Sukses

Video Klip Lagu Rick Astley di YouTube Tembus 1 Miliar Views, Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Video klip lagu "Never Gonna Give You Up" yang dinyanyikan penyanyi Inggris Rick Astley pada pekan ini menembus 1 miliar penayangan di YouTube.

Video musik yang diunggah di tahun 2009 itu sendiri terkenal sebagai sebuah meme, karena banyaknya pengguna internet yang melakukan "rickroll" atau mengerjai orang untuk mengklik video tersebut.

Mengutip Engadget, Sabtu (31/7/2021), "rickrolling" sendiri sebenarnya sudah ada sejak 2007, ketika pengguna 4chan mulai mengerjai orang-orang untuk mengarahkan pengguna lain ke video tersebut.

Hasilnya, lagu yang dirilis pada 1987 dan meledak di tahun 1988 itu masih awet di hati para pengguna internet dan masih digunakan untuk mengerjai orang hingga sekarang.

Berkat prank "rickrolling" pula, di 2008, Astley memenangkan MTV Europe Music Award untuk Best Act Ever untuk lagu tersebut, lewat voting secara daring.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Video Musik Keempat yang Tembus 1 Miliar Penonton

Dikutip dari Variety, pada hari April Mop 2021 sendiri, YouTube melaporkan video klip "Never Gonna Give You Up" ditonton hingga 2,3 juta kali.

Keberhasilan video Rick Astley menembus 1 miliar views pun membuatnya menjadi video musik keempat di Youtube yang meraih jumlah penonton sebanyak itu.

"Never Gonna Give You Up" bergabung dengan "Sweet Child o' Mine" dari Guns N' Roses, "Take on Me" dari A-ha, dan "Billie Jean" dari Michael Jackson.

Dengan tembusnya angka tersebut, Astley pun mengungkapkan kegembiraannya dengan mengunggah sebuah video di akun media sosial Twitter.

"Itu mengejutkan. Dunia adalah tempat yang indah dan luar biasa, dan saya sangat beruntung," kata pria 55 tahun itu.

3 dari 4 halaman

Rilis Vinyl

Untuk merayakan keberhasilan tersebut, Astley juga mengumumkan perilisan 2.500 salinan vinyl biru 7 inci bernomor dari single tersebut, yang ditandatangani olehnya.

Laman resmi Astley mengatakan bahwa dengan harga 17 dolar atau sekitar 245 ribu rupiah, rekaman tersebut sudah terjual habis.

Mengingat fenomena "rickrolling" membuat lagunya semakin populer, Astley pun pernah mengomentarinya.

"Saya pikir itu hanya salah satu dari hal-hal aneh di mana sesuatu dipilih dan orang-orang berjalan dengan itu. Itulah hal brilian tentang internet," katanya kepada L.A. Times di 2008.

(Gio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Konsumsi Media