Sukses

Review Oppo Reno8 5G: Usung Desain Flagship, Performa Apik

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Reno8 5G menjadi salah satu model terbaru dari lini Reno8 yang diperkenalkan di Indonesia. Oppo menjual smartphone ini dengan harga Rp 7.999.000.

Tim Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal smartphone ini selama kurang lebih satu bulan. Nah, berikut ini adalah ulasan kami mengenai pengalaman selama memakai Oppo Reno8 5G.

Untuk diketahui, Oppo Reno8 5G hadir dengan layar AMOLED 6,6 inci dan memiliki refresh rate 90Hz. Untuk dapur pacu, smartphone ini menggunakan chipset MediaTek Dimensity 1300 5G SoC, dengan baterai berkapasitas 4500mAh yang mengadopsi SuperVOOC 80W.

Dari departemen fotografi, Reno8 5G hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50MP, lensa wide angle 8MP, dan lensa makro 2MP. Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 32MP. 

Desain

Seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, Reno8 5G harus diakui memiliki desain yang menarik. Dengan bodi yang memiliki sudut-sudut tegas, tampilannya terlihat premium dan terasa lebih gahar.

Desain ini berbeda dari Reno7 5G yang mengusung desain membulat di bagian belakang. Karenanya, kami merasa lebih mantap ketika menggenggam smartphone ini.

<p>Penampilan Oppo Reno8 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Selain itu, bobotnya juga terbilang pas di tangan. Ukurannya pun terbilang tidak terlalu lebar, sehingga pemakaian dengan satu tangan masih dimungkinkan, meski untuk kebutuhan mengetik dua tangan tetap diperlukan.

Hal lain yang tidak kalah menarik adalah desain kamera belakang yang mengingatkan pada lini Oppo Find X. Desain ini secara tidak langsung membuat Oppo Reno8 5G tampil lebih menonjol.

Pada bodi bagian bawah, Oppo meletakkan speaker grill, port USB Type-C, serta slot kartu SIM. Tombol power ada di bodi bagian kanan, sedangkan di bagian kiri ada tombol volume.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Performa

Bicara soal performa, Oppo Reno8 5G dibekali dengan chipset MediaTek Dimensity 1300, RAM 8GB dan ROM 256GB. Oppo turut membekali smartphone ini dengan RAM Expansion hingga 5GB.

Selama memakai smartphone ini, kami tidak merasa ada kendala sama sekali. Peralihan antar aplikasi bisa berjalan mulus dan cepat.

Kami pun sempat memakainya untuk memainkan sejumlah game, seperti Call of Duty Mobile dan Apex Legends Mobile. Hasilnya, kami bisa memainkan game tersebut dengan lancar, bahkan ketika game disetel dengan grafis tinggi.

Reno8 5G memiliki layar AMOLED berukuran 6,4 inci dengan refresh rate 90Hz. Kemampuan layar AMOLED-nya memang terbilang apik, tapi dengan banderol harga yang diberikan pengalaman yang diberikan terasa nanggung.

Hal lain yang juga disayangkan adalah absennya stereo speaker pada smartphone ini. Karenanya, pengalaman multimedia terasa kurang optimal, seperti saat menonton video.

Kendati demikian, fitur lain yang patut diacungi jempol adalah baterai dan kemampuan pengisian dayanya. Berbekal baterai 4.500mah, dalam pemakain normal, seperti menonton video atau sesekali bermain game, Oppo Reno8 5G bisa bertahan seharian.

Kemampuan baterai itu ditunjang pula dengan SuperVOOC 80W yang terbilang impresif. Bagaimana tidak, baterai smartphone ini bisa terisi penuh dalam waktu sekitar 50 menit dengan kondisi sisa baterai sekitar 15 persen.

Kehadiran ColorOS 12.1 berbasis Android 12 juga menjadi nilai lebih bagi smartphone ini. Sebab, pengalaman yang diberikan termasuk mulus dan memberikan personalisasi yang benar-benar bisa disesuaikan dengan selera pengguna.

3 dari 5 halaman

Kamera Oppo Reno8 5G

Secara keseluruhan, Oppo Reno8 5G memiliki hasil foto yang terbilang impresif, terutama hasil tangkapan lensa utamanya. Hasil foto terbilang detail dengan warna yang cukup akurat. 

Kemampuan portrait smartphone ini juga terbilang rapi dan apik. Untuk hasil foto di malam hari, hasilnya juga terbilang tajam dan jernih. Nah, berikut adalah beberapa hasil tangkapan foto dari Oppo Reno8 5G. 

Hasil Foto Reno8 5G di Siang Hari

<p>Hasil foto Oppo Reno8 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto Oppo Reno8 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

<p>Hasil foto Oppo Reno8 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Hasil Foto Reno8 5G di Malam Hari

<p>Hasil foto Oppo Reno8 5G (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto Oppo Reno8 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Hasil Foto Portrait Reno8 5G

<p>Hasil foto Oppo Reno8 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto Oppo Reno8 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Hasil Foto Lensa Makro Reno8 5G

<p>Hasil foto Oppo Reno8 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

4 dari 5 halaman

Kesimpulan

Selama pengalaman kami memakai perangkat ini, Oppo Reno8 5G harus diakui menawarkan performa yang andal, desain yang apik, elegan, serta kemampuan pengisian daya yang terbilang ngebut.

Belum lagi ditambah dengan kemampuan kamera belakang 50MP yang mampu menghasilkan foto berkualitas. Namun dengan segala keunggulan tersebut, ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi pertimbangan.

Beberapa di antaranya adalah ketidakhadiran speaker stereo dan dukungan refresh rate 120Hz. Meski memang tidak terlalu signifikan untuk keseluruhan pengalaman, dengan banderol harga yang ditawarkan, ada hal yang terasa kurang optimal.

Kendati demikian, Oppo Reno8 5G bisa menjadi pilihan bagi mereka yang membutuhkan perangkat berperforma andal, terutama dari sisi daya tahan baterai dan kecepatan pengisian daya. Sebab, performa yang ditawarkan benar-benar impresif.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS