Sukses

Startup Edutech Quipper Rilis Fitur dan Materi Baru untuk Dukung Belajar

Liputan6.com, Jakarta - Startup edutech Quipper menghadirkan materi dan fitur baru untuk mendukung belajar siswa. Quipper juga memutakhirkan aplikasi dan memperkenalkan figur inspiratif 'Teman Belajar Quipper.'

Peningkatan dan update layanan dan fitur baru Quipper ini bertujuan agar siswa mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna dan nyaman untuk mengejar ketertinggalan capaian belajar atau learning loss akibat pandemi.

Sekadar informasi, dua tahun terakhir saat pandemi, learning loss memicu capaian belajar yang menurun. Untuk itu, dibutuhkan pemulihan pada sektor pendidikan agar bisa bangkit dari ketertinggalan.

Salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi learning loss adalah dengan melakukan pembelajaran tatap muka 100 persen.

Dikatakan oleh Subkor Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang SMP dan SMA Disdik DKI, Horale Tua Simanullang, kini sebagian besar sekolah telah melakukan PTM 100 persen. "Kami terus mendorong proses belajar dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi," katanya.

Di samping PTM 100 persen, teknologi terbukti menjadi solusi dalam pembelajaran jarak jauh, PTM, atau pembelajaran campuran. Sejumlah sekolah telah menerapkan teknologi dalam berbagai metode pembelajaran.

Perlu digarisbawahi juga, kesehatan mental menjadi salah satu faktor penyebab learning loss. Untuk itulah, Quipper sebagai platform teknologi yang menjadi bagian dari ekosistem pendidikan Indonesia menghadirkan fitur, materi baru, dan memperkenalkan teman belajar bagi para siswa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Materi dan Fitur Baru Quipper

Head of Marketing Quipper Indonesia Dedy Purwanto menyebut, Quipper mengusung campaign #JadiLebihSiap untuk menambah semarak momen kembali ke sekolah.

"Quipper ingin hadir di setiap momen belajar siswa, baik yang sedang beradaptasi dengan pembelajaran tatap muka, mempertahankan prestasi belajar, hingga mengantarkan mereka meraih sekolah atau kampus impian melalui teman belajar figur inspiratif dan menambah sejumlah fitur dan materi baru," katanya.

Untuk tambahan materi baru, Quipper mengumumkan Paket Intensif SIMAK UI, Quipper Video After School, dan Quiper Video English.

Sementara fitur baru yang dihadirkan meliputi Tes Kesiapan Belajar, Tes Uji Potensi, Profil Belajar, Prestasi Belajar, Forum Diskusi, Koin & XP, Live Class, serta Virtual Coaching.

Kini, Quipper juga hadir untuk pengguna iOS dan bisa diakses melalui smartphone atau desktop.

Quipper Video Masterclass Manager Hanani Faiza menyebut, kenyamanan dan kebutuhan belajar siswa jadi prioritas Quipper untuk memberi pengalaman belajar berkualitas.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Sesuaikan Kebutuhan Siswa

Untuk itulah, Quipper menambah fitur dan materi baru secara berkala yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

"Masing-masing materi dan fitur memiliki tujuannya sendiri. Seperti materi Kurikulum Merdeka untuk menunjang siswa yang telah mengikuti implementasi kurikulum tersebut di sekolah," katanya.

Kemudian, materi Quipper Video English fokus pada pembelajaran Bahasa Inggris di luar kurikulum sekolah.

Lalu, adanya fitur Profil Belajar dan Tes Kesiapan Belajar bertujuan untuk membantu siswa mencapai tujuan belajarnya. Fitur Forum Diskusi, Live Class, dan Virtual Coaching bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar online yang interaktif.

Sementara, fitur Prestasi Belajar dan Koin & XP hadir untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Quipper juga berkolaborasi dengan sjumlah figur publik berprestasi seperti Reybong, Jemimah Cita, dan Alshad Ahmad. Tujuannya untuk menginspirasi siswa, baik di bidang akademik atau non-akademik.

(Tin/Isk)