Sukses

Perkenalkan Chipset Exynos 2100, Samsung Makin Perkasa

Liputan6.com, Jakarta Samsung kembali memberikan gebrakan dalam saat perkenalkan flagship terbarunya, Galaxy S21 FE 5G. Tak hanya, bentuk serta fitur yang terbaru. Samsung juga menyematkan Exynos 2100 yang diproduksi oleh Samsung Electronics.

Exynos 2100 adalah cip pertama dari Samsung yang memiliki modem 5G terintegrasi, sekaligus dibuat melalui proses fabrikasi 5nm extreme ultraviolet (EUV). Dan untuk arsitektur CPU-nya, digunakan yang sama persis seperti milik Snapdragon 888.

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat 8 inti CPU yang dibagi dalam tiga jenis. Dari masing-masing CPU dibuat lebih tinggi dari Snapdragon 888. Jika dibandingkan dengan seri sebelumnya (Exynos 990), Exynos 2100 punya performa 30% lebih kencang, sekaligus 20% lebih hemat daya. Sementara GPU terbarunya, Mali-G78 terbuat dari total 14 inti, bawa peningkatan 40% lebih baik.

Salah satu yang dicari para pengguna smartphone terkait dengan hasil jepretan baik dalam bentuk foto atau video. Nah, smartphone yang menggunakan Exynos 2100 punya kemampuan kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI) terbaik.

Ya, pemanfaatan AI seperti pengenalan objek bekerja cepat dan optimal karena Exynos 2100 memiliki tiga core Neural-Processing-Unit (NPU). Nah, NPU sendiri biasa bekerja pada kamera dan mengolah scene atau objek jadi lebih baik.

Dengan tiga core NPU, kemampuan mengolah AI pun mencapai angka 26 TOPS (Tera Operations Per Second) yang berarti AI dalam satu detik bisa mengerjakan 26 tera operasi komputasi.

Kecanggihan Exynos 2100 juga menyematkan prosesor Image Signal Processor (ISP). Alhasil, ISP mampu mendukung kamera hingga 200MP. Wow. sekaligus terhubung dengan enam sensor kamera pada smartphone.

Selain itu, ISP dalam Exynos 2100 mampu menjaga titik fokus dan mempertahankan kualitasnya terutama ketika proses zoom, sehingga menghasilkan konten yang anti patah-patah.

Proses pergantian video pun mulus dari kamera depan ke kamera belakang. Selain itu, Exynos 2100 juga memungkinkan perekaman dan pemutaran video pada resolusi 8K, dengan refresh rate pada chipset mencapai 144 Hz.

Tak hanya itu, Exynos 2100 juga mendukung perekaman video 8K di 60 fps dengan encoding dan decoding High Efficiency Video Coding/HEVC H.265 dan VP9.

Fitur lainnya mencakup dukungan layar 4K (120Hz) dan resolusi QHD Plus (144Hz), serta Multi Camera and Frame Processor (MCFP) untuk meningkatkan kinerja zoom khususnya ketika digunakan pada mode pemotretan ultra wide.

Nah, untuk merasakan performa dari Exynos 2100 ini kamu bisa mulai dengan memiliki Galaxy S21 FE 5G yang sudah ditenagai oleh prosesor yang epic tersebut. Pada periode hingga 17 Januari 2022 ini, Samsung menghadirkan promo khusus pembelian Galaxy S21 FE 5G dan kamu kamu berkesempatan mengakses promo menarik dan mendapatkan Galaxy Fit2 dan Wireless Charger Duo senilai Rp 1.498.000 secara gratis!

Di samping itu, Samsung juga memberikan kemudahan dengan opsi cicilan 0% dan konsumen dapat melakukan tukar tambah (trade in) pada smartphone Samsung Galaxy lama, ataupun berbagai smartphone lain untuk ditukarkan dengan Galaxy S21 FE 5G. Klik di sini untuk mendapatkan Galaxy S21 FE 5G.

 

(*)