Sukses

Apple Bakal Pasang Harga iPhone 14 Mulai dari Rp 12 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, tersiar kabar menyebutkan Apple tidak akan menaikkan harga lini iPhone 14 yang akan diluncurkan pada September 2022 mendatang.

Adalah akun bernama "yeux1122" yang mengungkap kabar ini. Dia menyebutkan, Apple ingin meningkatkan angka penjualan dan mengimbangi turunnya permintaan perangkat baru.

Keputusan untuk membekukan harga iPhone 14 di kisaran Rp 12 juta ini telah dirundingkan di tingkat eksekutif, dan harus berhadapan dengan mahalnya biaya produksi karena kelangkaan komponen.

Akun yeux1122 juga mengatakan, kabar ini di dapat dari lembaga keuangan AS yang tidak ingin disebutkan namanya tetapi memiliki rekam jejak informasi akurat.

Jika memang Apple bakal meluncurkan iPhone 14 di harga sama dengan iPhone 13 tahun lalu, maka ini akan menjadi tahun kedua perusahaan memasang label harga serupa, dilansir MacRumors, Jumat (5/8/2022).

Adapun lini iPhone baru yang akan diluncurkan mencakup, iPhone 14 (6,1 inci), iPhone 14 Pro (6,1 inci), iPhone 14 Max (6,7 inci), dan iPhone 14 Pro Max (6,7 inci).

Khususnya, model non-Pro tidak akan menampilkan perubahan desain signifikan, dan kabarnya tetap menggunakan chip A15 seperti di iPhone 13.

Sementara untuk iPhone 14 Pro, model ini akan ditenagai oleh chip A16 yang lebih cepat. Mereka juga kemungkinan akan menghilangkan notch di layar.

Sebaliknya, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max dikatakan tampil dengan lubang punch melingkar untuk kamera selfie dan potongan berbentuk pil untuk menampung komponen Face ID.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

iPhone 14 Pro dan Pro Max Bakal Pakai RAM 6GB

Ilustrasi iPhone 14. Dok: macrumors.com

Jelang acara peluncuran seri terbaru iPhone itu, bocoran informasi terkait ponsel teranyar milik Apple tersebut sudah membanjiri jagat maya.

Bocoran terkini adalah terkait dengan spesifikasi, khususnya RAM yang akan Apple sematkan di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Dilansir DigiTimes, Rabu (27/7/2022), iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max bakal mengusung RAM LPDDR5 6GB lebih cepat, dan efisien dari seri sebelumnya.

Diketahui, ponsel iPhone di pasaran saat ini masih menggunakan RAM LPDDR4X dan akan tetap terpasang di dua model iPhone 14 lainnya, yaitu iPhone 14 dan iPhone 14 Max.

Berbeda dari seri iPhone 13 yang menggunakan RAM mulai dari 4GB, seluruh model iPhone 14 akan menggunakan RAM 6GB.

Adapun keempat seri iPhone 14 yang akan diumumkan Apple adalah sebagai berikut:

iPhone 14: 6GB (LPDDR4X)

iPhone 14 Max: 6GB (LPDDR4X)

iPhone 14 Pro: 6GB (LPDDR5)

iPhone 14 Pro Max: 6GB (LPDDR5)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Apple Tambah Pemasok Komponen iPhone 14

Bocoran iPhone 14 series (Foto: Twitter/ @EveryApplePro).

Lebih lanjut, Apple dikabarkan sedang bersiap untuk mulai proses produksi massal seri iPhone 14 beberapa minggu mendatang, untuk mengejar target peluncuran pada musim gugur ini.

Akan tetapi, perusahaan disebut-sebut menghadapi masalah dalam hal pasokan komponen yang dibutuhkan agar produksi massal iPhone 14 series ini sesuai target.

Tak ingin menunda penjualan pertama iPhone 14 pada akhir tahun ini, Apple menambah daftar pemasok komponen HP iPhone baru tersebut.

Menurut analis Ming-Chi Kuo, komponen SG Micro telah lulus sertifikasi kualitas untuk model iPhone 14 kelas atas.

Mengutip 9to5Mac, Sabtu (23/7/2022), perusahaan Tiongkok ini telah bergabung dalam daftar pemasok Apple untuk komponen iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Apple akan menggunakan IC manajemen daya SG Micro (untuk manajemen baterai) di iPhone tahun ini. Kuo menyebutkan, ini adalah pertama kalinya SG Micro memasok komponen untuk produk high-end Apple. 

4 dari 4 halaman

Lockdown Covid-19 Berdampak di Produksi

<p>Seperti ini bentuk iPhone 14 Pro? (Doc: Jon Posser x Ian Zelbo)</p>

"Tidak hanya akan membantu perusahaan untuk meningkatkan pendapatan, tetapi juga berdampak positif pada pengiriman iPhone 14," kta Kuo.

Pada Mei 2022, laporan Nikkei Asia mengungkap produksi iPhone 14 akan tertunda tiga minggu karena kebijakan lockdown Covid-19 di Tiongkok.

Laporan ini diperkuat oleh analis Jeff Pu, yang mengungkapkan iPhone 14 Max (model pengganti iPhone mini) adalah varian paling terpengaruh oleh penundaan ini.

Kuo pun mengatakan, Apple akan menghadapi masalah pasokan dengan produksi massal iPhone 14.

Namun, dia percaya masalah ini akan memiliki "dampak terbatas" pada pengiriman ponsel baru karena Apple telah memesan jutaan komponen beberapa bulan sebelum peluncuran.

Dengan begini, Apple memiliki waktu cukup untuk memproduksi unit iPhone 14 series dalam jumlah besar dan siap dijual.

(Ysl/Isk)