Sukses

Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8cx Gen 3 dan Snapdragon 7c+Gen 3

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm baru saja memperkenalkan kehadiran chipset baru yang ditujukan untuk segmen PC Always On, Always Connected. Dalam acara tahunan Snapdragon Tech Summit 2021, perusahaan mengumumkan platform komputasi Snapdragon 8cx Gen 3 dan Snapdragon 7c+Gen 3.

Snapdragon 8cx Gen 3 disebut dapat digunakan untuk laptop ultra-slim premium dan tanpa kipas. Sementara Snapdragon 7c+Gen 3 memperkuat ekosistem PC Windows maupun Chromebook level pemula dengan konektivitas 5G.

"Snapdragon 8cx Gen 3 dibuat dari terobosan teknologi yang telah mengubah industri PC, menghadirkan pengalaman premium dengan kinerja terobosan per watt, kamera dan audio yang imersif dengan akselerasi AI yang ditingkatkan, konektivitas 5G secepat kilat, dan keamanan cip-ke-cloud di sistem tipis tanpa kipas." tutur VP Product Management Qualcomm, Miguel Nunes.

Qualcomm menyebut Snapdragon 8cx Gen 3 sebagai platform PC 5nm pertama di dunia yang mampu memberikan kinerja dan efisiensi yang lebih unggul. Hadir dengan integrasi prime core baru, chipset ini menghadirkan peningkatan kinerja hingga 85 persen lebih baik dibandingkan platform x86.

Chipset ini dibekali dengan Qualcomm Adreno GPU yang menawarkan peningkatan kinerja hingga 60 persen dibandingkan generasi sebelumnya. Qualcomm juga menyebut chipset ini mendukung game dengan resolusi Full HD hingga 120 FPS.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kemampuan 8cx Gen 3

Snapdragon 8cx Gen 3 menghadirkan 3A generasi terbaru, yakni auto focus, white balance, dan auto exposure, sehingga panggilan dengan aplikasi Teams atau Zoom dapat beradapatasi dengan gerakan pengguna sekaligus memberi pengaturan cahaya untuk menghasilkan video berkualitas tinggi.

Tidak hanya itu, Qualcomm juga membekali chipset ini dengan teknologi Qualcomm Noise and Echo Cancellation yang menjadi bagian dari Qualcomm Voice Suite. Kini, fitur ini ditingkatkan kemampuannya dengan AI untuk menghasilkan suara lebih jernih.

Snapdragon 8cx Gen 3 juga mendukung kualitas kamera hingga 4K HD hingga 4 kamera. Chipset ini juga dirancang untuk menghadirkan keamanan yang lebih baik, mulai dari proses secure boot berlapis dan keamanan konektivitas seluler.

Chipset ini didukung dengan sistem Modem-RF Snapdragon X55, X62, atau X65 5G yang memungkinkan perangkat mencapai kecepatan hingga 10Gbps.

8cx Gen 3 dilengkapi dengan FastConnect 6900 untuk mengaktifkan kecepatan Wi-Fi 6/6E dengan Wi-Fi Dual Station yang dikembangkan bersama Microsoft.

3 dari 4 halaman

Snapdragon 7c+ Gen 3

Sementara Snapdragon 7c+ Gen 3 hadir dengan kinerja CPU mencapai 60 persen lebih cepat dan kinerja GPU 70 persen lebih banyak. Qualcomm AI Engine memungkinkan pengalaman yang dipercepat AI lewat kinerja 6,5 TOPS yang belum ada sebelumnya di tingkat pemula.

Chipset ini juga memperkenalkan konektivitas 5G untuk kali pertama di platform level pemula. Hadir dengan Snapdragon X53 Mode-RF yang terintegrasi mendukung 5G sub-6 dan mmWave, chipset ini disebut mampu mendukung kecepatan pengunduhan hingga 3,7Gbps.

Penambahan FastConnect 6700 menghadirkan Wi-Fi 6 dan 6E multi-gigabit dengan kecepatan hingga 2,9Gbps. Perangkat yang dipersenjatai Snapdragon 8cx Gen 3 dan Snapdragon 7c+ Gen 3 diharapkan akan diluncurkan pada semester pertama 2022.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia