Sukses

Cara Edit dan Batalkan Pengiriman Pesan iMessage di iOS 16

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna aplikasi pesan pasti pernah menyesal karena salah kirim pesan atau pesan yang dikirimkan salah ketik. Rasanya pasti malu banget, apalagi jika pesan dikirimkan ke orang yang dihormati atau mungkin kekasih.

Nah, sebagian aplikasi pesan seperti Signal, WhatsApp, hingga Viber sudah menghadirkan fitur "hapus pesan untuk semua orang" jika ada pesan yang salah kirim atau salah eja. Sementara di Telegram ada fitur edit pesan jika ada kesalahan pengiriman atau ejaan.

Pada iMessage, pengguna kini sudah bisa mengedit atau membatalkan pengiriman pesan (unsend). Hal ini berkat kehadiran fitur edit dan unsend di iMessage yang digulirkan via update iOS 16.

Untuk melakukannya, pengguna harus tahu proses ini tidak dibuat untuk dirahasikan. Jadi ketika pengguna membatalkan pengiriman (unsend) atau mengubah pesan, si penerima pesan akan diberitahu tentang perubahan tersebut (jika mereka juga pakai iOS 16).

Jika si penerima pesan memakai versi iOS yang lebih lama dan pengguna mengubah pesan, mereka hanya akan mendapatkan versi lawas (yang belum diubah) dari pesan tersebut. Selain itu, membatalkan pengiriman tidak akan menghapus pesan dari perangkat si penerima.

Gimana caranya, berikut seperti dikutip dari The Verge, Senin (19/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Cara Membatalkan Pengiriman Pesan

- Tekan dan tahan agak lama di pesan yang mau dihapus

- Pada menu drop-down, ketuk Undo Send

- Pesan akan langsung menghilang

- Setelah pesan yang dihapus menghilang, nantinya di bawah pesan tersebut akan ada tulisan "You unsent a message" alias "Anda telah membatalkan pengiriman sebuah pesan".

<p>Menghapus pesan di iMessage iOS 16 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).</p>

Sekadar informasi, dalam beta publik pertama fitur ini, pengguna diizinkan 15 menit untuk membatalkan pengiriman pesan.

Namun, setelah iOS 16 digulirkan secara umum, waktu tersebut diubah menjadi maksimal dua menit setelah pesan dikirimkan. Setelah itu, opsi Unsend akan hilang dari menu drop-down.

3 dari 3 halaman

Ubah Isi Pesan

- Tekan dan tahan agak lama pada pesan yang mau diubah

- Pada menu drop-down, ketuk Edit

- Ubah pesan dan ketuk tanda cek di bagian kanan pesan untuk mengirimkan pesan yang sudah dikoreksi. (Atau ketuk x ke arah kiri pesan, jika pengguna berubah pikiran dalam mengubah teks yang dikirim).

- Jika pengguna ingin melihat seluruh pesan yang diubah, ketuk tautan kecil "Edited" di bawah pesan. Pengguna bisa mengetuk dan menyembunyikan Pengeditan untuk hanya melihat pesan terakhir.

<p>mengubah pesan di iMessage versi iOS 16 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)</p>

Ingatlah bahwa pengguna hanya memiliki sedikit lebih banyak waktu untuk mengedit pesan, yakni 15 menit setelah pesan dikirim.

Jika pengguna menekan lama pada pesan yang dikirim lebih dari 15 menit, opsi Edit tidak akan tersedia lagi pada menu.

Ada satu batasan lagi, pengguna hanya dapat mengedit hingga lima kali. Setelah lima kali, opsi Edit di menu drop-down akan menghilang.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.