Sukses

Teknologi De-Aging Mirip Deepfake Bikin Paul McCartney Muda Lagi di Video Klip Barunya

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi de-aging membuat wajah musisi Inggris Sir Paul McCartney bertahun-tahun lebih muda ketimbang penampilan aslinya, di video klip lagu "Find My Way" yang baru saja dia rilis.

Video musik yang digarap bersama musisi Amerika Serikat, Beck, itu menampilkan Paul McCartney "muda" yang berjoget di dalam sebuah koridor hotel.

Dikutip dari Sky News, Senin (26/7/2021), video untuk single terbaru dari ikon The Beatles berusia 79 tahun ini diproduksi oleh Hyperreal Digital.

Untuk video musik ini, Hyperreal Digital menciptakan avatar digital yang "hiper-realistis" dan mirip dengan teknologi yang digunakan untuk menciptakan deepfake.

"Teknologi untuk mengatur ulang usia penampil dan membuat mereka tampil di lingkungan kreatif seperti ini sekarang sepenuhnya terwujud, bahkan dengan salah satu wajah paling dikenal di dunia," kata Remington Scott, Chief Executive Hyperreal.

2 dari 5 halaman

Penampilan McCartney Muda

Dalam video itu, McCartney muda yang mengenakan kemeja dan dasi rapi, dengan semangat berjalan sambil menari melalui koridor yang latar belakang dan warnanya terus berganti.

Beberapa penari dan adegan pun mengiringi tarian dari pria yang akrab disapa Macca itu.

Namun di akhir video, McCartney yang dari tadi berdansa tiba-tiba melepaskan wajahnya yang ternyata adalah sebuah topeng, dan memperlihatkan bahwa dia adalah Beck.

Mengutip NME, lagu 'Find My Way' kolaborasi dengan Beck ini diambil dari album terbaru McCartney yang berjudul "McCartney III: Imagined", yang merupakan pengerjaan ulang album "McCartney III."

3 dari 5 halaman

Penggunaan Teknologi De-Aging

Video klip "Find My Way" sendiri disutradarai oleh Andrew Donoho, dan diproduksi bersama Hyperreal Digital. Video ini juga menampilkan koreografi karya Phil Tayag.

Teknologi de-aging sendiri sudah mulai lazim digunakan di industri hiburan, khususnya seperi di film atau sebuah serial. Yang paling terkenal adalah The Mandalorian yang membuat aktor Luke Skywalker, Mark Hamill, menjadi lebih muda.

Selain itu, Marvel Cinematic Universe juga membuat Samuel L. Jackson terlihat jauh lebih muda di film Captain Marvel, saat ia harus memerankan tokoh Nick Fury muda.

Sementara di film Avengers: Endgame, aktor Chris Evans dibuat jauh lebih tua ketika harus memerankan tokoh Steve Rogers alias Captain Amerika versi lansia.

(Dio/Isk)

4 dari 5 halaman

Infografis FaceApp Curi Data Pengguna?

5 dari 5 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini