Sukses

Profil Norman Kamaru, Eks Polisi yang Sempat Viral di YouTube Tahun 2011

Norman Kamaru jadi bahan perbincangan beberapa jam terakhir, ia viral lewat aksinya di sebuah video YouTube beberapa tahun silam

Liputan6.com, Jakarta - Nama Norman Kamaru kembali mencuat ke publik usai adanya kabar dirinya telah berganti nama. Di laman Google Trends pada Kamis (3/2/2022), tercatat ada lebih dari lima ribu pencarian untuk keyword "Norman Kamaru."

Di akun Instagram mantan polisi tersebut, Norman Kamaru sudah menggunakan nama akun @onca_marthinus. Hal ini mengundang pertanyaan dari para warganet.

Hal itu akhirnya dijelaskan oleh Norman. Ia juga membantah dirinya sudah berpindah keyakinan.

Mengutip profilnya di Kapanlagi.com, Norman Kamaru dulu adalah seorang anggota Brimob Polda Gorontalo berpangkat Briptu (Brigadir Satu). Ia lahir pada 27 November 1985 di Gorontalo.

Namanya mulai melejit usai video lip sync yang berjudul Polisi Gorontalo Menggila, viral di dunia maya kala itu.

Jadi pada tahun 2011, sebuah video di YouTube menampilkan Norman yang berpakaian polisi, menirukan gerakan aktor India Shahrukh Khan menyanyikan lagu Chaiyya-Chaiyya.

Aksinya dinilai 'sempurna' dalam menirukan gerakan mulut dan bahasa tubuh bintang Bollywood itu saat beraksi di film Dil Se. Dengan cepat, pria ini menjadi selebritis dan karirnya di dunia hiburan pun menanjak. Ia pun diundang ke berbagai acara televisi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berhenti Jadi Polisi dan Jualan Bubur

Namun, karir Norman di kepolisian harus terhenti usai ia diberhentikan secara tidak hormat oleh Polri berdasarkan sidang kode etik di Polda Gorontalo pada 6 Desember 2011.

Norman saat itu menanggapi keputusan pengadilan tersebut dan mengaku menerimanya dengan senang hati. Ia lalu bertekad merambah dunia hiburan. Sekitar pertengahan September 2011 Norman juga sudah menyatakan pengunduran dirinya dari anggota Brimob.

Banyak spekulasi yang menyebutkan, ia mundur karena ingin melanjutkan karirnya di dunia hiburan namun hal ini dibantah oleh Norman. Ia keluar dari Brimob murni karena jenuh.

Di tahun 2014, nama Norman Kamaru sempat kembali terdengar di pemberitaan, usai diketahui berjualan bubur Manado di Jakarta demi menyambung hidupnya.

Usai dipecat dari kepolisian, karier Norman mulai redup. Saat itu tawaran manggung atau bintang tamu sudah jarang menghampirinya. Dia hidup sederhana dengan berjualan bubur. 

Norman pun mengaku sangat menyesal memilih mundur menjadi anggota Brimob. "Menyesal sih menyesal, soalnya yang bikin saya menyesal itu... waduh susah juga buat diomongin," katanya saat itu.

"Yang jadi pertanyaan saya itu kenapa bisa jadi kayak begitu, ya keluar dari Kepolisian," kata Norman Kamaru dalam sebuah video yang viral saat itu.

3 dari 4 halaman

Soal Ganti Nama

Kembali ke soal pergantian nama, Norman menjelaskan nama Onca Marthinus di akun Instagram-nya, adalah akronim dari nama aslinya.

"Karena banyak yang tanya kenapa gw ganti nama??? Gw jawab nih... GW GAK GANTI NAMA nih gw jelasin ya,, ONCA MARTHINUS = ONCA (singkatan dari Oman CAmaru / nOrman CAmaru," tulisnya di Instagram Story.

Lalu pada nama belakang yang digunakan dalam akunnya, Marthinus, rupanya itu adalah nama marga Ambon yang diambil dari keluarga sang ibunda.

Penjelasan nama belakang secara tersirat membantah dirinya pindah keyakinan. "MARTHINUS (itu marga / nama belakang mamah gw,,, mamah gw orang Ambon dan marganya MARTHINUS," sambung Norman.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Fenomena Tagar No Viral No Justice dan Respons Kapolri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.