Sukses

Cara Ubah Tampilan Notifikasi iPhone di iOS 16 Agar Lebih Mudah Dibaca

Liputan6.com, Jakarta - iOS 16 membawa perombakan ke lock screen pengguna iPhone. Namun, perubahan tampilan tersebut tidak sesuai dengan selera semua orang.

Dengan iOS 16, Apple mengubah cara pengguna berinteraksi dengan notifikasi di lock screen iPhone. Salah satu perubahan paling terasa terkait notifikasi adalah, kini notifikasi muncul di tempat berbeda.

Mengutip Digital Trends, Kamis (22/9/2022), kini secara default pengguna akan melihat notifikasi di bagian bawah lock screen. Notifikasi tersebut ditumpuk satu sama lain. Hal ini pun membuat perubahan besar bagi banyak pengguna.

Sayangnya, tidak ada cara untuk memindahkan notifikasi pengguna kembali ke atas. Tapi, ada cara lain untuk membuat notifikasi iPhone kamu jadi lebih mudah diakses.

Jika pengguna ingin tetap melihat setiap notifikasi secara terpisah di lock screen iPhone, Apple menawarkan cara untuk menyesuaikan notifikasi mereka.

Notifikasi masih akan muncul di bagian bawah layar, namun pengguna bisa melepaskannya menjadi list (Daftar) sehingga tidak tumpang tindih. Hal ini akan membuat notifikasi lebih mudah dibaca.

Cara membuat notifikasi terlihat lengkap di lock screen iOS 16

1. Buka Setting

2. Ketuk menu Notifikasi

3. Masuk ke sesi Display as (Tampilan sebagai) dan pilih mode tampilan yang diingin dipakai. Saat ini secara default, iOS 16 memilih Stack, di mana notifikasi atau pemberitahuan ditumpuk di dasar layar.

Jika pengguna memilih List, notifikasi di lock screen akan dihapus dari tumpukan sehingga pengguna bisa melihatnya secara terpisah.

Apa yang baru di iOS 16

iOS 16 membawa banyak fitur baru. Hal ini adalah satu update terbesar dalam hal desain. Pengguna dapat menyesuaikan lock screen iPhone dengan widget dan foto, mengetuk dan menahan untuk menghapus latar belakang di aplikasi Photo, menambahkan obat ke fitur Medications, dan lain-lain.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Cara Batalkan Pengiriman Pesan iMessage di iOS 16

- Tekan dan tahan agak lama di pesan yang mau dihapus

- Pada menu drop-down, ketuk Undo Send

- Pesan akan langsung menghilang

- Setelah pesan yang dihapus menghilang, nantinya di bawah pesan tersebut akan ada tulisan "You unsent a message" alias "Anda telah membatalkan pengiriman sebuah pesan".

<p>Menghapus pesan di iMessage iOS 16 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).</p>

Sekadar informasi, dalam beta publik pertama fitur ini, pengguna diizinkan 15 menit untuk membatalkan pengiriman pesan.

Namun, setelah iOS 16 digulirkan secara umum, waktu tersebut diubah menjadi maksimal dua menit setelah pesan dikirimkan. Setelah itu, opsi Unsend akan hilang dari menu drop-down.

3 dari 3 halaman

Fitur Edit Pesan iMessage di iOS

- Tekan dan tahan agak lama pada pesan yang mau diubah

- Pada menu drop-down, ketuk Edit

- Ubah pesan dan ketuk tanda cek di bagian kanan pesan untuk mengirimkan pesan yang sudah dikoreksi. (Atau ketuk x ke arah kiri pesan, jika pengguna berubah pikiran dalam mengubah teks yang dikirim).

- Jika pengguna ingin melihat seluruh pesan yang diubah, ketuk tautan kecil "Edited" di bawah pesan. Pengguna bisa mengetuk dan menyembunyikan Pengeditan untuk hanya melihat pesan terakhir.

<p>mengubah pesan di iMessage versi iOS 16 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)</p>

Ingatlah bahwa pengguna hanya memiliki sedikit lebih banyak waktu untuk mengedit pesan, yakni 15 menit setelah pesan dikirim.

Jika pengguna menekan lama pada pesan yang dikirim lebih dari 15 menit, opsi Edit tidak akan tersedia lagi pada menu.

Ada satu batasan lagi, pengguna hanya dapat mengedit hingga lima kali. Setelah lima kali, opsi Edit di menu drop-down akan menghilang.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.