Sukses

Sony Perkenalkan Kontroler Baru PS5 Bernama DualSense Edge

Liputan6.com, Jakarta - Sony memperkenalkan kontroler baru untuk konsol PlayStation 5 (PS5) mereka, yakni DualSense Edge. Apa beda dari model DualSense di pasaran saat ini?

Diumumkan dalam acara Gamescom Opening Night Live 2022, DualSense Edge tampil dengan beberapa peningkatan, termasuk profil kontrol hingga joysitk yang dapat digonta-ganti.

Dari tampilan, perubahan DualSense Edge dengan model standar adalah touchpad yang kini berwarna hitam matte dengan motif logo PlayStation.

Salah satu fitur kontroler paling menonjol adalah kemampuan untuk mengostumisasi fungsi tombol sesuai dengan gim yang dimainkan, atau menonaktifkan input tombol di kontroler.

Gamer juga dapat mengubah sensitivitas tombol trigger (L1,L2 dan R1, R2) ketika ditekan, sehingga memiliki waktu respon lebih cepat.

Tombol joystik (L3 dan R3) dan back juga dapat ditukar-tukar, dan dapat mengganti seluruh modul stik dengan yang baru.

Sony juga melengkapi kontroler baru mereka dengan kabel USB-C kepang dan tas khusus untuk membawa DualSense Edge kemana-mana saat berpergian.

Sayangnya, perusahaan asal Jepang itu tidak memberikan kabar tentang kapan dan harga DualSense Edge ini.

Sony mengatakan, mereka bakal membagikan informasi lebih detail lagi dalam beberapa bulan mendatang.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Headset PlayStation VR2

<p>Sony akan meluncurkan PlayStation VR2 pada awal 2023. (Doc: Sony)</p>

Di sisi lain, Sony baru saja mengungkap informasi tentang kapan headset PlayStation VR2 untuk konsol PS5 akan meluncur di pasaran.

Berdasarkan postingan di akun Instagram dan Twitter perusahaan, perusahaan berbasis di Jepang itu akan meluncurkan PS VR2 pada awal 2023.

Sony sudah mengungkap sejumlah informasi terkait tentang headset VR barunya ini sejak awal tahun, tetapi masih belum ada kabar soal harganya.

Namun dari beberapa informasi spesifikasi yang sudah dibagikan, PlayStation VR2 hadir sebagai perangkat menjanjikan.

Informasi, PlayStation VR2 sudah mengusung resolusi 4K dan beroperasi dengan refresh rate 90 atau 120Hz, dan 110 derajat sudut pandang.

Sony sempat menyebutkan, PS VR2 ini memiliki kemampuan untuk me-render bagian tertentu dari gambar agar terlihat lebih tajam dari lainnya agar perangkat dapat memprosesnya lebih ringan.

 

3 dari 4 halaman

Dukung 20 Judul Game Saat Peluncuran

Bentuk PlayStation VR2 sudah diumumkan. (Doc: Sony)

Perusahaan juga mengatakan, PlayStation VR2 dapat terhubung dengan konsol PS5 menggunakan sebuah kabel USB C.

Selain itu, Sony juga sudah mengumumkan deretan 20 judul game besar yang akan tersedia saat headset VR baru ini diluncurkan.

Beberapa diantaranya adalah game yang berlatar belakang di semesta Horizon dan Walking Dead, juga No Man's Sky dan Resident Evil Village versi VR.

Beda dari PlayStation VR seri pertamanya, PS VR2 ini tidak memerlukan kamera yang terhubung ke konsol untuk dapat membaca gerakan.

Sebagai gantinya, headset VR ini akan menggunakan sensor yang terpasang di Quest 2, dimana kamera di headset akan bertanggung jawab untuk membaca gerakan.

Dengan teknologi ini, gamer dapat melihat sekeliling saat memakai headset PS VR2. Sony juga mengatakan, pengguna juga dapat broadcast diri mereka sendiri saat bermain game VR.

Hanya saja, untuk melakukan ini kamu harus menggunakan kamera PlayStation HD sebagai tambahan.

4 dari 4 halaman

Sony Umumkan PlayStation Stars

<p>Sony bakal umumkan program loyalitas PlayStation Stars pada akhir tahun ini. (Doc: PlayStation blog)</p>

Lebih lanjut, Sony berencana meluncurkan program loyalitas bagi pemilik konsol game PS4 dan PS5 akhir tahun ini, yakni PlayStation Stars.

Apa sih PlayStation Stars? Ini merupakan program loyalitas dimana pemain setia PlayStation (PS) mendapatkan sejumlah poin untuk ditukar di PlayStation Store.

Perusahaan menyebutkan, pemain dapat bergabung di program loyalitas PlayStation Stars ini secara gratis, sebagaimana dikutip dari PlayStation blog, Sabtu (16/7/2022).

Sony menjelaskan, sejumlah poin akan diberikan kepada gamer dengan cara masuk ke dalam game secara setiap bulannya, atau menyelesaikan berbagai tantangan tertentu dan berbasis trofi.

Salah satu contoh adalah, tantangan adalah menjadi pemain pertama yang mendapatkan trofi platinum di salah satu judul game di kota tempat player tinggal.

"Anggota PlayStation Star dapat menukarkan poin loyalitas yang didapat dalam bentuk uang di PSN wallet, atau berbagai produk di PlayStation Store," kata Sony Interactive Entertainment VP, Grace Chen.

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.