Sukses

iPhone 15 Pro Max akan Pakai Lensa Periskop, Model Lainnya?

Liputan6.com, Jakarta - Apple belum resmi meluncurkan iPhone 14 series, namun informasi tentang lini iPhone 15 sudah mulai beredar di internet.

Bocoran informasi baru kali ini datang dari analis terkenal Ming-Chi Kuo, tentang kabar Apple akan memperkenalkan kamera periskop di iPhone 15.

Akan tetapi, Kuo menyebutkan hanya iPhone 15 Pro Max yang akan menggunakan teknologi kamera periskop ini. Seri lain, seperti iPhone 15, Pro, dan Max hanya pakai lensa tele.

Mengutip laporan Kuo via GSM Arena, Sabtu (16/7/2022), kamera periskop di iPhone 15 Pro Max ini memiliki kemampuan 6x zoom dan sensor 12MP 1/3" dengan sensor stabilisasi baru.

Rumor sebelumnya menyebutkan, Apple hanya akan menyematkan teknologi zoom 5x. Berhubung masih sekitar satu tahun lagi, besar kemungkinan akan ada perubahan jelang peluncuran.

Diketahui, iPhone 13 Pro hanya memiliki lensa dengan kemampuan zoom 3x.

Dengan kemampuan lensa baru ini, banyak pihak memprediksi modul kamera belakang iPhone 15 akan tampil lebih besar dari seri iPhone saat ini.

Namun, Kuo memperkirakan Apple akan mampu mengatasi rintangan bodi ponsel menjadi lebih tebal dan berat ketika meluncurkan iPhone 16 pada tahun 2024.

Saat ini, Apple disebut-sebut sedang mengerjakan desain lensa dengan dua prisma dalam beberapa berkas paten yang beredar di internet.

Lalu bagaimana dengan iPhone 14? Apple kemungkinan besar hanya akan melakukan peningkatan pada seri Pro dan Pro Max, dengan kamera utama 48MP.

Sedangkan untuk dua model lainnya, iPhone 14 dan Max tetap menggunakan kamera 12MP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ponsel Terakhir Apple dengan Lightning Port

Port Lightning Port pada iPhone (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Beberapa waktu lalu Komisi Uni Eropa dan negara-negara Eropa berusaha untuk menggolkan aturan standarisasi port USB Type-C.

Dengan aturan ini, maka seluruh antarmuka pengisian daya ponsel, tablet, dan headphone harus menggunakan port bertipe tersebut.

Berhubung mayoritas perangkat Android saat ini sudah memakai port USB Type-C, bagaimana nasib Apple yang masih menggunakan Lightning?

Sebelumnya, Apple menentang penggunaan unifikasi USB Type-C oleh Uni Eropa. Namun perusahaan merilis iPad dan Mac dengan port USB Type C.

Kini, beberapa informasi menyebutkan Apple sepertinya akan mengikuti aturan tersebut dengan merilis iPhone dengan port USB Type-C.

Terkait hal ini, leaker @LeaksApplePro mengatakan, Apple akan menyematkan port USB Type-C di iPhone 15 Pro.

Mengutip cuitan LeaksApplePro, Selasa (14/6/2022), iPhone 15 akan menjadi model ponsel terakhir Apple yang menggunakan port Lightning.

Dia juga menyebutkan, Apple bakal pakai USB Type C atau tanpa port di iPhone 16 series.

Sebelumnya, analis Ming-Chi Kuo juga mengatakan, Apple akan meninggalkan port Lightning pada paruh kedua tahun 2023 dan beralih ke port USB Type-C.

Kabar ini juga diperkuat dengan informasi yang diungkap oleh Mark Gurman dari Bloomberg. Dia berkata, Apple sedang mengujicoba iPhone pakai USB Type-C.

3 dari 4 halaman

Patuhi Regulasi Eropa

<p>Seperti ini bentuk iPhone 14 Pro? (Doc: Jon Posser x Ian Zelbo)</p>

Menurut laporan, negara-negara Uni Eropa dan anggota parlemen Uni Eropa akan bertemu pada Selasa 7 Juni untuk membahas dan mencapai kesepakatan.

Komisi Uni Eropa akan berupaya menyatukan antarmuka pengisian daya ponsel, tablet, dan headphone. Antarmuka terpadu akan menjadi USB Type -C yang kini banyak digunakan di Android.

Alasan hal ini diatur dan diterapkan karena alasan lingkungan. Pasalnya, antarmuka terpadu bisa dipakai kembali, mengurangi limbah, dan membuat pengguna hemat sekitar 250 juta euro per tahun.

Perlu diketahui, Uni Eropa juga sudah membahas proposal untuk menyatukan antarmuka perangkat digital selama lebih dari 10 tahun. Sebelumnya, Uni Eropa menerapkan kebijakan sebagian perangkat dengan port USB micro.

Menurut laporan, Uni Eropa tidak terbuka untuk adanya lobi. Uni Eropa bakal melaksanakan aturan ini dalam skala besar, termasuk penggunaan port USB Type-C untuk mengisi daya laptop. 

4 dari 4 halaman

Mau Tak Mau

Ilustrasi iPhone 14. Dok: macrumors.com

Sebelumnya, konsultan Ming-Chi Kuo mengklaim Apple akan terus memakai port Lightning dalam beberapa tahun ke depan. Bahkan beberapa waktu lalu ada laporan bahwa Apple akan menghadirkan iPhone tanpa port sama sekali.

Jika hal tersebut diterapkan, kemungkinan iPhone harus bergantung pada pengisian daya nirkabel dan transmisi data nirkabel, alih-alih memakai port USB Type C.

Namun dengan prediksi terbaru, Apple tampaknya harus menurut kepada berbagai tekanan. Kini mau tak mau, ke depannya Apple harus menggunakan port USB Type C pada iPhone mereka.

Paling tidak, Apple harus menyediakan produk iPhone dengan port USB Type C untuk pasar Eropa atau membuat semua produknya di seluruh dunia, memakai port USB Type C.

(Ysl/Tin)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS