Sukses

Twitter Hadirkan Fitur Baru di Spaces, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Twitter mengumumkan sejumlah fitur baru untuk Spaces. Dengan kehadiran fitur ini, sebuah sesi di Twitter Spaces kini lebih mudah dibagikan dan ditemukan.

Dikutip dari Engadget, Jumat (30/7/2021), penggguna kini bisa langsung membuat tweet baru sebuah sesi Spaces yang berjalan. Jadi, tweet tersebut akan langsung menyertakan link ke sesi Spaces yang berlangsung, berikut hashtag yang disertakan.

Sebelumnya, pengguna memang dimungkinkan untuk membuat tweet saat mendengarkan sesi di Spaces. Namun dengan fungsi ini, pengguna dapat langsung menyertakan hashtag yang sesuai dengan pembahasan di sesi tersebut.

Selain itu, untuk pengguna di iOS, Twitter juga memperbarui laman guest management. Lewat pembaruan ini, control bar untuk para partisipan diletakkan di bagian atas laman guest management, sehingga lebih mudah diakses.

Twitter juga memudahkan host mengenai status partisipan dalam Spaces yang mereka buat. Kini, mereka dapat mengetahui apakah partisipan itu hanya pendengar, pembicara, termasuk permintaan untuk menjadi pembicara.

Terakhir, Twitter kini tengah melakukan uji coba untuk memudahkan pencarian sebuah sesi Spaces. Pengguna iOS yang masuk dalam daftar uji coba beta kini bisa mencari sesi Spaces berdasarkan judul, termasuk nama host.

"Membuat semua Spaces yang berlangsung dan akan datang dapat dicari," tulis akun @TwitterSpaces. Namun belum diketahui kapan fitur ini akan digulirkan untuk lebih banyak pengguna. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pengguna Twitter Bakal Bisa Login Pakai Akun Google

Di sisi lain, Twitter diketahui sedang melakukan uji coba sebuah fitur yang memungkinkan pengguna masuk (sign up) ke platform microblogging tersebut hanya berbekal akun Google.

Adapun fitur integrasi Google ini diperkenalkan pertama kali sebagai uji A/B di Twitter.com (versi web), sebagaimana dikutip dari Bleeping Computer, Rabu (28/7/2021).

Hingga saat ini, pengguna hanya bisa masuk ke Twitter hanya dengan menggunakan nomor telepon atau alamat email dan kata sandi (password).

3 dari 3 halaman

Pengguna yang Ikut Uji Coba

Bagi pengguna yang ikutan dalam uji coba kali ini, mereka akan ditampilkan opsi login baru berjudul 'Daftar dengan Google' atau 'Sign up with Google.'

Seperti layanan lain yang mengandalkan opsi login akun Google, pengguna akan disajikan kotak dialog dari accounts.google.com saat mengklik tautan 'Daftar dengan Google.'

Informasi, fitur login ke Twitter menggunakan akun Google ini baru diluncurkan secara terbatas. Karena itu, masih butuh waktu beberapa minggu atau bulan mendatang hingga fitur ini hadir secara global.

(Dam/Ysl)