Sukses

Profil Pembalap F1 Max Verstappen yang Kini Juara Dunia

Kiprah pembalap F1 Max Verstappen yang kian moncer dari tahun ke tahun membuatnya berhasil menjadi juara dunia F1.

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap F1 Max Verstappen keluar sebagai juara dunia musim ini. Ia berhasil mengalahkan pembalap Lewis Hamilton di menit-menit akhir, sehingga kemenangannya menuai kontroversi.

Kemenangan ini menjadi yang pertama dirasakan pembalap asal Belanda tersebut. Max memulai kiprahnya di F1 pada 2014. Saat itu, ia bergabung dengan Red Bull Junior Teams.

Tak berselang lama, ia pun ikut bertarung di F1 pada 2015 dan menjadi pembalap termuda yang pernah berkompetisi di ajang ini. Max sendiri sudah tidak asing dengan dunai balap, karena ayahnya, Jos Verstappen, merupakan eks pembalap F1.

Dengan latar belakang tersebut, ia mulai terjun ke dunia balap pada umur 4 tahun. Sejak saat itu, ia kerap berkompetisi di kejuaraan gokart.

Pada musim 2016, ia bergabung menjadi pembalap utama Red Bull. Bergabungnya Max ke Red Bull, tidak lepas dari performanya yang impresif di Scuderia Toro Rosso di musim sebelumnya.

Di tahun ini, ia berhasil mencatat hasil apik. Dari delapan balapan pertamanya bersama Red Bull, ia berhasil enam finis lima besar, dengan empat di antaranya berhasil naik podium.

Pada musim ini, ia juga berhasil menjadi pembalap termuda yang memenangkan F1 Grand Prix. Ketika itu, usia Max baru 18 tahun 228 hari.

Setelahnya, performa pria kelahiran 30 September 1997 itu terus menanjak, hingga akhirnya ia berhasil menjadi juara dunia di ajang F1 2021.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Salip Hamilton di Lap Terakhir, Max Verstappen Juara Dunia F1 2021

Untuk diketahui, pembalap Red Bull Max Verstappen menjadi juara dunia Formula One atau F1 2021. Verstappen memenangi pertarungan super dramatis melawan seteru beratnya Lewis Hamilton dari Mercedes pada seri pamungkas di Abu Dhabi, Minggu (12/12/2021) malam WIB.

Persaingan menjadi juara dunia F1 2021 sungguh sengit antara Hamilton dan Verstappen. Sebelum GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina digelar, poin kedua tim sama-sama 369,5.

Max Verstappen start di pole position, Hamilton membuntuti di belakangnya. Saat balapan dimulai, Hamilton dengan luar biasa berhasil menyalip Verstappen pada lap pertama di tikungan ketujuh.

Setelah itu Lewis Hamilton terus memimpin di depan, dan mampu mempertajam keunggulan atas Vertappen menjadi di atas 10 detik.

Hamilton nampak akan menjadi juara dunia. Hingga tujuh lap tersisa, Hamilton masih unggul 11 detik dari Verstappen yang berada di posisi kedua.

3 dari 3 halaman

Drama Latifi

Drama terjadi di lap 54. Kecelakaan hebat dialami Nicholas Latifi. Akibatnya Safety Car pun harus keluar. Momen ini dimanfaatkan Verstappen untuk masuk pit stop guna mengganti ban baru.

Masuknya safety car juga otomatis memangkas keunggulan Hamilton. Verstappen kembali memepet Hamilton.

Safety car baru keluar saat balapan tersisa satu lap alias di lap 58. Secara luar biasa Verstappen berhasil menyalip Hamilton di lap terakhir guna memastikan diri jadi juara dunia F1 2021.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.