Sukses

Indocomtech 2022 Digelar, Dorong Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Teknologi Mumpuni

Liputan6.com, Jakarta - Pameran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terbesar di Indonesia, Indocomtech 2022, resmi digelar di Hall A, Jakarta Convention Centre (JCC), setelah resmi dibuka pada Rabu (22/6/2022). Pameran ini sendiri akan digelar selama lima hari mulai dari 22 hingga 26 Juni 2022 mendatang

Seremoni pembukaan pameran ini dilakukan dengan pengguntingan pita oleh Dewan Pembina Yayasan Apkomindo, Chris Irwan Japari dan disaksikan secara langsung oleh penyelenggara event Direktur Canon Business Unit Datascrip Monica Aryasetiawan dan Soetadji dari Alessa.

Dewan Pembinaan YAI Chris Irwan Japari melalui keterangan persnya mengatakan, gelaran Indocomtech yang telah berusia 28 tahun ini telah menjadi magnet tersendiri dan dinantikan kehadirannya.

Bukan hanya bagi tech enthusiast, namun juga pelaku industri teknologi informasi, pemangku kepentingan dan seluruh lapisan masyarakat yang antusias terhadap perkembangan teknologi masa kini.

Menurut Chris, pandemi Covid-19 telah memacu akselerasi transformasi digital di semua sektor dan menciptakan realitas baru, di mana kehidupan manusia tidak lagi mengenal batas ruang dan waktu.

Chris mengatakan, tema Indocomtech 2022 yaitu Discover The Possibilities, mengajak masyarakat sedini mungkin beradaptasi dengan kebiasaan baru, dengan teknologi yang mumpuni.

"Perangkat teknologi informasi yang bisa menjadi solusi untuk kehidupan lebih berkualitas di masa endemi," kata Chris dalam sambutannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pertumbuhan Pesat Sektor Informasi dan Komunikasi

Sektor informasi dan komunikasi sendiri tercatat tumbuh secara signifikan selama pandemi.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, sektor informasi dan komunikasi tumbuh pesat di kuartal 1 2022, sebagian besar karena didorong kebiasaan-kebiasaan baru, seperti bekerja, belajar, dan belanja daring dari rumah.

BPS juga mencatat, nilai tambah bruto dari sektor informasi dan komunikasi tumbuh 7,14 persen (year-on-year) ke Rp 181,72 triliun pada kuartal I 2022.

Lewat kegiatan ini, Chris berharap ada dorongan bagi masyarakat, untuk aktif menggunakan ruang digital secara tepat.

Diharapkan juga peningkatan jalinan sinergi antara pemangku kepentingan di pemerintahan dalam penyiapan infrastruktur, dengan pelaku industri teknologi informasi untuk penyediaan produk-produk inovatif dan solutifnya demi mempercepat proses transformasi digital.

Salah satu yang dihadirkan di Indocomtech 2022 adalah laptop yang mendukung kembalinya pembelajaran di sekolah.

Zyrex, salah satu produsen laptop lokal mempersiapkan program Siswatop (Satu Siswa Satu Laptop). Laptop yang didesain khusus untuk pelajar di Tanah Air dan diklaim mampu bersaing dengan merek dari luar negeri

 

 

3 dari 4 halaman

Hadirkan Beberapa Vendor Populer

Direktur Utama PT Zyrexindo Mandiri Buana Tbk Timothy Siddik menyatakan, pihaknya berusaha mencari solusi terbaik agar anak-anak bisa tetap belajar dengan perangkat teknologi yang mumpuni.

Selain itu, vendor besar global dan populer seperti Asus, juga menghadirkan laptop detachable-nya di gelaran ini.

Laptop dengan panel layar OLED ini diklaim menjadi yang pertama di tanah air. Vivobook 13 Slate OLED menjadi laptop detachable pertama dari Asus dan dilengkapi dengan teknologi layar Asus OLED. Produk ini bisa digunakan sebagai laptop sekaligus tablet.

Jimmy Lin, Asus Regional Director Southeast Asia menegaskan, Vivobook 13 Slate OLED hadir untuk melengkapi portofolio Asus sebagai brand laptop nomor satu di Indonesia sekaligus brand laptop OLED terbaik di dunia.

Asus juga menghadirkan lini laptop gaming mereka di Asus ROG, yang mendapatkan dukungan dari prosesor AMD Ryzen 6000 Series.

Lenovo juga menghadirkan laptop kelas atasnya dalam pameran ini, yaitu Lenovo Yoga 9i yang pertama kali dirilis di Amerika Serikat bulan lalu.

 

4 dari 4 halaman

Kegiatan Lain

Indocomtech 2022 juga memberikan penawaran khusus bagi pelajar dan mahasiswa dengan kocek yang terbatas.

Salah satunya dengan menghadirkan laptop HP dengan harga Rp 2 jutaan, untuk Series Elitepad 900 G1. Bagi mereka yang memiliki dana Rp 3 juta kurang sedikit, bisa memilih HP 14-BS005TU.

Selain itu, di pameran ini digelar juga AMD Esports Challenges, Coding Competition, 3D School Competition, serta berbagai pembahasan seputar teknologi dan dunia pendidikan dalam bentuk talkshow.

Pengunjung dapat memasuki Indocomtech 2022 dengan membeli tiket melalui Loket.com, dengan harga Rp 25 ribu per orang, belum termasuk biaya admin dan lain-lain.

(Dio/Ysl)