Sukses

iPhone 6s hingga iPhone SE Bakal Tak Kebagian iOS 16?

Sejumlah seri iPhone 6s hingga iPhone SE dikabarkan bakal tidak mendapatkan pembaruan iOS 16.

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja merilis iOS 15.2 dengan berbagai perbaikan sejumlah bug penting, termasuk memperkenalkan fitur baru seperti Apple Music Voice Plan, App Privacy Report, dan Digital Legacy.

Menjelang tahun baru 2022 dan masih dalam tahap diluncurkannya update versi ".1" beberapa minggu mendatang, beredar kabar tentang iOS 16.

Mengutip laporan iPhonesoft via 9to5Mac, Selasa (21/12/2021), sejumlah seri iPhone yang ada di pasaran saat ini dikabarkan bakal tidak menerima pembaruan ke iOS 16.

Adapun deretan seri yang dimaksud adalah iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPhone SE. Sedangkan untuk seri iPad, iPadOS 16 tidak akan kompatibel dengan iPad mini 4, iPad Air 2, iPad (generasi ke-5), dan iPad Pro 2015.

Tentunya hal ini masih belum dapat dikonfirmasi hingga Apple meluncurkan iOS 16 pada WWDC 2022 mendatang. Namun, iPhonesoft memiliki rekam jejak yang baik ketika membocorkan perangkat apa saja yang menerima update iOS 13 dan iOS 14 sebelumnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Minimum iOS 16?

iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max menampilkan desain baja tahan karat tepi datar baru yang ditinggikan dan penutup depan Perisai Keramik untuk meningkatkan daya tahan. Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Photo: Business Wire)

Bila kabar ini benar adanya, maka salah satu syarat seri iPhone agar dapat menerima update ke iOS 16 adalah minimal menggunakan chipset A10.

Namun demikian, ini masih merupakan masa pakai yang sangat lama dari fitur-fitur baru dan perbaikan bug untuk ponsel Apple.

Sebelumnya, iPhone 6s dan iPhone SE sudah tidak akan mendapatkan pembaruan iOS pada akhir 2015 dan awal 2016, yang berarti mereka menerima lebih dari 6 tahun pembaruan software secara berkala.

3 dari 3 halaman

Apple Rilis iOS 15.2 dengan Update Fitur Privasi

Apple Izinkan Data iCloud Diwariskan Jika Pengguna Meninggal melalui Program Legacy Contact. (Foto: Apple).

Update sistem operasi baru Apple, iOS 15.2 yang memboyong berbagai pembaruan di sektor privasi mulai digulirkan ke iPhone. Sebelumnya, iOS 15.2 digulirkan sebagai versi beta selama beberapa waktu.

Menurut catatan Apple yang diunggah oleh 9to5Mac dan MacRumors, update ini meliputi:

- The Digital Legacy Program, yang mengizinkan pengguna mengatur siapa yang akan mendapat akses ke data-data iCloud dan iPhone pengguna, ketika ia meninggal dunia.

- The App Privacy Report, yang memperlihatkan izin yang digunakan berbagai aplikasi pengguna dan situs web yang terhubung dengannya.

- Apple USD 4,99 Voice-only plan untuk Apple Music

- Perbaikan untuk mode makro di kamera iPhone 13 Pro.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini