Sukses

Hands-on dan Unboxing Oppo Reno8: Tipis, Ringan, dan Tampil Menjanjikan

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Reno8 4G jadi salah satu smartphone dari seri Reno8 yang dirilis Oppo beberapa waktu lalu. Ponsel ini sendiri diluncurkan bersamaan dengan Oppo Reno8 5G.

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk mengulik sedikit tentang Oppo Reno8 yang merupakan varian yang paling ramah kocek dari lini Reno8 Series ini. Adapun, varian warna yang akan saya ulas adalah Starlight Black.

Bersama dengan smartphone ini, konsumen juga akan mendapatkan sejumlah aksesori di dalam boks penjualan.

Aksesoris ini termasuk SIM Card ejector, buku panduan, kartu garansi, kabel data dan charger, kepala charger SuperVOOC 33W, dan softcase bening. 

Secara desain, tipis dan ringan menjadi kesan pertama yang muncul saat memegang ponsel ini. Warna hitam dengan "kerlap kerlip mirip bintang" juga menawarkan perasaan yang lebih kalem untuk ponsel ini.

Kalau pengguna kurang suka dengan warna hitam seperti ini, masih ada varian warna Dawnlight Gold yang terlihat lebih cantik, stylish, dan lebih "Oppo banget" dengan warna belakangnya yang bisa berubah-ubah.

Meski begitu, kedua varian dari Oppo Reno8 ini sama-sama memiliki bodi belakang yang bebas dari sidik jari maupun goresan ringan.

Di bagian kiri layar terdapat dua tombol volume atas-bawah, serta slot untuk SIM Card dan microSD. Pada bagian kanan layar juga terdapat tombol power atau on-off layar, yang bisa dipakai untuk mengakses Google Assistant.

Untuk mematikan atau restart ponsel bisa dilakukan dengan menekan tombol volume atas dan tombol power bersamaan, dan melakukan screenshot bisa dengan menekan volume bawah dan tombol power bersama-sama.

Tampilan layar HP Oppo Reno8 ini bergaya punch hole dengan kamera berada di pojok kiri layar, dan fingerprint berada di bagian tengah-bawah dari layar. Ya, ponsel ini sudah mendukung pemindai sidik jari di bawah layar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Kehadiran Orbit Light

Di sisi atas smartphone hanya ada microphone. Di bawahnya terdapat microphone, speaker, lubang audio jack 3,5mm, dan lubang pengisi daya USB-C.

Untuk bagian belakangnya hanya ada tulisan Oppo dan kamera dan flashlight, dengan penampang berbentuk kotak serta terdapat tulisan "AI 64MP Sensor."

Mengelilingi lensa kamera bawah, terdapat lampu Orbit Light yang bisa menyala saat pengguna melakukan pemotretan menggunakan mode Microscope.

Untuk kesan pertama, Oppo Reno8 tampil dengan cukup meyakinkan dan menjanjikan, khususnya untuk sektor fotografi.

Dari sisi penggunaan sehari-hari ponsel ini juga lumayan enak dipakai. Layarnya juga cukup nyaman di mata, masih dapat terlihat di bawah terik matahari, dan warna yang ditampilkan lumayan tajam.

Membahas sedikit baterai, dipakai untuk YouTube selama setengah jam berkurang 4 sampai 5 persen. Sementara diisi dayanya dari 19 persen, selama setengah jam sudah mencapai 69 persen dengan charger bawaan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Hasil Foto dengan Oppo Reno8

4 dari 5 halaman

Fitur dan Spesifikasi Oppo Reno8

Secara fitur dan spesifikasi, Oppo Reno8 di Indonesia membawa fitur Ultra-Sensing Selfie melalui kehadiran sensor IMX709, 30x Microlens, dan Bokeh Flare Portrait. Untuk tampilan, Reno8 4G mengusung layar 6,4 inci AMOLED Display dengan 90Hz refresh rate.

Untuk mendapatkan gambar mikroskopis, kehadiran Orbit Light diperangkat ini sebagai sumber cahaya tambahan, berguna untuk menyempurnakan detail pada gambar. 

Di Oppo Reno8, Oppo menyematkan kamera depan 32MP IMX709, dengan kamera utama 64MP AI Portrait Camera, 2MP Micro Lens, dan 2MP Depth Camera.

Secara desain, Reno8 membawa desain Retro Ultra Slim yang disempurnakan dengan teknologi Oppo Glow, membuat ponsel ini tahan terhadap goresan ringan dan bebas sidik jari.

Untuk bobot perangkat, Reno8 5G memiliki ketebalan sekitar 7,49 mm dan berat sekitar 176 gram.

Di dapur pacu, Reno8 membawa prosesor Qualcomm Snapdragon 680 4G. Sementara untuk baterainya sebesar 4500mAh dan mendukung pengisian daya 33W SuperVOOC.

5 dari 5 halaman

Harga Oppo Reno8

Reno8 memiliki konfigurasi RAM 8GB yang dapat ditambah dengan ekspansi RAM hingga 5GB, serta ROM 256GB yang dapat diperluas dengan tambahan kartu microSD sampai 1TB.

ColorOS juga akan dihadirkan di ponsel ini secara bawaan, sehingga pengguna bisa mendapatkan akses langsung ke sistem operasi yang lebih nyaman, serta fitur-fitur seperti AI System Booster, Air Gestures, dan Adaptive Sleep.

Untuk harga, Oppo Reno8, bakal dilepas ke pasar Indonesia dengan harga Rp 4.999.000 untuk RAM dan penyimpanan 8GB + 256GB yang mendukung RAM Expansion. Ponsel ini hadir dalam dua warna yaitu Dawnlight Gold & Starlight Black.

Reno8 5G dan Reno8 baru dua dari empat smartphone Reno8 Series yang telah dikonfirmasi Oppo bakal rilis di Indonesia beberapa waktu lalu.

Oppo mengatakan, Oppo Reno8 Pro 5G yang membawa NPU MariSilicon, serta Oppo Reno8 Z 5G, akan dirilis dan diumumkan harganya secara resmi untuk pasar Tanah Air pada bulan September 2022.

(Dio/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS