Sukses

Jokowi Apresiasi Grab Vaccine Center Yogyakarta yang Ramah Penyandang Disabilitas 

Grab Vaccine Center Yogyakarta menggunakan pendekatan yang mengedepankan teknologi untuk memberikan pengalaman yang lebih nyaman bagi penerima vaksin mulai dari proses pra-registrasi hingga penerapan pendaftaran melalui layanan GrabHealth.

Liputan6.com, Yogyakarta Dalam rangka mendukung program vaksinasi Covid-19 dan upaya mewujudkan kekebalan kelompok atau herd immunity, Grab dan Good Doctor berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menghadirkan Grab Vaccine Center untuk gelombang kedua vaksinasi yang berlangsung 8-11 September 2021. 

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo hadir meninjau langsung pusat vaksinasi yang ramah penyandang disabilitas yang berlokasi di Jogja Expo Center ini. Turut hadir mendampingi Presiden dalam peninjauan kali ini adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DIY Sri Sultan  Hamengku Buwono X, dan Bupati Bantul Abdul Halim Muslih.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat dan seluruh pihak yang telah membantu mensukseskan program vaksinasi Covid-19 sebagai bentuk upaya  pencegahan dari virus corona yang tidak mungkin hilang secara total. 

Sebanyak 8,000 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari penyandang disabilitas, para abdi  dalem, lansia serta pekerja publik sektor pariwisata dan transportasi telah mendapatkan vaksinasi. Sebagai informasi, Grab Vaccine Center Yogyakarta gelombang pertama sendiri telah berlangsung pada 14-17 Juni 2021 lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Grab Vaccine Center Yogyakarta

Grab Vaccine Center Yogyakarta menggunakan pendekatan yang mengedepankan teknologi untuk memberikan pengalaman yang lebih nyaman bagi penerima vaksin mulai dari proses pra-registrasi, jadwal vaksinasi, pra-skrining serta penerapan pendaftaran melalui layanan GrabHealth yang didukung oleh infrastruktur digital Good Doctor, yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk pelaksanaan vaksinasi lebih efisien.

Untuk memfasilitasi penyandang disabilitas, Grab Vaccine Center menghadirkan jalur masuk dan antrian khusus, akses untuk pengguna  kursi roda, dan toilet ramah disabilitas. Selain itu, penyandang disabilitas juga bisa mendapatkan pendampingan dari Difabel Tanggap Bencana (DIFAGANA) dan penerjemah khusus untuk peserta Tuli, hingga armada antar jemput khusus penyandang disabilitas ke pusat vaksinasi dengan Difabike powered by GrabGerak; ojek pertama yang melayani penyandang disabilitas dan masyarakat umum, dan layanan GrabGerak; transportasi roda empat dengan mitra pengemudi yang sudah dilatih sehingga  ramah bagi penyandang disabilitas.

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia menyampaikan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo yang sudah hadir untuk meninjau pelaksanaan Grab Vaccine Center gelombang kedua di Yogyakarta pada hari ini. 

“Saya juga memberikan apresiasi kepada tenaga kesehatan dan juga seluruh panitia yang sudah berusaha bersama-sama untuk menyukseskan kegiatan ini. Gelombang pertama vaksinasi sudah dilaksanakan pada 14 hingga 17 Juni 2021 lalu berjalan dengan lancar dan sukses. Kini, gelombang kedua pusat vaksin kami hadirkan dengan aman, halal, serta memaksimalkan teknologi dan sumber daya yang ada,” jelasnya. 

Ridzki menambahkan bahwa Grab Vaccine Center menjadikan penyandang disabilitas sebagai salah satu target vaksinasi dengan menghadirkan berbagai fasilitas dan akses yang ramah bagi mereka.

“Semoga melalui pusat vaksinasi ini dapat segera terbentuknya herd immunity sehingga membantu roda perekonomian lokal menjadi lebih baik,” harapnya.

Managing Director Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana, menjelaskan Good Doctor selalu siap menjadi mitra pemerintah dalam menyukseskan program vaksinasi nasional.

“Kami menyadari pentingnya percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk mendukung pemulihan  Indonesia. Pada Grab Vaccine Center, kami memanfaatkan fitur registrasi peserta vaksinasi serta fitur  pre-screening yang dapat diakses melalui aplikasi Grab dan Good Doctor guna mengurangi kerumunan  massa dan meminimalisir kasus batal atau tunda di lokasi vaksinasi,” ujar Danu Wicaksana.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.