Sukses

Google Meet Versi Web Bakal Punya Fitur Kecerahan Otomatis

Liputan6.com, Jakarta - Pembaruan terbaru dari Google Meet versi web akan membawa fitur berupa penyesuaian kecerahan otomatis bagi para penggunanya. 

Dalam pernyataannya, dilansir 9to5Google, Selasa (21/9/2021), Google Meet mengatakan, terlalu banyak cahaya di belakang Anda bisa "menantang bagi banyak kamera."

"Google Meet di web sekarang secara otomatis mendeteksi ketika pengguna terlihat kurang terang dan meningkatkan kecerahan untuk memperbaiki visibilitas mereka," kata Google.

Pengguna yang kurang mendapat pencahayaan nantinya akan bisa melihat perintah untuk mengaktifkan dan meningkatkan visibilitas melalui fitur baru Google Meet.

Tahun lalu, Google Meet merilis mode low-light serupa untuk pengguna aplikasi seluler di iOS dan Android.

Dilansir Engadget, fitur baru untuk Google Meet web ini menggunakan kecerdasan buatan untuk memeriksa tingkat cahaya dan menyesuaikan kecerahan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tersedia Beberapa Pekan Mendatang

Dengan fitur tersebut, kontrol admin tidak dibutuhkan meskipun pengguna bisa mematikannya. Google mengakui bahwa penggunaan mode itu bisa berpotensi memperlambat perangkat yang digunakan.

Fitur ini akan hadir untuk semua pengguna Workspace maupun mereka yang memakai G Suite basic atau business.

Pengguna akan dapat mengontrol "Adjust video lighting" dari opsi More lalu Settings, dan pilih Video. Fitur ini baru akan tersedia sepenuhnya dalam beberapa pekan mendatang.

3 dari 4 halaman

Fitur Animasi di Google Meet

Sebelumnya, Google menggulirkan pembaruan untuk aplikasi Meet di Android dan iOS. Lewat pembaruan ini, Google menambahkan fitur untuk menghadirkan pengalaman video conference yang lebih menyenangkan.

Seperti dikutip dari Engadget, Jumat (9/7/2021), kini Google Meet memungkinkan pengguna memakai filter atau animasi saat melakukan panggilan video. Jadi, pengguna dapat memanfaatkannya untuk membuat panggilan video yang lebih kaya.

"Tambahkan kucing, astronot, ubur-ubur dan banyak lagi di panggilan Meet-mu. Filter, topeng, dan efek baru kini tersedia di Meet untuk Android dan iOS," tulis Google melalui akun Twitternya.

Stiker maupun animasi baru ini dapat diakses melalui menu Effects yang ada di bagian bawah layar saat melakukan panggilan Google Meet. Lalu pengguna akan menemukan opsi styles dan filters, selain blur effect maupun background.

Untuk opsi styles, pengguna dapat memberikan efek suar warna saat melakukan panggilan. Sementara dengan filter, pengguna dapat menempelkan topeng atau aksesoris virtual saat menelpon via Google Meet.

Saat ini, kedua fitur tersebut sudah mulai bergulir dan dapat digunakan. Tidak hanya akses melalui aplikasi Google Meet, kedua fitur ini tersedia pula melakukan meeting melalui Gmail.

4 dari 4 halaman

Infografis Plus Minus Belajar dari Rumah Secara Online