Sukses

WhatsApp iOS Bakal Izinkan Pengguna Dengarkan Pesan Suara Meski sedang Buka Chat Lain

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa bulan lalu, WhatsApp mengerjakan pemutar pesan suara global untuk aplikasinya. Kini pada versi beta terbaru, fitur baru WhatsApp ini hadir untuk para pengguna.

Berdasarkan laporan WABetaInfo, fitur ini memungkinkan pengguna mendengarkan pesan suara meski sedang membuka chat lainnya.

Jadi, saat pengguna sedang mendengarkan pesan suara milik seorang teman, kemudian ada orang lain yang mengirimi chat, pengguna bisa beralih ke chat baru dan membalas pesan secara bersamaan, sambil tetap mendengar pesan suara.

Pesan suara WhatsApp nantinya dapat diputar meski di saat yang sama pengguna sedang membuka chat dari kontak lainnya (Foto: 9to5Mac/WAbetainfo))

Mengutip 9to5Mac, Kamis (13/1/2022), pada Oktober lalu, WhatsApp masih mengembangkan fungsi ini. Kini, penguji beta WhatsApp sudah bisa mencoba kemampuan mendengarkan pesan suara sembari membuka chat lain pada versi beta 22.1.72.

Dalam beberapa bulan terakhir, WhatsApp juga sedikit mengubah tampilan pemutar pesan suara WhatsApp. Pada sebuah tangkapan layar, pesan suara muncul di bagian atas aplikasi dengan tombol putar/jeda, nama kontak pengguna, dan tombol tutup untuk menutup pesan suara.

WABetaInfo juga mencatat, sejak pemutar pesan suara global ini diluncurkan, beberapa pengguna belum bisa mencoba fungsi ini. Pasalnya, WhatsApp biasanya meluncurkan fitur-fitur baru secara perlahan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Belum ada Informasi Kapan Diluncurkan

Sayangnya, sampai saat ini masih belum ada informasi resmi mengenai kapan fungsi tersebut bakal tersedia untuk semua pengguna di versi stabil aplikasi.

Pada versi beta WhatsApp sebelumnya, aplikasi ini mengubah laman daftar obrolannya dengan desain yang lebih jelas. WhatsApp menghapus opsi "Broadcast List" dan "New Group".

3 dari 4 halaman

Tambahkan Foto Pengguna di Notifikasi

Tidak hanya itu, informasi lain juga menyebut, WhatsApp akan menambahkan foto profil kontak pengguna di dalam notifikasi, tiap kali seseorang mengirim pesan ke kita. Dengan begitu, setiap kali seorang pengguna menerima notifikasi baru di WhatsApp, akan muncul nama kontak berserta foto profilnya.

Terakhir, WhatsApp juga ingin membedakan apakah seseorang menjawab atau me-mention pengguna di obrolan grup.

Misalnya, saat ini jika seseorang membalas chat kita di sebuah grup, kita akan notifikasi bahwa seseorang membalas chat kita. Kini dengan versi beta, WhatsApp juga menginformasikan ketika seseorang me-mention kita di dalam obrolan grup. 

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial