Sukses

IBM: Cloud Hybrid dan AI Jadi Pendorong Transformasi Digital di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan memperkirakan ekonomi Indonesia bisa mengantongi keuntungan sebesar US$ 2,8 triliun pada 2040 melalui adopsi teknologi.

Maka tak heran bila saat ini teknologi tidak lagi dianggap hanya sebagai investasi penghemat biaya, tetapi lebih menjadi pendorong inovasi bisnis.

Lantas, bagaimana organisasi dapat cepat belajar dan mengambil langkah strategis untuk mewujudkan Indonesia sebagai bangsa yang benar-benar digital dengan ekosistem berkelanjutan?

Technology and Country Leader IBM Indonesia, Cin Cin Go, menilai cloud hybrid dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah dua kekuatan dominan yang mendorong transformasi digital di seluruh industri.

“Di IBM, kami yakin bahwa kedua teknologi tersebut akan menentukan seberapa cepat Anda dapat beralih ke peluang pasar baru, seberapa baik Anda melayani pelanggan, dan seberapa besar Anda dapat meningkatkan skala organisasi,” katanya, dikutip Rabu (17/8/2022).

Lebih lanjut, Studi CEO 2021 mengungkapkan bahwa 42% CEO Indonesia yang disurvei mengakui AI sebagai salah satu teknologi teratas yang akan memberikan manfaat bagi mereka; 88% CEO yang disurvei percaya bahwa Cloud akan menjadi pendorong utama untuk ketahanan bisnis.

“Memperkuat infrastruktur TI dan memilih teknologi yang tepat sangatlah penting untuk transformasi bisnis,” ucap Cin Cin Go menambahkan.

Para pemimpin bisnis dapat mulai terlibat dengan mitra teknologi yang dapat memberi mereka akses ke teknologi yang relevan dan membantu mereka mengatasi tantangan yang dihadapi melalui proses dan alat serta praktik manajemen yang kuat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemitraan Publik-Swasta Perkuat Transformasi Digital

Dukungan langsung untuk kemitraan publik-swasta diperlukan untuk memfokuskan sumber daya Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pemerintah memainkan peran sentral dalam mendorong transformasi digital dengan membuat kebijakan dan prioritas yang jelas untuk mendukung sektor swasta. Pemerintah mengumumkan serangkaian inisiatif dan kebijakan.

Digital Indonesia Road Map telah menjadi prioritas pemerintah dalam mempercepat transformasi digital di negara ini.

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menjabarkan enam arah strategis untuk tahun 2021–2024. Di Indonesia, IBM terus mendukung pemerintah dan bisnis dalam perjalanan transformasi mereka.

Salah satunya adalah kolaborasi IBM dengan Departemen Bea dan Cukai Indonesia untuk menggunakan platform 'TradeLens' yang menggunakan teknologi blockchain guna memodernisasi proses pengiriman, menciptakan transparansi yang lebih besar, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Kolaborasi ini mendukung upaya negara untuk mempromosikan perdagangan dan stabilitas ekonomi dengan memfasilitasi kemudahan dalam menjalankan bisnis.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Membangun Ekosistem Talenta Digital

Laju akselerasi digital dan permintaan akan keterampilan teknis dan profesional inti terus meningkat. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengungkapkan bahwa Indonesia membutuhkan setidaknya sembilan juta talenta digital pada tahun 2030 untuk memberikan kontribusi bernilai Rp4.434 triliun bagi perekonomian nasional.

IBM percaya bahwa semua orang membutuhkan akses keterampilan yang akan memungkinkan mereka bersaing dalam ekonomi digital yang terus berkembang.

"Dalam hal ini IBM menghadirkan program SkillsBuild untuk membantu siswa, pencari kerja, dan organisasi memilih proses atau pengalaman belajar yang tepat bagi mereka," ujar Cin Cin Go.

SkillsBuild adalah program pembelajaran online gratis IBM yang menawarkan lebih dari 1.000 kursus interaktif dengan topik cybersecurity, data analytics, cloud computing, serta metode teknis lainnya guna membangun keterampilan di tempat kerja.

Program ini dapat diakses oleh siswa dari mulai usia 13 tahun. Kini para pemimpin bisnis perlu menempatkan investasi teknologi yang tepat dan membangun tenaga kerja masa depan untuk menghadapi kondisi yang penuh ketidakpastian dan perubahan yang tak pernah berakhir.

Oleh karena itu, IBM mengambil peran sebagai mitra teknologi tepercaya dalam merancang dan menerapkan teknologi yang dapat membantu pemerintah dan bisnis di tanah air untuk mulai beroperasi secara lebih efisien dan berkelanjutan.

 

 

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.