Sukses

Apple Ungkap Sony Ingin Hadirkan PlayStation Now ke Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru-baru ini mengungkap Sony ternyata sudah memiliki rencana untuk menghadirkan layanan streaming gaming cloud, PlayStation Now, ke perangkat mobile pada 2017. Informasi ini diketahui dari dokumen rahasia yang baru-baru ini diungkap Apple saat sidang melawan Epic Games.

Dikutip dari The Verge, Rabu (15/12/2021), berdasarkan dokumen tersebut Apple diketahui memiliki informasi orang dalam mengenai rencana Sony untuk memperluas layanan PlayStation Now ke perangkat mobile.

Dari dokumen itu diketahui Sony memiliki rencana menghadirkan layanan streaming game ke perangkat mobile untuk pengguna PlayStation. Disebutkan, layanan streaming itu memungkinkan pengguna mengakses lebih dari 450 judul game PS3, dan diikuti game PS4.

Namun hingga saat ini layanan tersebut belum dirilis Sony. Perusahaan asal Jepang ini juga belum berkomentar mengenai laporan Apple, sehingga belum dapat diketahui alasan layanan tersebut tidak pernah meluncur.

Sebagai informasi, laporan Apple ini diungkap sebagai bagian penjelasan perusahaan mengenai awal kehadiran layanan Apple Arcade. Jadi, setelah mengetahui rencana Sony tersebut, Apple melihatnya sebagai potensi kehadiran layanan berlangganan streaming game.

Apple sendiri akhirnya meluncurkan layanan Apple Arcade dua tahun setelahnya, yakni 2019. Meski tidak benar-benar menghadirkan layanan streaming, layanan ini menawarkan paket berlangganan game untuk para pengguna perangkatnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sony Bakal Boyong Gim PlayStation Populer ke Platform Mobile

Di sisi lain, sebelumnya, Sony dilaporkan berencana untuk mulai fokus menggarap pasar gim mobile. Informasi ini diketahui dari lowongan pekerjaan yang dibuka oleh Sony.

Dikutip dari Eurogamer, Senin (12/4/2021), Sony disebut sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Head of Mobile PlayStation Studio SIE. Dalam keterangannya, posisi ini akan fokus untuk mengadaptasi franchise populer PlayStation ke perangkat mobile.

"Anda akan bertangung jawab untuk membangun dan mengembangkan tim mobile sekaligus berperan sebagai Kepala di unit bisnis baru ini yang ada di dalam PlayStation Studios," tulis lowongan pekerjaan tersebut.

3 dari 4 halaman

Sony Siapkan Deretan Game Miliknya ke Platform Mobile

Dengan diketahuinya lowongan pekerjaan ini, Sony kemungkinan besar memang memiliki rencana serius untuk menghadirkan deretan gim franchise miliknya ke platform mobile.

Namun memang hal itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Sebab, keterangan dalam lowongan ini menyebut roadmap program pengembangan gim mobile akan dilakukan dalam waktu tiga hingga lima tahun ke depan.

Mengingat belum  ada informasi lebih lanjut, deretan judul gim yang mungkin dikembangkan dalam proyek ini juga belum dapat diketahui. Kendati demikian, menarik untuk menunggu langkah atau pengumuman selanjutnya dari Sony mengenai proyek ini.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara