Sukses

5 Tips Gunakan Telegram Saat Mencari dan Mendaftar Beasiswa

Telegram memberikan 5 tips untuk memanfaatkan aplikasinya saat ingin mencari dan mengajukan beasiswa

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan masyarakat Indonesia mengajukan beasiswa untuk belajar ke luar negeri setiap tahunnya. Layanan aplikasi messaging Telegram mengungkapkan, salah satu yang paling diminati adalah beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

Selain itu, menurut Telegram, beberapa program beasiswa populer lainnya seperti Chevening Award yang diselenggarakan Foreign, Commonwealth, and Development Office Britania Raya dan Beasiswa Fulbright yang diadakan oleh AMINEF.

Menurut Telegram, bergabung ke dalam sebuah komunitas dapat membantu proses persiapan beasiswa agar tetap sesuai tenggat waktu. Hal ini membantu seseorang bisa saling mengingatkan dan mendukung selama proses berlangsung.

Pendaftar seringkali tidak hanya harus menyiapkan persyaratan dan dokumen untuk proses seleksi beasiswa itu sendiri, tetapi secara bersamaan juga harus mempersiapkan persyaratan untuk pendaftaran universitas yang dituju.

Belum lagi jika ada kewajiban lain yang harus dilakukan, seperti pekerjaan atau tanggung jawab lainnya yang berjalan bersamaan.

Perusahaan besutan Pavel Durov itu pun menyebut, pengguna dapat memasukkan kata kunci untuk grup yang diinginkan melalui Telegram, misalnya "LPDP", "Beasiswa", atau "Chevening" di kotak pencarian.

Kamu juga dapat melihat grup yang sesuai dari hasil "Global Search" dan menelusuri pesan terbaru terlebih dulu, sebelum memutuskan masuk ke grup mana.

Mengutip siaran persnya, Selasa (31/5/2022), perusahaan pun memberikan beberapa tips memanfaatkan grup di aplikasinya, untuk mendukung proses pengajuan beasiswa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mencari Dukungan dengan Aman

1. Tetap Aman Sembari Mencari Dukungan

"Bergabung dengan komunitas dapat memberikan berbagai manfaat bagi proses aplikasi pendidikan tingkat tinggimu," kata Telegram dalam keterangan resminya.

Menurut mereka, kamu tidak hanya dapat menemukan orang lain yang juga sedang menjalani proses pendaftaran beasiswa mereka, tetapi juga orang-orang yang mendaftar ke universitas bahkan jurusan yang sama.

Selain itu, pengguna juga dapat bertanya mengenai tips menulis esai, mempersiapkan wawancara, dan saling mengingatkan tentang tenggat waktu pendaftaran.

Telegram sendiri mengklaim menjamin keamanan dan data pribadi. Menurutnya, nomor telepon pengguna tidak akan terlihat oleh orang yang tidak terdaftar dalam kontak di perangkat.

Pengguna juga dapat mengubah pengaturan untuk keamanan maksimum, sehingga tidak ada orang yang dapat melihat nomor teleponnya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengunjungi opsi Pengaturan, pilih Privasi dan Keamanan, pilih Nomor Telepon.

Setelah itu, kamu bisa langsung memilih opsi "Tidak Ada" dalam bagian "yang dapat melihat nomor telepon saya."

Kamu juga dapat menyembunyikan status "Last Seen" dengan membuka Pengaturan, Privasi dan Keamanan, Waktu Aktif dan Terlihat, dan memilih siapa yang dapat melihat timestamp kamu.

3 dari 4 halaman

Menjawab Pertanyaan dan Menemukan Informasi

2. Mendapatkan Jawaban akan Pertanyaanmu

Grup Telegram dapat menampung hingga 200 ribu anggota. Menurut perusahaan, ini berpotensi membantu pengguna di setiap langkah, misalnya jika memiliki pertanyaan tentang dokumen yang diperlukan, tenggat waktu, hingga persyaratan utama tertentu.

Fitur replies, mentions, dan hashtag, juga membantu menjaga keteraturan, serta memastikan komunikasi di komunitas yang berukuran besar tetap efisien. Admin juga dapat menggunakan bot untuk membantu mengelola sebuah grup.

3. Menemukan Informasi

Telegram merupakan sistem chat berbasis cloud atau cloud chat. Hal ini diklaim dapat membantu anggota grup yang baru bergabung dapat melihat riwayat obrolan atau obrolan yang dilakukan oleh pengguna lain sebelum anggota tersebut bergabung.

Sehingga, admin grup tidak perlu menjelaskan obrolan sebelumnya setiap kali anggota baru bergabung dan anggota tersebut dapat langsung mengakses berbagai tautan serta sumber-sumber lainnya sebagai referensi tambahan.

Selain itu, Telegram juga memungkinkan penggunanya untuk mengunggah dokumen hingga 2 GB.

 

4 dari 4 halaman

Dukungan Setelah Diterima

4. Tetap Sesuai Tenggat Waktu

Menurut Telegram, dengan ribuan orang yang sedang menjalani proses serupa, akan ada pengingat untuk tenggat waktu, yang datang dari pengguna lainnya.

"Tentu saja, yang terbaik adalah menjaga timeline-mu sendiri dan menjadi yang paling tepat waktu. Tetapi karena ada begitu banyak langkah dalam proses aplikasi, jika suatu hari ada yang kamu lupakan, ada yang dapat menjadi pengingat," lata Telegram.

5. Setelah Diterima Universitas Impian

Banyak bot kustomisasi di Telegram yang dapat membantu pengguna, termasuk setelah dia diterima di universitas yang diinginkannya.

Telegram mencontonhkan, jika pengguna mengaktifkannya, @CheveningBot akan bertanya dua kali dalam sebulan ke pengguna, apakah dia ingin bertemu teman atau Chevener lain.

Hal ini membantu seseorang untuk membantu pengguna menemukan teman baru, apalagi jika dia adalah pendatang di sebuah kota baru.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.