Sukses

Review Xiaomi Mi 11 Lite, Desain Cantik Performa Apik

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi telah resmi memperkenalkan Mi 11 Lite sebagai smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia. Sesuai namanya, smartphone ini merupakan 'adik' Mi 11 yang sudah lebih dulu meluncur di awal tahun.

Saat pertama kali diperkenalkan, Xiaomi menyebut Mi 11 Lite hadir untuk menyasar pengguna perempuan. Hal itu bukannya tanpa alasan, sebab smartphone ini hadir dengan desain stylish dan bodi yang tipis lagi ringan, sehingga sangat cocok untuk para perempuan.

Namun tidak hanya desain yang cantik, Xiaomi memastikan smartphone ini memiliki performa yang tetap diandalkan penggunanya.

Nah, sebenarnya seperti apa pengalaman Mi 11 Lite yang dibanderol Rp 3 jutaan ini? Berikut ulasan dari Tekno Liputan6.com.

Desain

Secara tampilan, Mi 11 Lite mengambil bahasa desain dari Mi 11. Hal itu dapat terlihat jelas dari desain kamera belakang yang mirip, begitu pula dengan desain layar punch-hole.

Adapun faktor pembeda yang sangat jelas adalah layar Mi 11 Lite datar dan memiliki ukuran lebih kecil. Selain itu, smartphone ini masih menggunakan pemindai sidik jari fisik yang juga berfungsi sebagai tombol power di sisi kanan.

Penampakan Xiaomi Mi 11 Lite. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Sementara untuk bagian bawah, ada port USB Type-C, speaker grill, dan slot kartu SIM.

Pada saat peluncuran, Xiaomi mengklaim Mi 11 Lite merupakan smartphone paling ringan dan tipis untuk di kelasnya. Setelah menggunakannya selama beberapa hari, kami merasa klaim itu memang tidak berlebihan.

Bodi Mi 11 Lite harus diakui tipis dan sangat ringan, ditambah ukuran layar yang tidak terlalu besar yakni 6,55 inci. Kombinasi itu membuat smartphone ini terasa begitu nyaman saat digenggam, termasuk saat menjelajah menu di layar dengan satu tangan.

Varian warna yang ditawarkan Xiaomi pada smartphone ini juga terasa lebih segar dan elegan. Kebetulan, unit yang kami ulas berwarna bubblegum blue, dan warna ini berhasil memberikan nuansa premium tapi tetap tampil clean.

Bekas sidik jari pun tidak mudah menempel, sehingga bodi belakang tetap dapat tampil bersih.

Penampakan Xiaomi Mi 11 Lite. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Mi 11 Lite memiliki panel layar AMOLED dengan resolusi FHD Plus dan memiliki refresh rate 90Hz. Berbekal spesifikasi tersebut, pengalaman saat menjelajah menu di smartphone ini terasa mulus dan nyaman.

Sebagai tambahan perlindungan, ada Corning Gorilla Glass 5 yang melapisi layar.

2 dari 4 halaman

Perfoma

Mi 11 Lite menggunakan chipset Snapdragon 732G dengan sejumlah varian memori. Untuk unit yang kami terima menggunakan konfigurasi RAM 8GB dan memori internal 128GB.

Dengan kombinasi itu, selama pemakaian, kami merasa tidak ada kendala sama sekali. Mulai dari mengakses media sosial, menonton video atau mendengarkan lagu dari aplikasi streaming, termasuk chatting mampu dijalankan dengan baik.

Bahkan saat menikmati konten video atau mendengarkan lagu, pengalaman yang diberikan kian mantap karena Mi 11 Lite memiliki dual speaker.

Saat diajak untuk bermain game pun, Mi 11 Lite mampu menjalankannya dengan lancar. Kami mencoba dua game di smartphone ini, yakni Call of Duty: Mobile dan League of Legends: Wild Rift.

Hasilnya, kedua game tersebut dapat dimainkan dengan setelan grafis tinggi dan kami mampu dimainkan dengan lancar. Peningkatan suhu saat bermain pun terbilang tidak terlalu tinggi, cenderung hangat.Xiaomi Mi 11 Lite yang menjalankan MIUI 12 berbasis Android 11 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

 Mi 11 Lite memiliki baterai berkapasitas 4.250mAh dan mendukung fast charging 33W. Berbekal baterai itu, smartphone ini ternyata dapat diajak untuk memenuhi aktivitas seharian.

Dalam penggunaan normal sehari-hari, seperti chatting, mendengarkan musik, menonton video, sesekali bermain game, dengan kondisi baterai 100 persen di pagi hari, Mi 11 Lite dapat menyisakan sekitar 20 persen di sore hari.

Sementara dengan penggunaan berat yang membutuhkan pengisian daya, kemampuan 33Wnya sangat bisa diandalkan. Saat pengisian daya, dalam waktu sekitar kurang dari satu jam, smartphone ini sudah terisi penuh dari kondisi baterai sekitar 15 persen.

Mi 11 Lite menjalankan MIUI 12 berbasis Android 11. Sebagai informasi tambahan, saat pengukuran dengan aplikasi GeekBench 5, smartphone ini mencatat skor sekitar 550an untuk single-core dan 1760an untuk multi-core

3 dari 4 halaman

Kamera

Mi 11 Lite hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 64MP, lensa ultra-wide 8MP, dan lensa telemakro 5MP. Sementara untuk kebutuhan selfie, ada kamera depan beresolusi 16MP.

Secara keseluruhan, Mi 11 Lite mampu menangkap gambar dengan baik. Hasil foto dalam kondisi cukup cahaya tampil tajam dan memiliki detail yang apik.

Sementara kemampuan pengambilan gambar di malam hari juga dapat diandalkan, terlebih dengan dukungan Night Mode. Tanpa perlu berlama-lama, berikut ini hasil foto dari kamera belakang Mi 11 Lite.

Hasil dengan lensa 64MP

Hasil foto Xiaomi Mi 11 Lite. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Foto dengan Lensa Utama

Hasil foto Xiaomi Mi 11 Lite. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Xiaomi Mi 11 Lite. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Foto dengan Lensa Ultra-Wide

Hasil foto Xiaomi Mi 11 Lite. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Foto Objek dengan Mi 11 Lite

Hasil foto Xiaomi Mi 11 Lite. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Xiaomi Mi 11 Lite. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil dengan Lensa Telemakro

Hasil foto Xiaomi Mi 11 Lite. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Xiaomi Mi 11 Lite. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Foto Malam Hari dengan Night Mode dan Tanpa Night Mode

Hasil foto Xiaomi Mi 11 Lite. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Xiaomi Mi 11 Lite. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Foto Lensa Ultrawide dengan Night Mode

Hasil foto Xiaomi Mi 11 Lite. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman selama memakai Mi 11 Lite, kami merasa smartphone ini menawarkan performa yang sebanding dengan harganya. Sebagai informasi, smartphone ini di Indonesia dibanderol mulai dari Rp 3,7 jutaan.

Hal itu bukannya tanpa alasan karena smartphone ini memang memiliki performa yang apik dan mendukung aktivitas sehari-hari penggunanya. Mulai dari kebutuhan chatting, menonton film, termasuk bermain game mampu dilakukannya dengan lancar.

Selain itu, meski hadir dengan refresh rate lebih rendah ketimbang Mi 11, yakni 90Hz, kami menganggap hal itu wajar mengingat jelas ada perbedaan harga cukup signifikan. 

Namun kemampuan untuk memutar konten video tetap mantap, sebab Mi 11 Lite hadir dengan dukungan HDR10 dan stereo speaker. Belum lagi dengan desain cantik dan warna elegan, smartphone ini kian terlihat premium.

Kemampuan kameranya pun terbilang baik dan sangat menunjang kebutuhan pengguna. Karenanya, kami merasa Mi 11 Lite dapat menjadi salah satu opsi bagi pengguna yang menginginkan perangkat dengan performa mumpuni dan desain cantik.

(Dam/Isk)