Sukses

WhatsApp Umumkan Berbagai Fitur Baru di Pesan Suara, Apa Saja?

WhatsApp mengumumkan berbagai fitur baru di pesan suara WhatsApp, salah satunya kemampuan memutar pesan suara dari pengguna lain di luar chat.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp mengumumkan berbagai fitur baru WhatsApp di pesan suara alias voice notes. Salah satunya adalah kemampuan untuk memutar suara dari seorang pengguna, sembari mengakses chat dari kontak lainnya.

CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan, tiap harinya pengguna WhatsApp mengirim 7 miliar pesan suara.

"Jadi kami menambahkan beberapa fitur baru termasuk Pemutaran di luar Chat, Jeda/Lanjutkan Perekaman, dan Pratinjau Draft untuk mempermudah mengirim dan mendengarkan pesan kamu. Saya harap kamu menikmatinya," kata Zuckerberg dalam unggahan blog perusahaan.

Kendati begitu, WhatsApp mengatakan, fitur-fitur pesan suara WhatsApp baru ini akan dirilis dalam beberapa minggu mendatang. Jadi, para pengguna pesan suara WhatsApp masih harus menunggu kehadirannya.

Perlu diketahui, fitur-fitur di bawah ini sudah bisa dinikmati oleh pengguna beta tester.

Berbagai Fitur Baru

Berikut adalah berbagai fitur baru pesan suara WhatsApp yang diklaim akan meningkatkan pengalaman pengguna:

1. Pemutaran di luar chat

Pengguna bisa mendengarkan pesan suara di luar chat, sehingga mereka bisa melakukan aktivitas lain di ponsel. Misalnya membaca atau merespon pesan lainnya.

2. Jeda atau lanjutkan perekaman

Jika terdapat gangguan dan si pengguna merasa perlu merangkai pikiran atau kata-kata saat merekam pesan suara, kini mereka bisa menjeda perekaman pesan suara dan melanjutkannya kembali saat pengguna sudah siap dengan pesan yang mau disampaikan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Percepat Play Pesan Suara

3. Visualisasi berbentuk gelombang

Kini, pesan suara menampilkan representasi visual dari pesan suara. Hal ini dinilai dapat memudahkan pengguna mengikuti visualisasi keras lemahnya suara pada rekaman.

4. Pratinjau draft

Pengguna kini bisa mendengarkan pesan suara sebelum mengirimkannya ke kontak.

5. Penanda pemutaran

Jika pengguna menjeda saat mendengarkan pesan suara, mereka bisa melanjutkan pemutaran terakhir saat kembali ke chat.

6. Pemutaran cepat di pesan yang diteruskan

Pengguna bisa memutar pesan suara dengan kecepatan 1,5x atau 2x untuk mendengarkan pesan suara lebih cepat di pesan biasa atau pesan yang diteruskan.

 

3 dari 4 halaman

Pentingnya Pesan Suara Bagi WhatsApp dan Pengguna

WhatsApp meyakini, pesan suara telah membantu mempercepat dan mempermudah pengguna dalam melakukan percakapan yang lebih ekspresif di WhatsApp.

Bagi WhatsApp, mengekspresikan kegembiraan melalui pesan suara lebih natural dibanding via pesan chat.

Bahkan menurut perusahaan, pesan suara lebih diminati dalam berbagai situasi, misalnya oleh anggota keluarga yang kurang suka mengetik teks atau teman yang sedang curhat panjang lebar.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang WhatsApp

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini