Sukses

Pengembang Indie Lokal Tawarkan Secure DNS Gratis untuk Koneksi Internet Aman

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah kamu bahwa sebetulnya, saat seseorang mengunjungi suatu situs web, sebut saja Liputan6.com, ada proses penerjemahan nama domain (domain name) menjadi alamat protokol internet (IP address) bagi perangkat yang kita pakai? Di dalam proses penerjemahan inilah Domain Name System (DNS) berfungsi.

Untuk memudahkan pemahaman kamu, DNS ini dapat dianalogikan sebagai aplikasi kontak di ponsel. Aplikasi tersebut menyimpan dan menampilkan kumpulan nomor ponsel keluarga, teman, kenalan, dan banyak orang lainnya dengan nama yang lebih mudah kita cari.

Berkat aplikasi kontak, kita tak usah menghapal dan/atau mengetik nomor ponsel dari orang-orang tersebut setiap kita ingin menghubungi mereka. Nah, kira-kira seperti itulah bagaimana DNS bekerja. Berkat DNS, kita tak perlu repot-repot mengingat serangkaian angka IP Address dari setiap alamat situs web yang kita kunjungi.

Bicara soal DNS, melalui email kami telah mewawancarai Frans Allen, pengembang indie lokal yang membuat layanan Secure DNS bernama PureDNS.

"PureDNS adalah sebuah proyek nonprofit dan independen untuk membuat Internet aman, privat, juga lebih cepat dengan menyediakan sebuah layanan DNS modern," kata Frans mengawali jawaban atas pertanyaan kami.

PureDNS, lanjut Frans, bekerja dengan mengenkripsi kueri DNS agar siapa pun yang memiliki kontrol terhadap jaringan, tidak dapat memanipulasi data apa pun dari situs web atau aplikasi yang pengguna kunjungi.

Frans menyebut, layanan yang dia kembangkan berguna terutama saat kita mengakses jaringan internet publik seperti jaringan WiFi di restoran, cafe, hotel, dan tempat umum lainnya. Koneksi melalui jaringan WiFi tersebut, menurut dia, secara default tidak dapat dijamin keamanannya.

"Menggunakan sebuah Secure DNS seperti PureDNS dapat meningkatkan internet menjadi lebih privat dan mencegah aktor jahat melacak kita dari situs-situs yang diakses," tutur Frans.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Bagaimana PureDNS berbeda dengan DNS lain?

Tidak seperti Public DNS yand ditawarkan oleh Cloudflare, Google, atau OpenDNS, PureDNS sejatinya adalah produk indie yang dikembangkan oleh satu pihak perorangan. Namun, Frans menegaskan bahwa layanan ini dia buat dengan tetap memperhatikan aspek-aspek privasi penggunanya.

"Perbedaan paling signifikan adalah PureDNS didesain khusus agar berjalan baik di [jaringan] Internet Indonesia dengan menyediakan data center Jakarta," ujar Frans.

Tidak hanya itu, kata dia, sistem yang digunakan PureDNS juga diatur agar dapat melayani trafik internet tinggi dan menggunakan jalur jaringan yang dioptimalkan. Oleh sebab itu, koneksi melalui PureDNS menjadi jauh lebih cepat dibandingkan dengan layanan serupa lainnya, yang biasanya menginduk pada pusat data di Singapura atau lokasi lainnya yang lebih jauh dari Indonesia.

"Dengan begitu, bandwidth yang kita gunakan juga akan cenderung lebih irit," kata Frans.

Terkait kebijakan privasi, Frans meyakinkan bahwa PureDNS tidak menyimpan informasi sensitif pengguna seperti alamat IP.

 

3 dari 5 halaman

Motivasi membuat PureDNS

Meskipun DNS berperan vital atas sistem-sistem di Internet, secara default protokol yang diterapkan sejak zaman dahulu tidaklah aman.

Padahal, seiring dengan pertumbuhan pengguna Internet, penerapan protokol aman dan terenkripsi secara default setiap saat menjadi hal yang sepatutnya diterapkan.

"Saya memiliki keprihatinan tentang banyaknya orang Indonesia yang belum menyadari bahwa akses Internet yang lebih baik [aman] dapat menghindari mereka dari kejahatan siber. Ketidaktahuan ini bisa berimbas pada peretasan, kebocoran data, penipuan, phising, dan banyak lagi," tutur Frans.

Terlebih, menurut Frans, sejauh ini tidak ada langkah konkrit dan masif dari pemangku kepentingan terkait yang mengampanyekan pemakaian DNS aman atau teknik serupa lainnya untuk mengamankan koneksi internet pengguna.

Fakta tersebut yang kemudian mendorong Frans membuat PureDNS yang menawarkan keamanan tanpa mengurangi kenyamanan dalam hal kecepatan.

Frans menyebut bahwa saat ini PureDNS telah melayani lebih dari 200 juta permintaan DNS menggunakan protokol aman, meski masih dalam tahap Beta.

Dia pun menegaskan bahwa proyek ini akan terus dikembangkan dan fitur-fitur lain seperti malware filter, pemblokir iklan akan ditambahkan di masa depan.

 

4 dari 5 halaman

Langkah memakai PureDNS

PureDNS dapat digunakan di berbagai platform mulai dari Android hingga Linux sekalipun. Bagi penguna Android, ada dua cara untuk mengaktifkan Secure DNS.

Cara 1

- Buka menu Settings / Setelan

- Pilih opsi Network & Internet / Jaringan & Internet

- Pilih opsi Private DNS provider hostname

- Isikan puredns.org

- Ketuk pada tombol Save

- Sebagai catatan, cara ini dapat kamu coba di perangkat Android 9 atau versi lebih tinggi.

Cara 2

- Pasang aplikasi Intra melalui Google Play.

- Buka Intra

- Cari menu Settings

- Pilih opsi DNS over HTTPS Server

- Pilih opsi Custom server URL

- Isikan https://puredns.org/dns-query

- Ketuk pada tombol Accept

 

 

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia