Sukses

Perkembangan Desain iPhone selama 15 Tahun, dari Generasi Pertama hingga iPhone 14

Begini perkembangan desain tampilan iPhone dalam lima belas tahun sejak 2007.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone telah menjadi simbol perkembangan industri teknologi sejak kemunculannya lima belas tahun lalu. Tidak hanya itu, kehadirannya juga menjadikan Apple sebagai perusahaan terbesar dalam hal kapitalisasi pasar.

Steve Jobs memperkenalkan iPhone pertama kali di 2007. Ia menyebut perangkat itu sebagai tiga buah perangkat digabung menjadi satu, yaitu iPod layar lebar berteknologi sentuh, ponsel revolusioner, dan sebuah terobosan perangkat komunikasi internet.

Pada 2015, iPhone dipertimbangkan sebagai produk yang paling menguntungkan dan membantu pertumbuhan pasar Apple sampai menyentuh angka US$ 3 triliun.

Laju perkembangan iPhone yang stabil menjadi alasan perusahaan dapat menjaga perangkat tersebut untuk tetap berada di puncak popularitasnya.

Berfokus dari perangkat dan software yang digunakan hingga pembaruan pada kecepatan internet dan prosesor yang digunakan. Apple terus memperbarui perangkat yang mereka rilis guna memenuhi tuntutan dan kekurangan pada perangkat sebelumnya.

Setelah lima belas tahun setelah perilisan perdananya, iPhone telah melewati banyak perkembangan mulai dari desain tampilan sampai perangkat lunak yang dimilikinya. Berikut ini adalah perjalanan iPhone sejak awal peluncurannya hingga saat ini (iPhone 14).

1. iPhone (2007)

iPhone pertama kali diperkenalkan pada 2007 dan menjadi desain dasar dari smartphone sampai saat ini. Perangkat ini tampil dengan teknologi layar sentuh tanpa keyboard fisik, satu home button, dan tampilan ikon klasik.

Perangkat ini sudah bisa mengakses internet dan media, tetapi masih terdapat beberapa kelemahan pada fiturnya, seperti tidak terkoneksi sinyal 3G dan tidak ada aplikasi App Store.

2. iPhone 3G (2008)

Perangkat iPhone kedua dirilis pada 2008 dan telah melengkapi beberapa kekurangan dari perangkat sebelumnya.

Dengan tersedianya sinyal 3G dan aplikasi App Store, pengguna bisa mempersonalisasi iPhone dengan mengunduh aplikasi lain dan game yang tersedia di dalam App Store.

Pada perangkat ini juga perusahaan menambahkan fitur untuk menerima email dan navigasi GPS.

3. iPhone 3GS (2009)

iPhone 3GS merupakan model S pertama yang dirilis Apple. 3GS mengalami peningkatan kecepatan daripada pendahulunya, mengingat "S" dalam namanya yang merupakan inisial dari "Speed".

Melalui perangkat ini juga pengguna dapat melakukan copy-paste teks untuk pertama kali menggunakan iPhone.

Meskipun begitu, desain luar yang dimiliki 3GS masih sama dengan perangkat sebelumnya, dengan lebar 3.5 inci dan layar berukuran 480 x 320 piksel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

4. iPhone 4 (2010)

iPhone 4 mengalami perubahan desain besar dengan menggunakan material stainless steel dan kaca dengan bentuk yang lebih kotak dan sudut membulat.

Model ini dirilis sebagai smartphone paling tipis di dunia dan pertama kali perusahaan menggunakan "Retina Display".

iPhone 4 juga menjadi iPhone pertama yang memiliki kamera depan untuk melakukan video call, dengan iOS 4 sehingga mampu melakukan multitasking.

5. iPhone 4S (2011)

Generasi kelima iPhone ini tampil dengan kamera belakang 8 Megapixel dan antena yang telah didesain ulang untuk memperbaiki koneksi.

iPhone 4S terlihat serupa dengan perangkat sebelumnya, tetapi dilengkapi dengan Voice Assistant dari Apple, Siri.

Kabar meninggalnya Steve Jobs muncul setelah perilisan iPhone 4S pada Oktober 2011.

6. iPhone 5 (2012)

Perubahan desain terbesar kedua muncul dialami oleh iPhone 5, dengan layar 4 inci, mengikuti desain smartphone besar yang populer di pasar smartphone.

iPhone 5 memiliki fisik yang padat dan mudah digenggam. Dibuat dengan sasis berbahan aluminum yang membuat perangkat menjadi ringan tapi tahan lama.

Perangkat ini juga memperkenalkan reversible Lightning connector, menggantikan port 30-pin yang lama.

3 dari 10 halaman

7. iPhone 5S (2013)

iPhone 5S ini masih memiliki tampilan yang sama dengan pendahulunya. Akan tetapi, perangkat ini dilengkapi Touch ID pada home button sebagai pemindai sidik jari. Hal ini menjadikan fingerprint scanner sebagai fitur standar di setipa smartphone.

Dengan prosesor 64-bit dan chip A7, iPhone 5S dikirim dengan iOS 7, perubahan besar dari sistem seluler Apple untuk tampilan yang lebih datar dan bersih.

8. iPhone 5C (2013)

Apple mengumumkan perilisan dua iPhone pertama kali pada 2013. 5C mengambil peran sebagai perangkat yang lebih murah dan memiliki model yang berwarna-warni.

Sama dengan iPhone 5S, tetapi perangkat ini menggunakan material cangkang polycarbonate.

iPhone 5C dinilai sebagai sebuah kegagalan dibanding iPhone 5S, saat bersaing dengan perangkat Android yang lebih murah dengan memasang harga sekitar $549.

4 dari 10 halaman

9. iPhone 6 & 6 Plus (2014)

Tahun 2014, Apple mulai merilis iPhone dengan bentuk yang lebih besar. iPhone 6 dengan lebar 4.7 inci dan 6 Plus sebesar 5.5 inci, keduanya memiliki desain terbaru dengan pinggiran yang melengkung.

Perangkat ini memiliki NFC yang mendukung pembayaran via mobile dan kamera yang disempurnakan. Perkembangan dari kamera ini menjadi fitur paling menonjol pada perangkat ini.

10. iPhone 6S & 6S Plus (2015)

Tampilan 6S dan 6S Plus masih sama dengan pendahulunya, tetapi dengan kaca yang lebih keras dan case aluminium yang tidak mudah tertekuk.

Perangkat ini tidak memiliki perubahan besar, hanya menambahkan 3D Touch yang membuat perangkat sensitif terhadap tekanan dan memberikan pengguna kemampuan mengakses menu dan notifikasi dengan cepat.

5 dari 10 halaman

11. iPhone SE (2016)

iPhone SE ini memiliki tampilan yang serupa dengan iPhone 5S, dengan hardware yang lebih cepat di dalamnya. I

ni menunjukkan usaha Apple membuat iPhone yang lebih affordable setelah percobaan pertama pada model iPhone 5C. Dengan layar 4 inci cocok untuk pengguna yang masih tertarik dengan iPhone berukuran kecil.

12. iPhone 7 & 7 Plus (2016)

Apple tidak melakukan perubahan besar pada tampilan iPhone 7 dan 7 Plus dengan model sebelumnya. Akan tetapi, mereka menambahkan fitur kamera yang lebih baik dan bersifat tahan air.

Model ini memiliki dual-camera yang menyempurnakan tampilan zoom dan mode Portrait. Pada perangkat ini juga Apple mulai menghapus port untuk headphone.

13. iPhone 8 & 8 Plus (2017)

Setelah 10 tahun sejak perilisan perdana iPhone, model 8 dan 8 Plus tidak menjadi perangkat dengan terobosan terbaru. Desainnya serupa dengan iPhone 6 dengan ukuran 4.7 inci dan 5.5 inci untuk seri Plus.

iPhone 8 dan 8 Plus ini bisa disebut sebagai seri S dari iPhone 7, hanya dengan perbaikan fitur kamer dan prosesornya serta penggunaan kaca di bagian belakang untuk mendukung wireless charger.

6 dari 10 halaman

14. iPhone X (2017)

iPhone generasi kesepuluh ini mengalami perubahan drastis pada tampilannya, dengan menghilangkan home button dan layar OLED edge-to-edge yang lebih lebar dan penggunaan bahan stainless steel.

iPhone X dilengkapi dengan sensor Face ID alih-alih pemindai sidik jari dan memperkenalkan karakter Animoji untuk iMessage yang bisa mengikuti ekspresi wajah penggunanya.

15. iPhone XS & XS Max (2018)

Seri XS dan XS Max ini tidak memiliki banyak perubahan, selain model Max dengan tampilan 6.5 inci. Dalam era ini, Apple mulai berfokus menciptakan perangkat dengan layar yang lebih lebar dan fitur-fitur terbaik.

16. iPhone XR (2018)

Apple memperkenalkan iPhone XR sebagai pengganti pasangan seri XS yang sebelumnya tidak mendapatkan iPhone 9, seperti iPhone X yang rilis beriringan dengan iPhone 8 dengan desain lama.

iPhone XR menjadi generasi iPhone berharga murah seharga $749 dengan material stainless steel premium dan aluminium yang warna-warni, tanpa kamera telephoto dan 3D Touch, dan layar LCD.

7 dari 10 halaman

17. iPhone 11 (2019)

iPhone 11 menjadi perangkat main-line di 2019, dengan kamera ultrawide terbaru yang memungkinkan pengguna mengambil gambar yang lebih luas dan menawarkan model warna-warni. iPhone 11 hadir dengan besar penyimpanan 64GB, meskipun biaya masuk turun menjadi $699.

18. iPhone 11 Pro & 11 Pro Max (2019)

Seri iPhone Pro muncul pertama kali pada iPhone 11 Series di 2019. 11 Pro dan 11 Pro Max juga menjadi iPhone pertama yang memiliki 3 kamera dengan satu lensa untuk ultrawide shot.

Model ini hadir dengan 18W fast charger dan USB-C. Tampilan belakang kedua iPhone 11 Pro ini menggunakan bahan kaca yang tampak matte, tidak glossy seperti perangkat berbahan kaca sebelumnya.

19. iPhone SE (2020)

SE 2020 memiliki ukuran yang sama dengan SE 2016, tetapi telah diperbarui dengan fitur kamera yang memiliki mode Portrait. Seri SE ini memiliki 4.7 inci, lebih besar dari generasi sebelumnya, tetapi dengan harga murah yang dimulai dari $399.

8 dari 10 halaman

20. iPhone 12 & 12 Mini (2020)

Seri iPhone 12 mengembalikan desain lama berupa flat-edged dengan desain berlapis kaca yang pertama kali digunakan iPhone 4. Model ini memiliki kamera wide dan ultrawide seperti iPhone 11 dengan layar OLED.

Selain muncul dengan versi Mini, iPhone 12 juga memperkenalkan jaringan 5G dan MagSafe charging miliki Apple yang mampu menggunakan wireless charger yang mengisi daya lebih cepat daripada wireless charger standar.

21. iPhone 12 Pro & 12 Pro Max (2020)

Terdapat beberapa fitur tambahan dalam seri 12 Pro daripada model 12 sebelumnya, meskipun memiliki rancangan yang serupa. iPhone 12 dan 12 Pro Max hadir dengan bingkai baja tahan karat, bagian belakang yang berlapisan kaca matte, kamera telephoto, dan sinyal 5G yang sudah diperbarui.

Model Pro ini juga sudah memiliki LiDAR Scanner untuk mengakodomasi aplikasi 3D dan mode Potrait. Perangkat ini juga dapat mengambil gambar berformat ProRes RAW dan memiliki ukuran terbesar dengan 6.7 inci untuk iPhone 12 Pro Max.

9 dari 10 halaman

22. iPhone 13 & 13 Mini (2021)

Dengan desain yang serupa dengan seri iPhone 12, iPhone 13 hanya mengalami pembaruan pada fitur kamera dengan sensor yang juga sama dengan seri sebelumnya.

Namun, pada seri ini, Apple memberikan kedua perangkat daya baterai yang lebih baik daripada model sebelumnya dan mulai dijual dengan ruang penyimpanan sebesar 128GB.

23. iPhone 13 Pro & 13 Pro Max (2021)

Sekilas tampilan iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max sama dengan seri model 12 Pro, tetapi jika dibandingkan model ini memiliki lensa yang lebih besar daripada perangkat sebelumnya.

Dengan kamera tersebut, iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max mendukung macro photography dan low-light performance yang lebih baik saat mengambil gambar dengan lensa wide dan ultrawide. Pengambilan video juga lebih baik dengan opsi ProRes footage dan mode Cinematic terbaru.

Perilisan seri iPhone 13 Pro ini juga Apple mulai menambahkan layar ProMotion yang kini menjadi standar sebagian besar perangkat smartphone.

10 dari 10 halaman

24. iPhone SE (2022)

Generasi ketiga dari seri SE ini memiliki model yang sama dengan generasi sebelumnya, tetapi dengan prosesor bari dan jaringan 5G. Dengan ruang penyimpanan 64GB, seri SE yang satu ini tidak bisa mempertahankan gelar sebagai seri iPhone berharga murah karena memasang harga $429.

25. iPhone 14 & 14 Plus (2022)

Berbeda dengan seri sebelumnya, iPhone 14 tidak mengeluarkan model iPhone Mini dan mengembalikan model iPhone Pro. Kedua perangkat memperkenalkan hhigh resolution dari sensor kamera TrueDepth, main shooter yang diperbarui, pendeteksi tabrakan mobil, dan komunikasi satelit darurat.

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus juga menjadi perangkat pertama yang tidak mulai meninggalkan slot kartu SIM untuk beralih ke eSIM.

26. iPhone 14 Pro & Pro Max (2022)

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max menjadi iPhone pertama yang meninggalkan notch dan menggantinya dengan yang Apple sebut sebagai morphing notch. Berbentuk seperti pil berukuran panjang yang terletak di bagian atas layar tanpa menyentuh pinggiran layar.

Perubahaan ini menjadi perubahan penampilan yang signifikan sejak model iPhone X di 2017. Cutout screen yang menggantikan notch mengakomodasi TrueDepth Camera dan Face ID.

Upgrade terbesar model 14 Pro ini dibandingkan seri Pro lainnya adalah sensor 48MP yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung pengambilan gambar ProRes RAW.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini