Sukses

UniPin Community Gelar Webinar Peluang Karir di Industri Esports, Seperti Apa?

Dalam webinar bertajuk Meniti Karir dalam Industri Esports, UniPin Community mengundang tiga narasumber membahas tentang berbagai peluang karir di industri esports

Liputan6.com, Jakarta - UniPin Community (UNITY) kembali menggelar webinar dengan tajuk 'Meniti Karir dalam Industri Esports'. Sesuai namanya, webinar tersebut membahas mengenai berbagai peluang karir di industri esports.

Ada tiga narasumber yang hadir dalam webinar tersebut. Salah satunya adalah Business Development & Partnership Manager Wall Street English Indonesia, Kevin Reinaldy yang membahas mengenai lima peluang karir paling populer di industri esports.

"Berdasarkan data Forbes, kalau di esports, yang paling populer adalah menjadi game developer, desainer, animator, content writer, dan streamer. Kalau dari yang saya lihat juga, karier di dunia esports itu lebih besar daripada the regular company-nya itu sendiri," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (5/3/2022).

Senada dengan Kevin, Analyst & Manager Bigetron Era, Tasia Eda Lestari menuturkan, peluang karir di industri esports lebih dari yang dikenal orang saat ini, yakni pro player atau streamer. Sebab, ada pula karir lain yang juga menjadi penting, seperti manajer tim, legal, social media manager, hingga finance.

Sementara menurut host dan esports shoutcaster Abigail Clarissa Liana, ada beberapa tantangan yang perlu diketahui sebelum terjun ke industri esports. Tantangan dasar tersebut dikenal sebagai Skill, Consistency, Attitude, Commitment, Mental (SCACM).

"Tapi yang terpenting, mau bekerja di manapun kita harus mengenali diri kita dahulu. Kenali potensi terbesar kita ada di mana," tuturnya. Namun selain itu, Tasia dan Abigail juga menyebut ada tantangan lain sebelum merencanakan karir di industri esports, yakni persetujuan orang tua.

Untuk hal ini, keduanya pun sama-sama menyebut cara terbaik membujuk orang tua adalah dengan memberikan pembuktian langsung melalui prestasi. Karenanya, seseorang yang ingin terjun sebagai pro player atau streamer harus fokus seratus persen untuk bisa membuktikan kemampuannya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

UniPin Cari Komunitas Esports Jadi Partner Resmi, Tertarik Gabung?

Sebelumnya, UniPin melalui UniPin Community (UNITY) baru saja mengumumkan telah membentuk UNITY Tribes. Lewat UNITY Tribes, UNITY ingin mencari komunitas esports di Indonesia sebagai partner resmi untuk mendukung aktivitas esports di Tanah Air.

Menurut SVP UNITY, Debora Imanuella, UNITY Tribes hadir sebagai respons dari semakin banyaknya komunitas esports di masyarakat umum. Jadi, UNITY Tribes diharapkan dapat menjadi wadah untuk para komunitas tersebut berkembang bersama.

"Kami berharap dapat berkontribusi secara langsung dalam mendukung komunitas-komunitas melalui wadah UNITY Tribes ini. Sehingga komunitas esports dari seluruh Indonesia dapat memiliki tempat untuk bertumbuh dan berkembang bersama," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (11/11/2021).

Nantinya, komunitas esports yang ingin menjadi partner resmi UNITY Tribes tinggal mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi. Ada empat tahap seleksi, yakni screening, interview, probation, dan penetapan menjadi partner resmi komunitas.

3 dari 3 halaman

Syarat Gabung UNITY Tribes

Kendati demikian, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti memiliki akun UniPin, mengikuti akun Instagram @unipincommunity dan @upstation.media, serta bergabung dalam Discord resmi UNITY Tribes.

Komunitas yang terpilih menjadi partner resmi akan mendapatkan dukungan UniPin Credits untuk turnamen yang akan diadakan, dan sudah disetujui oleh UNITY. Selain itu, UniPin juga akan menggelar sejumlah program untuk mendorong komunitas esports yang lebih baik.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini