Sukses

Apple Mulai Produksi iPhone 14 di India

Liputan6.com, Jakarta - Apple pada Senin pekan ini menyatakan mereka telah mulai perakitan model iPhone 14 di India, dimana ini menjadi produksi pertama jajaran perangkat generasi terbaru di negara itu, tak lama setelah peluncurannya.

Sejak memiliki manufaktur untuk pasar lokal di India sejak 2017, Apple hanya merakit model-model iPhone dan perangkat generasi lama.

Adapun, mitra global Apple yaitu Foxconn Mereka memproduksi perangkat tersebut di pabrik yang berlokasi di Sriperumbudur dekat Chennai. Unit iPhone yang diproduksi secara lokal ini akan mulai dijual di negara itu akhir 2022 ini.

"Kami senang bisa memproduksi iPhone 14 di India," kata juru bicara Apple kepada Tech Crunch, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Selasa (27/9/2022).

Meski saat ini baru memproduksi untuk pasar lokal, analis memperkirakan langkah ini berpotensi mengubah India menjadi pusat manufaktur iPhone global pada tahun 2025, setelah Apple perlahan mengurangi ketergantungannya pada Tiongkok.

Analis JP Morgan awal bulan ini menyebut, Apple akan memindahkan 5 persen dari produksi iPhone 14 global ke India pada akhir 2022, dan memperluas kapasitas produksi di sana untuk memproduksi 25 persen dari semua iPhone di 2025.

Menurut JP Morgan, hadirnya raksasa produksi asing, ditambah sumber daya tenaga kerja yang cukup dan biaya tenaga kerja yang kompetitif, membuat India jadi lokasi yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Kemungkinan Alokasi yang Lebih Besar

Laporan mereka juga mengatakan, Apple telah meminta agar vendor EMS memproduksi model iPhone 14 atau iPhone 14 Plus di India pada 4Q2022, dalam waktu dua sampai tiga bulan, sejak dimulainya produksi di Tiongkok.

"Interval yang jauh lebih pendek menyiratkan semakin pentingnya produksi India dan kemungkinan alokasi iPhone yang lebih tinggi untuk manufaktur India di masa depan," kata laporan tersebut.

Di sisi lain, ketika Apple memperluas produksi lokalnya di India, banyak yang berharap agar perangkat mereka juga akan lebih terjangkau di negara tersebut.

Meski Apple menguasai sedikit pangsa pasar di India, mereka dikabarkan telah memperluas investasinya di sana selama lima tahun terakhir.

Perusahaan asal Amerika Serikat itu juga membuka Apple Store daring di negara itu dua tahun lalu, dan mengungkapkan bahwa mereka sedang berusaha untuk menghadirkan toko fisik pertamanya di sana.

 

3 dari 4 halaman

Kabar Produksi iPhone 14 di India

Kabar produksi iPhone 14 di India sendiri sudah beredar beberapa waktu yang lalu. Analis Apple, Ming-Chi Kuo, menyebutkan setidaknya akan ada satu model iPhone 14 yang diproduksi di India bersamaan dengan di Tiongkok.

Foxconn, mitra utama Apple, diketahui memiliki lini produksi iPhone di beberapa negara lain selain Tiongkok, seperti Brasil dan India. Namun, operasional di Tiongkok adalah paling penting terkait dengan pengiriman iPhone di seluruh dunia.

Dikutip dari 9to5mac, Selasa (9/8/2022), dalam situasi normal, menurut Ming-Chi Kuo, produksi iPhone baru di luar Tiongkok membutuhkan waktu beberapa bulan untuk dimulai.

Sebagai contoh, Foxconn mulai merakit iPhone 13 di India pada bulan April tahun 2022, sementara produksi di Brasil dimulai beberapa pekan kemudian.

Produksi iPhone di luar Tiongkok dilakukan untuk melayani pasar lokal, bukan untuk memenuhi permintaan pasar global.

 

4 dari 4 halaman

Tonggak Penting Bagi Apple

Kuo melanjutkan, kapasitas produksi iPhone 14 di India tidak akan cukup untuk mengisi kesenjangan yang disebabkan tantangan produksi di Tiongkok dalam jangka pendek.

Namun menurutnya, hal ini masih menjadi "tonggak penting bagi Apple" dalam memperluas produksi iPhone ke negara lain.

Lebih lanjut, Kuo menyebut bahwa keputusan Apple untuk mempercepat produksi iPhone 14 di India adalah karena dampak geopolitik pada rantai pasokan perusahaan.

Dilaporkan sebelumnya, Apple sempat memperingatkan supplier-nya soal kemungkinan "balas dendam" pemerintah Tiongkok terhadap Amerika Serikat, usai kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Pelosi juga diketahui mengadakan pertemuan dengan beberapa supplier Apple seperti pembuat chip TSMC dan perakit Taiwan Pegatron. Di saat yang sama, tantangan produksi lini iPhone 14 juga termasuk kekurangan komponen dan beberapa masalah kualitas kecil.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.