Sukses

Keunikan Desain dan Modul Kamera Oppo Reno8 yang Disempurnakan selama 400 Hari

Oppo mengklaim, desain modul kamera dengan kaca tunggal ini telah menjadi tren di banyak smartphone. Hal inilah yang membuat perusahaan memutuskan untuk memboyongnya ke seri Oppo Reno8.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun Oppo Reno8 belum resmi diluncurkan di Tanah Air, namun Oppo Indonesia memberikan sedikit bocoran terkait beberapa keunggulan smartphone yang diperkuat NPU MariSilicon X ini.

Salah satu yang ditonjolkan adalah keunikan desainnya. Oppo mengadopsi desain modul kamera dengan kaca tunggal, yang pertama kali hadir di Oppo Find X3 Pro.

Vendor smarphone global asal Tiongkok ini terus mengembangkan desain tersebut pada perangkat Find X5 Pro, yang kini mereka hadirkan juga pada perangkat Reno8.

Oppo mengklaim, desain modul kamera dengan kaca tunggal ini telah menjadi tren di banyak smartphone. Hal inilah yang membuat perusahaan memutuskan untuk memboyongnya ke seri Reno8.

Oppo menyebut konsep desain ini telah disempurnakan lebih dari 100 kali dan memerlukan waktu lebih dari 400 hari untuk penelitian dan pengembangan.

Selain itu, Oppo juga membuat kaca belakang Reno8 dengan material kaca Gorilla Glass yang ditempa dengan suhu dan tekanan tinggi.

Proses pemanasan ini dilakukan hingga suhu 800 derajat Celsius, jauh melebihi standar proses penempaan kaca. Lalu, kaca Gorilla Glass dimasukkan ke dalam cetakan dan diberikan tekanan hingga 120 kg.

Untuk memastikan hasil pencetakan kaca di HP Oppo ini terasa halus dan terhindar dari permukaan tidak rata, proses pemolesan dilakukan dengan tiga langkah terlebih dahulu sebelum penempaan kaca dimulai.

Tak cukup sampai di situ, selanjutnya delapan langkah pemolesan skala nanometer dilakukan langsung pada kaca, memastikan kehalusan ada di tingkatan nanometer.

Bagian depan maupun belakang kaca perangkat lalu dipoles menyeluruh dengan tingkat presisi tinggi hingga penutup belakang kaca terasa sangat halus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Modul Kamera Terinspirasi Kamera Vintage

OPPO Reno8 memiliki dua buah lingkaran modul kamera yang sangat besar pada bagian belakang. Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, mengungkapkan modul kamera ini terinspirasi bentuk kamera film vintage.

"Modul kamera Oppo Reno8 terinspirasi dari bentuk kamera film vintage, yang juga menjadi penghargaan Oppo untuk seni cahaya dan bayangan," ujarnya.

Aryo menambahkan desain kamera belakang yang besar adalah sebuah statement dari perangkat Reno8 Series, terutama Reno8 Pro 5G, bahwa perangkat ini kuat dalam sisi kamera maupun sinematografi.

Selain Reno8 Pro 5G dengan NPU MariSiliconX, Oppo juga mengungkap Oppo Reno8 5G. Keduanya memiliki bahasa desain yang hampir sama, di mana terdapat penegasan dalam keunggulan kamera.

Kedua perangkat memiliki fitur kamera yang kurang lebih sama, yang mengedepankan fitur potret malam hari dan juga pengambilan video yang lebih jernih pada kondisi rendah cahaya.

Bedanya, Oppo Reno8 Pro 5G memiliki kemampuan yang lebih superior, terutama pada fitur Ultra Night Video dan Ultra HDR Video yang sudah mendukung format 4K.

Oppo rencananya bakal memperkenalkan kembali lini Reno8 Series pada 11 Agustus 2022. Kemudian, akan menyusul peluncuran secara resmi di Tanah Air.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Desain

Berikut ini spesifikasi desain dan fitur kamera untuk Oppo Reno8 Pro 5G

Desain

  • Dimensi: 161.2 x 74.2 x 7.34 (mm)
  • Berat: 183 g
  • Material cover belakang: Glass
  • Warna: Glazed Green, Glazed Black

Layar: 6.7-inch

NPU: MariSilicon X

Biometric security: Fast Fingerprint Unlock, Face Unlock

Camera Feature: 4K Ultra Night Video, 4K Ultra HDR Video, Night Portrait

Lebih lanjut, ini spesifikasi desain dan fitur kamera untuk Oppo Reno8 5G

Desain

  • Dimensi: 160.0mm x 73.4mm x 7.67 mm
  • Berat: sekitar 179g
  • Opsi warna: Shimmer Gold, Shimmer Black

Layar: 6.4-inch

Biometric security: Fast Fingerprint Unlock, Face Unlock

Camera Feature: Ultra Night Video, Ultra HDR Video, Night Portrait

4 dari 4 halaman

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.