Sukses

Kamera Selfie iPhone 14 Akan Dilengkapi Fitur Autofocus

Liputan6.com, Jakarta - Apple dijadwalkakn akan mengungkap kehadiran smartphone terbarunya, iPhone 14 series, pada September 2022 mendatang.

Walau masih belum ada kabar resmi dari Apple, beberapa bocoran informasi tentang iPhone terbaru itu sudah mulai beredar di dunia maya.

Salah satu paling baru adalah informasi tentang kemampuan kamera selfie di seluruh model iPhone 14, yang diungkap oleh analis Apple Ming-Chi Kuo.

Mengutip cuitan Ming-Chi Kuo di Twitter, Jumat (22/4/2022), Apple akan menyematkan kamera selfie berkemampuan autofokus dengan aperture f/1.9.

Bila kabar ini benar adanya, maka kamera selfie di iPhone 14 akan mengalami peningkatan dari model sebelumnya yang hanya menggunakan kamera fixed aperture f/2.2.

Dengan kemampuan ini, kamera selfie iPhone 14 mampu menangkap lebih banyak cahaya sehingga memotret dalam kondisi siang hari dan redup pun mampu menghasilkan foto yang lebih baik.

Fitur autofokus pun akan memungkinkan pengguna untuk melacak subjek lebih baik, dan mampu menghasilkan potret bokeh yang lebih baik, terutama dalam mode Potrait.

Sayangnya, Ming-Chi Kuo tidak mengungkap informasi seberapa besar sensor imaging dan resoulsi kamera selfie di iPhone 14 series tersebut.

Sebelumnya, Apple disebut-sebut akan menghilangkan notch di layar smartphone terbarunya tersebut dan menggantinya dengan desain punch hole berbentuk pill.

Kabarnya, punch hole ini akan menjadi tempat Apple meletakkan sensor canggih pemindai wajah buatan Apple, yakni Face ID. Sedangkan lubang lainnya adalah untuk kamera selfie.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Apple Bakal Pakai Layar OLED Samsung untuk iPhone 14 Pro

Ilustrasi iPhone 14. Dok: macrumors.com

Lebih lanjut, sebuah laporan mengungkap lini ponsel pintar Apple ini akan membawa perubahan signifikan dari segi desain. Untuk pertama kalinya, Apple juga akan menggunakan hardware berbeda pada varian-varian iPhone 14.

Sayangnya, menurut laporan Gizchina yang dikutip Rabu (20/4/2022), model iPhone 14 reguler, yakni iPhone 14 (atau iPhone 14 mini kalau ada) akan menggunakan chipset yang lebih rendah.

Sementara, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan menjadi iPhone yang lebih premium dan paling flagship. Rumor terbaru tentang iPhone 14 series kini berkutat pada sekitar layar di iPhone 14 Pro.

Menurut CEO Display Supply Chain Consultants (DSCC) Ross Young, hanya akan ada satu pemasok ekslusif layar untuk model iPhone 14 Pro, yakni mitra sekaligus saingan Apple, Samsung.

Dari perspektif pasar smartphone, Samsung dan Apple adalah rival. Namun dalam hal bisnis, kedua perusahaan ini menjadi mitra dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam hal ini, Samsung menjadi pemasok utama bagi Apple, terutama dalam hal teknologi layar. Kini, Samsung akan menjadi pemasok ekslusif untuk layar OLED pada iPhone 14 Pro.

Sebelumnya, Ross mengunggah polling di Twitter yang menanyakan kepada pengguna mengenai model mana yang ekslusif mendapatkan layar OLED Samsung.

 

3 dari 4 halaman

iPhone 14 Pro Max Pakai Layar OLED Samsung

iPhone 14 Pro dikabarkan tidak akan lagi menggunakan notch melainkan cutout berbentuk serupa huruf i (Foto: EveryApplePro).

Sebagian besar orang memilih iPhone 14 Pro Max sebagai pilihan favorit mereka. Ada pula yang memilih semua iPhone 14 series akan menggunakan layar OLED Samsung.

Namun, Young menyatakan, hanya iPhone 14 Pro yang akan mendapatkan tampilan ekslusif dari Samsung. Model lain juga kemungkinan mendapat kesempatan untuk menggunakan OLED Samsung, namun pasokannya akan dibagi dua, antara BOE dan LG Display.

Sekadar informasi, perusahaan akan memperkenalkan vanilla iPhone 14 dan varian iPhone 14 Max baru. Varian vanilla kemungkinan akan menggantikan iPhone Mini dan mungkin juga akan memiliki ukuran layar yang sama dengan versi Pro.

Menurut ITHome, 20-25 persen pasokan layar untuk iPhone 14 akan dipenuhi oleh BOE (Bang & Olufsen). Sementara iPhone 14 Max akan mendapatkan pasokan layar dari LG dan Samsung.

Mungkin, LG akan mmenangani hanya satu dari layar LTPO. Alasannya, LG tidak memiliki kapasitas dan pengalaman yang sama dengan Samsung.

Sebagai informasi, tahun lalu, Samsung menjadi pemasok panel LPTO di iPhone 13 dan iPhone 13 Pro Max. Sementara pada model biasa tidak menggunakan layar LTPO dan hanya punya refresh rate 60Hz.

Bisa jadi pada iPhone 14 series, sejumlah varian akan didukung refresh rate dinamis.

 

4 dari 4 halaman

Bakal Setop Produksi iPhone-iPhone di Bawah Ini

Bocoran iPhone 14 series (Foto: Twitter/ @EveryApplePro).

Apple dipastikan akan meluncurkan deretan ponsel terbarunya, iPhone 14 series, pada tahun ini.

Perusahaan berbasis di Cupertino itu dikabarkan akan merilis empat model ponsel anyarnya, yaitu iPhone 14, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. Nah, bagaimana nasib lini ponsel Apple yang lainnya saat keempat seri iPhone 14 itu diluncurkan?

Disebutkan, Apple kemungkinan bakal menghentikan produksi untuk iPhone 11 setelah meluncurkan iPhone 14 series pada September 2022 mendatang.

Sebagai informasi, perusahaan sudah menghentikan produksi iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus pada tahun 2020.

Dengan peluncuran seri iPhone 14 yang semakin dekat, Apple disebut-sebut sedang mempertimbangkan untuk menghapus dua model iPhone 11 yang tersisa.

Adapun informasi ini datang dari LeaksApplePro via iDrop News. Sayangnya, Apple masih belum memutuskan menghentikan produksi iPhone 11.

(Ysl/Tin)