Sukses

Ini Cara Pakai Fitur Tab Group di Google Chrome

Pusing lihat tab di Google Chrome terpampang banyak jumlahnya? Coba cara mudah ini agar dapat mengelompokan tab dan terlihat lebih rapih.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengguna aktif Google Chrome, tentunya membuka banyak tab sekaligus di dalam satu layar adalah langkah yang sering dilakukan.

Contohnya adalah ketika menyusun skripsi. Kamu bisa membuka sederet tab untuk mencari beragam referensi yang dapat dipakai menjadi bahan tulisan. Apalagi, dalam mengerjakan tugas secara online, kamu perlu membuka banyak sumber.

Karena sudah membuka banyak halaman web, tampilan tab Chrome pun akan semakin terlihat kecil hingga labelnya tidak terlihat.

Selain memisahkan kategori tab dengan membuka window baru, kamu ternyata bisa mengelompokkannya dengan fitur tab grouping yang telah disediakan Google.

Bagaimana caranya? Sangat mudah kok, kamu dapat mengikuti langkah mengelompokkan tab di Google Chrome pakai fitur tab grouping berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Klik Kanan di Tab Google Chrome

Pertama, ketika membuka browser Chrome dengan sederet tab, klik kanan pada tab manapun untuk membuat tab group. Kemudian, pilih opsi ‘Add tab to new group.’ 

Setelah itu, kamu perlu memberi nama group tersebut agar tidak tertukar. Misalnya, kamu berikan nama ‘Referensi’ untuk kumpulan tab referensi kamu.

Untuk memudahkan, kamu bisa mengubah warna group tab yang telah kamu buat.

 

3 dari 3 halaman

Tambah Tab Lain ke Grup

Setelah tab group dibuat, kamu bisa menambahkan tab lainnya ke dalam kelompok tadi.

Caranya, dengan klik kanan pada tab yang akan dimasukkan, lalu pilih ‘Add tab to Group’, dan pilih grup ‘Referensi’ yang telah kamu buat sebelumnya.

Dalam hal membuat grup baru, kamu bisa mengulangi langkahnya dari awal, dan lakukan kelanjutannya. Ingat untuk memberikan warna yang berbeda sebagai penanda untuk memudahkan kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.