Sukses

Warganet Ramai-Ramai 'Kobarkan' Tagar HUT 77 RI, Trending Topic di Twitter

Warganet ramai-ramai mencuit ucapan selamat hari kemerdekaan dengan tagar HUT 77 RI (#HUT77RI).

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahunnya, Indonesia memperingati hari kemerdekaan pada 17 Agustus. Tahun ini, 17 Agustus 2022, Indonesia merayakan hari kemerdekaan yang ke-77 (HUT ke-77 RI).

Sejumlah masyarakat umumnya memeriahkan '17 Agustus-an' dengan berbagai cara, salah satunya adalah membuat ucapan selamat hari kemerdekaan.

Pantauan Tekno Liputan6.com di Twitter, Rabu (17/8/2022), warganet ramai-ramai mencuit ucapan selamat hari kemerdekaan dengan tagar HUT 77 RI (#HUT77RI).

Tagar tersebut bahkan menjadi trending topic di Twitter Indonesia. Hingga berita ini naik, ada lebih dari 18 ribu cuitan yang menyematkan #HUT77RI.

"Happy Indepence day my beloved country. Pulih lebih cepat, Bangkit lebih kuat," tulis seorang warganet dengan menyisipkan #HUT77RI.

"Dirgahayu Republik Indonesia. Semoga Indonesia lebih baik," cuit seorang pengguna Twitter dengan semangat.

"Dirgahayu Republik Indonesia #HUT77RI. Negeriku tercinta. Semakin maju, bermartabat, dan menjadi kebanggaan kita semua. Merdeka!!!," timpal yang lainnya.

"17 Agustus 2022 #HUT77RI. Dirgahayu kemerdekaan Indonesia ke-77. Terima kasih para pahlawan dan ulama yang telah berjuang," tulis warganet lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Google Doodle Rayakan HUT ke-77 RI, Tampilkan Ilustrasi Balap Perahu

Google ikut merayakan HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) atau HUT ke-77 RI pada Rabu (17/8/2022) dengan mengubah tampilan logo di Google Search dengan sebuah ilustrasi, serta menghadirkan animasi di laman pencariannya.

Google Doodle untuk memperingati HUT RI ini diilustrasikan oleh seniman Bandung Wastana Haikal, yang menampilkan Pacu perahu atau balap perahu, salah satu tradisi unik di Hari Kemerdekaan.

Festival Pacu Jalur menjadi salah satu perlombaan terbesar di Tanah Air. Setelah penampilan lagu-lagu dan tarian, lebih dari seratus perahu dengan dekorasi yang semarak mendayung menyusuri Sungai Batang Kuantan.

Tim hingga enam puluh orang mengenakan kostum tari tradisional, sementara penonton berkumpul di tepi sungai.

"Sebagai negara bahari, festival pacu jalur merupakan salah satu dari sekian banyak tradisi yang mengajarkan pentingnya kerja sama tim," tulis Google mengutip laman resmi.

"Sebuah pesan yang selaras dengan semboyan nasional Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika," tambah Google dalam keterangan soal Google Doodle ini.

Jika pengguna Google Search mengklik ilustrasi Doodle ini, pengguna bakal disambut kembang api berwarna merah di laman pencarian yang menampilkan soal Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain itu, tulisan Google di pojok kiri atas, samping kolom pencarian, berubah dan memajang bendera merah putih.

Untuk menyalakan animasi kembang api di Google, kamu bisa melakukannya dengan mengklik tombol berlogo kembang api yang ada di tengah-kiri bawah lama pencarian.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pengendara Diminta Beri Sikap Hormat Jam 10.17 pada 17 Agustus 2022

Sementara itu, sejumlah pengendara kendaraan yang akan melewati jalan sekitar pukul 10.17 pada Rabu 17 Agustus 2022, khususnya di sekitar Jakarta Pusat diminta untuk berhenti sejenak dan memberikan hormat.

Menurut Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Purwanta berharap, para pengendara bisa mengambil sikap hormat ke bendera merah putih, yang saat itu akan berkibar di Istana Merdeka, Jakarta, untuk merayakan HUT ke-77 RI.  

"Nanti pas detik-detik kenaikan bendera itu, nanti diberhentikan oleh petugas lalu lintas disetop biasa," kata dia saat dihubungi, Selasa (16/8/2022) malam.

Purwanta mengatakan, pihaknya menempatkan sejumlah Polantas di beberapa ruas jalan. Mereka nantinya yang memberikan aba-aba kepada pengendara pada saat detik-detik kenaikan bendera merah putih.

"Nanti dari pusat sampaikan langsung berhenti, berdiri memimpin sikap hormat," ungkap dia.

4 dari 4 halaman

Infografis Desainer Indonesia di Pentas Fesyen Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.