Sukses

Apple Gulirkan iOS 16.0.3, Atasi Sejumlah Bug di iPhone 14

Liputan6.com, Jakarta - Apple kembali menggulirkan versi terbaru iOS 16 untuk para pengguna iPhone. Hadir dengan nama iOS 16.0.3, pembaruan ini ditujukan untuk sejumlah bug yang masih ditemui di iPhone 14.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (12/10/2022), pembaruan ini sudah bisa diunduh pengguna iPhone dengan ukuran sekitar 1GB. Sejumlah pembaruan yang dihadirkan lewat pembaruan ini pun diungkap Apple dalam deskripsinya.

Salah satu yang diperbaiki lewat update ini adalah notifikasi yang tertunda dan tidak muncul sama sekali. Masalah ini diketahui terjadi pada pengguna iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max.

Selain itu, masalah lain yang diselesaikan dengan pembaruan ini adalah volume yang terlalu kecil saat melakukan panggilan telepon lewat Apple CarPlay. Menurut Apple, masalah ini ditemui di sejumlah model iPhone 14.

Apple juga menyebut update ini mengatasi masalah kamera di iPhone 14 Pro dan Pro Max yang berjalan terlalu lambat. Terakhir, update ini mengatasi masalah pada aplikasi Mail yang mengalami crash saat menerima email malformed.

Bagi pengguna iPhone yang belum update, kamu bisa mengecek pembaruan ini di menu Settings > General > Sofwtware update.

Pada bulan lalu, Apple juga telah merilis update iOS 16.2 untuk pengguna iPhone secara global. Lewat update ini, Apple memperbaiki sejumlah bug, tidak hanya untuk pengguna iPhone, tapi juga model lainnya.

Salah satu bug yang menjadi masalah adalah kamera di iPhone 14 Pro, dimana pengguna mendapati lensa bergerak tak terkendali saat membuka aplikasi pihak ketiga.

Selain itu, update iOS 16 ini juga memperbaiki bug dimana muncul jendela copy dan paste setiap kali pengguna meng-highlight teks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Mudah Update Otomatis Semua Aplikasi iPhone di iOS 16

Apple menggulirkan update software iOS 16 ke pengguna iPhone di seluruh dunia. Berbagai fitur dihadirkan di sistem operasi versi terbaru Apple ini.

Dengan update iOS 16, Apple ingin membuat berbagai hal makin mudah untuk pengguna iPhone. Salah satunya dalam meng-update aplikasi-aplikasi iPhone.

Pasalnya bagi sebuah smartphone, aplikasi adalah hal yang membuat ponsel jadi berguna, termasuk iPhone. Tanpa aplikasi, pengguna tidak bisa mengeksplor iPhone mereka.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan aplikasi selalu up-to-date atau menggunakan versi terbaru. Selain untuk menjamin keamanan, update aplikasi juga memastikan fitur terbaru bisa dinikmati.

Untungnya iPhone bisa secara otomatis meng-update seluruh aplikasi untuk pengguna. Pengguna juga bisa memperbarui aplikasi mereka satu per satu secara manual.

Berikut cara update seluruh aplikasi secara otomatis di iOS 16:

1. Buka Setting di Home Screen iPhone

2. Scroll ke bawah dan ketuk App Store

3. Di bawah sesi Automatic Downloads, geser slider ke kanan (hingga warna hijau) untuk melakukan App updates

3 dari 4 halaman

Cara Update Aplikasi iPhone Secara Manual

Cara update manual aplikasi di iOS 16:

1. Masuk ke App Store di Home Screen iPhone

2. Click ikon profil Anda di sudut kanan atas

3. Pengguna bisa melihat apakah ada update yang tersedia untuk aplikasi-aplikasi yang terpasang di iPhone

4. Pengguna bisa memperbaruinya satu per satu dengan mengklik tombol Update di sebelah aplikasi

5. Pengguna bisa memperbarui semua aplikasi dengan mengklik opsi Update all berwarna biru tepat di bawah judul upcoming automatic updates

6. Pengguna kini bisa menikmati fitur baru dan update keamanan pada aplikasi. Ulangi proses ini di masa mendatang jika perlu.

4 dari 4 halaman

Cara Ubah Tampilan Notifikasi iPhone di iOS 16 Agar Lebih Mudah Dibaca

Perlu diketahui, iOS 16 membawa perombakan ke lock screen pengguna iPhone. Namun, perubahan tampilan tersebut tidak sesuai dengan selera semua orang.

Dengan iOS 16, Apple mengubah cara pengguna berinteraksi dengan notifikasi di lock screen iPhone. Salah satu perubahan paling terasa terkait notifikasi adalah, kini notifikasi muncul di tempat berbeda.

Mengutip Digital Trends, Kamis (22/9/2022), kini secara default pengguna akan melihat notifikasi di bagian bawah lock screen. Notifikasi tersebut ditumpuk satu sama lain. Hal ini pun membuat perubahan besar bagi banyak pengguna.

Sayangnya, tidak ada cara untuk memindahkan notifikasi pengguna kembali ke atas. Tapi, ada cara lain untuk membuat notifikasi iPhone kamu jadi lebih mudah diakses.

Jika pengguna ingin tetap melihat setiap notifikasi secara terpisah di lock screen iPhone, Apple menawarkan cara untuk menyesuaikan notifikasi mereka.

Notifikasi masih akan muncul di bagian bawah layar, namun pengguna bisa melepaskannya menjadi list (Daftar) sehingga tidak tumpang tindih. Hal ini akan membuat notifikasi lebih mudah dibaca.

Cara membuat notifikasi terlihat lengkap di lock screen iOS 16

1. Buka Setting

2. Ketuk menu Notifikasi

3. Masuk ke sesi Display as (Tampilan sebagai) dan pilih mode tampilan yang diingin dipakai. Saat ini secara default, iOS 16 memilih Stack, di mana notifikasi atau pemberitahuan ditumpuk di dasar layar.

Jika pengguna memilih List, notifikasi di lock screen akan dihapus dari tumpukan sehingga pengguna bisa melihatnya secara terpisah.

(Dam/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS