Sukses

Canon PowerShot PICK Hadir di Indonesia, Bisa Ambil Foto dan Video Otomatis

Liputan6.com, Jakarta - Canon melalui PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya resmi menghadirkan kamera baru yang terbilang unik, yakni Canon PowerShot PICK. Kamera pintar ini memiliki kemampuan untuk mengambil foto atau video secara otomatis, tanpa perlu bantuan orang lain.

Untuk melakukannya, Canon PowerShot PICK dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan untuk bisa mengabadikan momen secara otomatis. Jadi, kamera ini mampu mendeteksi orang yang sudah didaftarkan pada sistem, lalu fokus pada subjek tersebut untuk mengambil foto atau videonya.

"Kamera ini dilengkapi fitur built-in teknologi face-capture yang akan secara otomatis mengenali wajah di sekitarnya dan mampu menangkap ekspresi natural pada subjek, tanpa pengguna harus berada di belakang kamera, sehingga pengguna mampu menghasilkan foto candid yang sempurna," tutur Canon Business Unit Director PT Datascrip Monica Aryasetiawan dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (11/5/2022).

Dengan kemampuan tersebut, kamera Canon ini bisa digunakan untuk mengabadikan momen bersama, seperti ketika kumpul teman atau keluarga, acara pesta, bahkan dapat digunakan dalam mobil saat bepergian. Kamera ini juga dapat dioperasikan melalui perintah suara.

Menurut Monica, PowerShot PICK menggunakan algoritma unik yang dikembangkan Canon, sehingga secara otomatis melacak wajah orang-orang sekitar setelah diaktifkan. Tidak hanya itu, kamera ini juga dapat menyesuaikan komposisi bidikan berdasarkan informasi dengan mode pan, tilt, dan zoom dengan mekanisme PTZ.

Kamera ini juga memiliki bentuk ringkas dan dilengkapi dudukan tripod. Karenanya, Canon PowerShot PICK mudah dibawa dan fleksibel untuk digunakan dapat banyak skenario.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Canon PowerShot PICK

Canon PowerShot PICK menggunakan sensor CMOS 1/2.3 yang dipasangkan dengan prosesor DIGIC 7 untuk menghasilkan foto dengan resolusi 12MP dan merekam video dengan resolusi Full HD 1080/60p.

Canon turut membekali kamera ini dengan kombinasi teknologi face tracking AF dan Nano USM untuk melacak wajah dengan akurat dan berkecepatan tinggi secara otomatis. Kombinasi keduanya juga dapat menimalkan terjadinya blur pada hasil foto atau video.

Pada bagian lensa, Canon menggunakan lensa bergerak yang dapat berputar hingga 340 derajat, serta miring ke atas atau bawah hingga 110 derajat. Kamera ini memiliki focal-length 19-57mm yang berguna saat foto bersama dengan banyak orang di ruangan sempit.

Untuk daya tahan, kamera ini mampu bertahan hingga lima jam saat perekaman video dan dapat diisi ulang menggunakan port USB-C. Canon PowerShot PICK telah dilengkapi slot microSD, serta WiFi untuk mempermudah pengaturan dan pengoperasian melalui smartphone.

Pengguna juga dapat memanfaatkan koneksi bluetooth untuk berkirim foto atau video ke smartphone. Kemampuan lain dari kamera ini adalah bisa digunakan sebagai webcam untuk keperluan video conference.

Bahkan dalam acara penting seperti pernikahan atau konser, PowerShot PICK dapat berfunsgi sebagai B-Cam untuk menangkap aktivitas di balik layar. Kamera ini tersedia dalam dua pilihan warna, putih dan hitam, serta dibanderol dengan harga Rp 9.501.600.

 

3 dari 4 halaman

Proyektor Mini Canon MP250, Gadget Unik untuk Dukung Nonton dan Kerja Remote

Sebelumnya, Datascrip, distributor resmi Canon di Indonesia, merilis proyektor portabel mini Canon MP250. Proyektor ini berukuran 12x12x3,3 cm dan bobot 407 gram yang membuatnya mudah dibawa ke mana pun untuk mendukung pekerjaan atau menonton bersama.

Proyektor Canon MP250 dipasarkan dengan harga Rp 6,9 juta. Produk ini diklaim mampu menampilkan gambar hingga 93 inci hanya dari jarak 3 meter.

Canon Business Unit Director PT Datascrip Monica Aryasetiawan mengatakan, proyektor Canon MP250 ini mampu menjawab kebutuhan pekerjaan dengan mobilitas tinggi tanpa harus bergantung pada ketersediaan perangkat proyektor di tempat meeting.

"Proyektor ini juga dapat dibawa liburan, untuk merasakan pengalaman serunya menonton film di mana pun," katanya, dikutip dari keterangan Datascrip, Senin (16/8/2021).

Proyektor Canon MP250 ditenagai prosesor Quad-Core 1,5GHz dan SDRAM 2GB sehingga diklaim lancar untuk memutar video, termasuk yang berformat 4K.

Proyektor ini juga didukung OS Android 7.1.2 sehingga tidak harus terhubung ke komputer untuk menampilkan file presentasi atau memutar film.

Pengguna hanya perlu memasukkan flash disk USB atau slot kartu micro SD untuk menayangkan konten. Canon MP250 juga didukung memori internal 4GB untuk menyimpan video, foto, dan dokumen kantor.

Proyektor ini digadang-gadang user friendly, karena pengguna hanya perlu mengoperasikan melalui smart touchpad dan keyboard virtual hanya dengan 2 jari (untuk zoom dan scrolling).

4 dari 4 halaman

Dukungan Bluetooth

Dengan begitu, pengguna bisa mengoperasikan proyektor dengan cepat saat mengakses menu tanpa perangkat input eksternal seperti mouse dan keyboard.

Input eksternal pun bisa langsung disambungkan melalui koneksi USB atau Bluetooth.

Proyektor ini didukung baterai 3.100mAh yang bisa digunakan selama 2 jam dengan tingkat kecerahan 250 lumens.

Jika ingin menonton film atau presentasi panjang, hanya perlu dihubungkan dengan adaptor AC yang bisa dinyalakan berjam-jam atau penggunakan fitur USB charging untuk menghubungkannya dengan powerbank.

Canon MP250 didukung fitur penyesuaian keystone secara vertikal dan rotasi gambar otomatis. Proyektor ini juga memiliki dudukan dasar internal yang memungkinkan perangkat menampilkan gambar hingga sudut 40 derajat di atas meja datar. 

Sementara, dudukan tripod memberikan fleksibilitas proyektor makin luas, misalnya saat mengatur ketinggian proyektor untuk mendapatkan gambar presisi.

Proyektor Canon ini juga memiliki built-in web browser dan koneksi WiFI yang memungkinkan pengguna memutar video langsung dari internet memakai smartphone atau tablet Android secara mirroring.

Pengguna juga bisa berbagi foto, video, dan konten multimedia langsung dari media penyimpanan seperti Google Drive.

Proyektor ini juga didukung speaker 2.5 W dan koneksi stereo mini jack 3,5mm, port HDMI, port USB2.0, dan slot micro SD.

(Dam/Isk)