Sukses

Oppo Find X5 Pro Terima Update Android 13 Beta 1

Smartphone flagship Oppo Find X5 Pro mendapatkan update Android 13 Beta 1. Pengguna Oppo Find X5 Pro sudah bisa mengunduh update OS ini.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo mengumumkan smartphone flagship Oppo Find X5 Pro jadi salah satu perangkat pertama yang mendapatkan update Android 13 Beta 1 terbaru.

Oppo juga akan menghadirkan developer preview untuk ColorOS berbasis Android 13 Beta untuk mengulas berbagai fitur dan perubahan terbaru.

Oppo Vice President and President of Find Product Line Andy Wu mengatakan, Oppo telah lama bermitra dengan Google untuk memberikan pengalaman sistem operasi terbaik yang dikembangkan dari Google Android.

"Dengan menghadirkan Android 13 terbaru, kami meyakini bahwa performa Find X5 Pro yang mumpuni bisa dirasakan para pengembang dan konsumen," kata Andy Wu, dikutip dari keterangan Oppo, Kamis (19/5/2022).

Oppo menyebut, Android 13 Beta 1 akan tersedia untuk Oppo Find X5 Pro 5G yang rilis Februari 2022.

Pengembang sudah bisa mengunduh dan mencoba ColorOS developer version yang dikembangkan dari Android 13 Beta 1. Pengguna Oppo Find X5 Pro 5G juga akan menjadi yang pertama mencoba ColorOS versi publik terbaru berbasis Android 13 dalam waktu dekat.

Sekadar informasi, Android 13 mengutamakan privasi dan keamanan pengguna. OS ini juga menyediakan API terbaru untuk memudahkan pengembang dalam merancang aplikasi dengan lebih mudah.

Android 13 juga menyediakan sejumlah update terbaru. Mulai notifikasi untuk perizinan akses foto, API dengan ikon tema, pengaturan cepat untuk title placement, pilihan bahasa untuk tiap aplikasi, dan dukungan audio Bluetooth LE dan MIDI 2.0 melalui USB.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tersedia Sejak 24 April 2022

Beta 1 juga menambahkan satu aplikasi yang memberikan akses ke file media dengan opsi yang lebih terperinci, audio routing APIs yang lebih baik, serta berbagai kemudahan lainnya.

Sekadar informasi, Oppo Find X5 Pro didukung NPU pertama yang dikembangkan Oppo, MariSilicon X. Selain itu perangkat ini juga memiliki dukungan kamera dual IMX766 untuk pengalaman pencitraan terbaik.

Oppo Find X5 Pro juga didukung performa kuat, konektivitas 5G cepat, serta teknologi pengisian daya Flash Supervooc 80W.

Tersedia Sejak 24 April 2022

Versi beta publik dari Android 13 telah tersedia sejak 24 April 2022. Hanya segelintir orang yang memiliki hak istimewa untuk menginstalnya di smartphone, hingga saat ini.

Nah nantinya para penguji beta ini akan bergabung dengan panel pengguna yang lebih luas. Pasalnya, beberapa produsen smartphone memanfaatkan konferensi Google I/O untuk mengumumkan masuknya smartphone mereka ke daftar kelayanan menjajal Android 13 versi beta publik.

Dengan begitu, beberapa perangkat, mulai dari smartphone Xiaomi hingga Oppo kini bisa menguji berbagai fitur baru di Android 13 dalam bentuk pratinjau.

3 dari 4 halaman

Daftar Smartphone yang Kebagian Android 13

Berikut ini daftar smartphone yang bisa mulai menginstal Android 13 versi beta publik:

- Asus ZenFone 8

- OnePlus 10 Pro

- Oppo Find N

- Oppo Find X5 Pro

- Realme GT 2 Pro

- Sharp Aquos Sense6

- Tecno Camon 19 Pro 5G

- Vivo X80 Pro

- Xiaomi 12 Pro

- Xiaomi 12

- ZTE Axon 40 Ultra

- Tablet Lenovo P12 Pro

- Xiaomi Mi Pad 5

Perlu diingat, Nokia juga mengumumkan bahwa smartphone-smartphone-nya bisa diinstal Android 13 beta public, namun tidak secara rinci mengungkap smartphone mana yang dimaksud.

Sebagai informasi, perangkat-perangkat di atas akan memiliki akses ke beta pertam Android 13, di saat yang sama, smartphone non Pixel biasanya harus menunggu hingga kehadiran beta kedua untuk bisa mencicipi Android 13.

4 dari 4 halaman

3 Miliar Perangkat Android Aktif di Dunia

Google mengungkap, saat ini ada lebih dari tiga miliar perangkat Android yang aktif di seluruh dunia.

"Android tumbuh menjadi sistem operasi paling populer di dunia, mengirimkan akses, konektivitas, dan informasi kepada orang-orang melalui smartphone-nya. Ada lebih dari tiga miliar smartphone Android aktif per bulannya di seluruh dunia," kata Google dalam konferensi pengembang.

Google menyebut, tahun lalu saja, lebih dari satu miliar smartphone Android telah diaktifkan.

Sementara, smartphone kini masih jadi perangkat komputasi paling populer. Di mana, orang bisa menghubungkan teknologi ke kehidupan mereka, mulai dari TV, mobil, jam, dan lain-lain.

Ada Fitur Peringatan Dini Gempa Bumi di Android 13

Dalam konferensi pengembang tahunan Google I/O, Google tak hanya merilis sejumlah tipe smartphone Pixel baru. Google juga memboyong sistem operasi barunya, Android 13.

Ada banyak fitur baru yang ditambahkan di Android 13. Salah satu fitur yang baru ditambahkan adalah peringatan gempa bumi.

Menurut penjelasan Google, fungsi peringatan dini gempa bumi yang dikembangkan built-in di Android 13 memiliki dua bagian utama.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.