Sukses

iPhone 14 Bakal Pakai Kamera Selfie Premium Buatan LG

Liputan6.com, Jakarta - Apple tampaknya sudah memutuskan perusahaan mana yang akan menjadi supplier kamera selfie untuk iPhone 14 mendatang.

Adapun perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu memilih LG Innotek sebagai supplier utama kamera selfie di iPhone terbaru tersebut.

Berdasarkan sumber anonim ke Korea IT News, Rabu (25/5/2022), kamera selfie buatan LG Innotek ini akan terpasang di seri iPhone 14 dan iPhone 14 Pro.

Sumber anonim itu juga mengatakan, kamera depan di kedua seri iPhone 14 tersebut akan tampil dengan fitur auto-focus.

Apple disebut-sebut berencana menggunakan kamera buatan LG Innotek untuk seri iPhone 15, namun perusahaan memajukan jadwal karena masalah teknis dengan kamera selfie buatan Tiongkok saat pengujian.

Karena tidak sesuai dengan standar dari Apple, perusahaan bentukan Steve Jobs itupun memutuskan untuk memutus kontrak dan menggantinya dengan perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Beberapa pihak berpendapat, Apple memang sudah seharusnya meningkatkan kemampuan kamera di lini iPhone buatan mereka.

Tampil dengan beragam fitur dan peningkatan teknologi, hal ini menyebabkan harga unit kamera depan iPhone 14 naik 3 kali lipat dibandingkan model tahun lalu.

iPhone 14 kabarnya akan meluncur pada musim gugur dan menanggalkan desain notch di layar depannya.

Tak hanya itu, Apple juga hanya akan merilis iPhone 14, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Max, dan iPhone 14 Pro Max. Perusahaan tidak akan merilis varian iPhone Mini untuk tahun ini.

Selain memiliki ukuran layar lebih besar--sedikit--dan tanpa notch, iPhone 14 digadang-gadang akan mulai meninggalkan kartu SIM fisik dan beralih ke eSIM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

iPhone 14 Bakal Rilis pada 13 September 2022

Bocoran bentuk iPhone 14 Pro Max. (Doc: ShirmpApplePro/ PhoneArena)

iPhone 14 menjadi perangkat Apple yang ditunggu-tunggu di 2022 ini. Meski begitu sampai sekarang, belum ada pengumuman resmi terkait tanggal peluncurannya secara global.

Namun baru-baru ini, sebuah situs yang fokus pada Apple yaitu iDropNews, dikutip Senin (23/5/2022), mengaku mendapatkan bocoran Apple bakal menggelar Apple Event pada 13 September 2022.

Meski tanggal Apple Event dapat ditebak berdasarkan gelaran-gelaran sebelumnya, namun jadwal itu belumlah resmi karena masih bersifat rumor dan tidak diumumkan langsung oleh Apple.

Adapun, Apple Event juga menjadi ajang perusahaan teknologi Amerika Serikat ini, memperkenalkan perangkat-perangkat baru mereka, salah satunya adalah di lini iPhone.

Mengutip Tech Radar, acara 13 September sendiri belum tentu menjadi peluncuran iPhone 14. Namun, karena Apple cenderung meluncurkan iPhone di hari Selasa bulan September, tanggal itu bisa jadi adalah waktunya.

3 dari 4 halaman

4 Model iPhone 14

Bocoran iPhone 14 series (Foto: Twitter/ @EveryApplePro).

iDropNews juga menyebutkan, apakah acara ini akan digelar secara daring atau tatap muka, sumber dari situs itu menyebut Apple belum memutuskannya.

Situs tersebut menambahkan, iPhone 14 kemungkinan bakal terlihat identik dengan iPhone 13. Selain itu, dia akan memiliki prosesor A15 meski sumbernya mengatakan kemungkinan mereka juga akan menerima A16.

Selain itu, iPhone 14 dirumorkan tidak akan memiliki versi mini. Perangkat ini juga akan hadir dalam versi iPhone 14, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

iDropNews juga mengklaim, Apple Event 13 September 2022 akan menjadi ajang untuk memperkenalkan beberapa perangkat terbaru Apple seperti AirPods Pro 2, Apple Watch 8, Apple Watch SE, dan Apple Watch Extreme Edition.

4 dari 4 halaman

Pakai Layar OLED

Ilustrasi iPhone 14. Dok: macrumors.com

Rumor lain, menurut CEO Display Supply Chain Consultants (DSCC) Ross Young, hanya akan ada satu pemasok ekslusif layar untuk model iPhone 14 Pro, yakni mitra sekaligus saingan Apple, Samsung.

Dari perspektif pasar smartphone, Samsung dan Apple adalah rival. Namun dalam hal bisnis, kedua perusahaan ini menjadi mitra dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam hal ini, Samsung menjadi pemasok utama bagi Apple, terutama dalam hal teknologi layar. Kini, Samsung akan menjadi pemasok ekslusif untuk layar OLED pada iPhone 14 Pro.

Sebelumnya, Ross mengunggah polling di Twitter yang menanyakan kepada pengguna mengenai model mana yang ekslusif mendapatkan layar OLED Samsung.

Sebagian besar orang memilih iPhone 14 Pro Max sebagai pilihan favorit mereka. Ada pula yang memilih semua iPhone 14 series akan menggunakan layar OLED Samsung.

Namun Young menyatakan, hanya iPhone 14 Pro yang akan mendapatkan tampilan eksklusif Samsung.

(Ysl/Tin)