Sukses

Cara Bikin The Picture NASA Took on my Birthday yang Lagi Viral di TikTok

Liputan6.com, Jakarta - Di media sosial TikTok tengah viral tren bernama The Picture NASA Took on My Birthday. Sebenarnya, ini tidak berbeda jauh dengan tren What Did Hubble See on Your Birthday beberapa waktu lalu.

Keduanya sama-sama bisa menunjukkan foto antariksa yang diambil NASA di hari tertentu, yang dapat dicocokkan dengan hari kelahiran atau ulang tahun seseorang.

Pada fitur What Did Hubble See on Your Birthday, pengguna bisa mengakses https://www.nasa.gov/content/goddard/what-did-hubble-see-on-your-birthday.

Nantinya, kamu cukup memasukkan bulan dan tanggal lahir saja, untuk melihat gambar apa yang ditangkap NASA menggunakan teleskop Hubble di tanggal tersebut.

Di situ, gambar yang muncul juga akan disertai penjelasan singkat tentang fenomena antariksa yang terjadi beserta tanggal dan bulan yang dipilih. Namun di sini, kamu tidak bisa memasukkan tahun tertentu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

The Picture NASA Took on My Birthday

Sementara itu, jika kamu ingin melihat lebih spesifik ke tahun tertentu, kamu bisa masuk ke situs Astronomy Picture of the Day di https://apod.nasa.gov.

Di situs itu, kamu bisa masuk ke menu Calendar yang berada di bagian bawah page, pilih tahun dan bulan kelahiran, lalu pilih hari atau tanggal yang diinginkan.

Nantinya, kamu bisa melihat gambar atau foto antariksa yang diambil dan diarsipkan oleh NASA, beserta penjelasan singkat yang ditulis pakar astronomi profesional. Kamu juga bisa menyimpan fotonya untuk dijadikan wallpaper.

Misalnya di tanggal 23 Januari 2020, NASA mengambil gambar Globular Star Cluster NGC 6752 yang diambil oleh fotografer antariksa Jose Joaquin Perez.

Hanya saja di situs ini, hanya disimpan foto antariksa mulai bulan Juni 1995. Jadi kamu tidak akan bisa menemukan gambar di waktu-waktu sebelum Juni 1995.

3 dari 3 halaman

Infografis: 26 Satelit Milik Indonesia