Sukses

20 Startup Terpilih di Kohort Keenam Surge, Total Pendanaan Rp 862 Miliar

Sebanyak 20 startup terpilih di kohort keenam Surge, dengan total pendanaan USD 60 Juta atau sekitar Rp 862 miliar. Ke-20 startup itu saat ini berada di tahap awal (early stage).

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 20 startup terpilih di kohort keenam Surge, sebuah program akselerasi startup dari Sequoia Capital India, dengan total pendanaan USD 60 Juta atau sekitar RP 862 miliar. Ke-20 startup itu saat ini berada di tahap awal (early stage).

Termasuk dengan kohort keenam ini, 246 pendiri dari 112 startup di lebih dari 15 sektor kini telah bergabung di Surge.

"Setiap pendiri membawa inovasi dan tujuan yang berani yang dibutuhkan dunia untuk memecahkan masalah-masalah paling krusial saat ini," ujar Rajan Anandan, Managing Director di Surge & Sequoia India.

Banyak dari perusahaan ini, kata Anandan, sedang membangun fondasi digital yang kuat untuk membuka jalan ke pasar internasional.

"Kami sangat bangga dapat menjadi bagian dari perjalanan para founder kami yang ambisius, saat mereka berusaha membangun bisnis global di masa depan," tutur Anandan.

Sebagian perusahaan di kohort keenam Surge bergerak di sektor AgTech, EdTech, FinTech, direct-to-consumer, dan e-commerce. Selain itu, sebagian lainnya merupakan startup yang berfokus pada cybersecurity, customer engagement, pengembangan bakat, dan pembayaran.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Startup Asal Indonesia

Kemudian Grupin menambah daftar panjang perusahaan-perusahaan Indonesia di program Surge. Grupin adalah social commerce platform yang menawarkan pengalaman berbelanja interaktif berbasis komunitas kepada konsumen, disertai dengan keuntungan diskon besar untuk produk konsumen massal.

Grupin didirikan pada Januari 2021 oleh Kevin Sandjaja, yang sebelumnya menjabat sebagai CEO Pegipegi dan Ricky Christie, yang memiliki 8 tahun pengalaman membangun sistem berskala besar.

"Surge sekarang memiliki 12 perusahaan Indonesia yang sudah bergabung dengan komunitasnya selama tiga tahun terakhir. Kami sangat bangga dapat menyaksikan perkembangan pesat dari ekosistem startup di Indonesia saat ini," kata Rajan menambahkan.

Dua belas startup Indonesia dalam portofolio Surge termasuk Bobobox, Qoala, Chilibeli, Rukita, BukuKas, CoLearn, Hangry, Otoklix, Durianpay, Rara Delivery and Vara.

3 dari 4 halaman

Program Intensif 16 Pekan

Selain menyambut kedatangan startup-startup pertama dari Malaysia, Thailand dan Taiwan, 13 dari 20 startup di kohort keenam Surge ini sudah membangun usaha untuk target pasar di luar pasar asal mereka. 

Kohort keenam Surge akan dimulai pada 27 Januari dan para pendiri perusahaan akan menjalani program intensif secara virtual selama 16 pekan.

 

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Unicorn di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini