Sukses

Facebook Umumkan 2 Model Portal Paling Baru

Liputan6.com, Jakarta - Facebook baru saja mengumumkan perangkat Portal terbarunya. Ini merupakan versi paling baru yang diperkenalkan Facebook setelah sebelumnya memulai debut pada 2019.

Dilansir The Verge, Rabu (22/9/2021), ada dua perangkat Portal yang diperkenalkan, yakni Portal Go dan Portal Plus versi terbaru. Masing-masing dibanderol dengan harga USD 199 dan USD 349.

Sesuai namanya, Portal Go merupakan varian yang memiliki ukuran layar lebih ringkas, yakni 10 inci dengan desain portabel. Sementara Portal Plus hadir dengan desain yang lebih mewah dan memiliki ukuran layar 14 inci.

Portal Go memiliki kamera wide-angle yang dibekali dengan kemampuan zoom otomatis mengikuti wajah yang menjadi fokus. Lensa ini juga dapat menyesuaikan pergerakan orang, baik saat masuk atau keluar dari tangkapan lensa.

Perangkat ini menjadi model Portal pertama dari Facebook yang tidak membutuhkan koneksi daya terus menerus, karena memiliki baterai sendiri. Ada pula speaker bluetooth yang mendukung aplikasi seperti Spotify dan Pandora.

Adapun untuk Portal Plus, fungsinya tidak berbeda dari pendahulunya, tapi Facebook menghilangkan kemampuan rotasi layar dari portrait menjadi landscape di versi terbaru ini. Kedua perangkat ini juga dibekali dengan penutup fisik untuk kameranya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Fungsi Portal

Secara keseluruhan, Portal dari Facebook ini memang berfungsi untuk keperluan . Karenanya, perangkat ini berbeda dari produk smart home lain, seperti Amazon Echo.

Dalam versi terbaru ini, Facebook juga menambahkan sejumlah fitur baru. Kini selain layanan WhatsApp dan Messeger, Portal juga mendukung aplikasi Zoom, Cisco Webex, BlueJeans, dan GoToMeeting.

Facebook juga mengatakan pada Desember 2021, pihaknya akan menambahkan dukungan Microsoft Teams di Portal. Integrasi dengan Teams disebut jadi upaya Facebook untuk meningkatkan penggunaan Portal terutama bagi keperluan video conference bagi karyawan yang bekerja dari rumah.

Bahkan di tahun depan, Facebook akan meluncurkan program yang ditujukan bagi perusahaan atau bisnis memesan Portal dalam jumlah banyak. Namun tidak hanya itu, mereka juga bisa mengelola Portal secara mandiri tanpa perlu menggunakan akun Facebook atau WhatsApp. 

3 dari 3 halaman

Penjualan Portal

Facebook memang tidak mengungkap hasil penjualan Portal. Namun perusahaan riset IDC mengungkap, perusahaan mengirimkan lebih 600.000 unit Portal tahun lalu. Jumlah ini meningkat lebih dari 28 persen dari 2019.

Sementera untuk tahun ini, pada paruh pertama, Facebook diketahui hampir mengapalkan 400.000 ribu unit. Dengan capaian tersebut, sinyal penjualan diprediksi dapat terus tumbuh, meski memang tidak sebesar perangkat lain, seperti Amazon Echo.

(Dam/Ysl)