan volume fisik yang masih bisa dipencet.

Patut diingat hal ini masih sebatas rumor. Apple dilaporkan sempat mau menghadirkan tombol solid-state ke Apple Watch pada tahun 2018, namun itu masih belum terjadi. Apple Watch Ultra terbaru pun masih memiliki beberapa sakelar fisik.

3 dari 4 halaman

Sejumlah Rumor Lain Soal iPhone 15

Telkomsel berkolaborasi dengan Apple menghadirkan paket bundling seri iPhone 14 terbaru yang didukung bonus kuota data layanan 5G hingga 50 GB (Dok. Telkomsel)

Desas-desus soal iPhone 15 masih bermunculan bahkan sekitar satu tahun sebelum peluncurannya. Salah satu seri yang saat ini sedang banyak dibicarakan adalah iPhone 15 Pro, dimana model ini bakal pakai RAM 8GB, sebagaimana dilansir MacRumors, Kamis (27/10/2022).

Selain memiliki RAM lebih tinggi ketimbang model iPhone sebelumnya, firma asal Taiwan bernama TrendForce menyebutkan iPhone 15 Pro bakal pakai chipset Bionic A17.

Sementara itu, model iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan menggunakan chipset A16 yang saat ini terpasang di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Apple juga melakukan perubahan dalam hal port pengisian baterai, dimana sebelumnya pakai Lightning kini menggunakan USB C. Hal ini sejalan dengan konfirmasi Apple, dimana perusahaan bermarkas di Cupertino itu berusaha mematuhi aturan di Uni Eropa.

Apple diketahui bakal mengikuti regulasi yang diterapkan Parlemen Eropa mengenai penggunaan USB Type-C sebagai standar pengisian daya untuk perangkat yang dipasarkan di wilayah Uni Eropa.

Hal itu diungkapkan oleh SVP Marketing Apple Greg Joswiak saat berbicara di event Wall Street Journal Tech Live.

4 dari 4 halaman

Apple Patuh Pakai USB-C

<p>iPhone 14 Pro Max with Software iOS 16 (Photo by Jeremy Bezanger on Unsplash)</p>

Seperti dikutip dari The Verge, pernyataan itu keluar saat Greg ditanya mengenai kemungkinannya mengganti lightning port ke USB Type-C. Saat itu, ia menjawab, perusahaan harus mematuhinya, karena tidak ada pilihan.

Namun, ia tidak mengungkap secara detil rencana tersebut, termasuk kemungkinan penerapan teknologi ini di luar Eropa. Meski mengaku akan mematuhinya, Apple sendiri tampaknya tidak terlalu senang dengan regulasi tersebut.

Selain itu yang sempat dibicarakan adalah tidak lagi digunakannya embel-embel "Pro Max" di jajaran tertinggi iPhone 15, di mana nama yang kabarnya akan dipakai adalah iPhone 15 Ultra.

Berdasarkan bocoran yang beredar saat ini, iPhone 15 Ultra akan tampil dengan dua kamera depan dan pilihan memori penyimpanan lebih besar dari iPhone 14 saat ini.

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.