Sukses

Tips Bikin Lega Memori iPhone Tanpa Hapus Banyak Aplikasi dan Data

Berikut cara membuat memori internal iPhone kamu yang penuh kembali lega tanpa harus menghapus banyak aplikasi dan data.

Liputan6.com, Jakarta - Ada dua keluhan yang biasa dirasakan pengguna iPhone yang cukup mengganggu pemakaian perangkatnya. Dua di antaranya masa pakai baterai yang menurun dan ruang penyimpanan yang makin sempit.

Seperti diketahui, aplikasi seperti game, foto, dan video cukup menyita banyak ruang penyimpanan.

Jika kamu adalah orang yang akan membeli perangkat baru setelah penyimpanan penuh, kini coba ikuti cara ini terlebih dahulu, seperti dikutip dari ZdNet, Selasa (25/5/2021).

Guna memulai mengosongkan penyimpanan, kamu perlu masuk ke ‘Settings’, lalu klik ‘General’, dan masuk ke ‘iPhone Storage’.

Kamu akan disuguhkan informasi mengenai apa saja yang memakan banyak ruang di iPhone, misalnya aplikasi, sistem, foto, media, dan lainnya. Kamu juga akan melihat aplikasi mana saja yang paling banyak menggunakan data.

Dari contoh yang diberikan ZdNet, banyak ruang yang digunakan untuk penyimpanan foto. Ia juga memiliki cukup banyak audio book yang diunduh, penyimpanan cukup besar untuk drone, dan beberapa media sosial lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melihat Detail

Untuk mulai menghapus, kamu perlu mengetuk aplikasi yang ada di daftar tersebut untuk melihat detailnya.

Sebagai contoh, pada aplikasi DJI Fly, yang memberikan opsi untuk mengelola data yang dikumpulkan. Jadi, tak perlu menghapus aplikasi untuk juga menghapus datanya sekaligus.

Dengan begitu, kamu bisa menghapus beberapa file yang cukup besar dari daftar yang ada. Selain itu, kamu juga bisa menghapus keseluruhan datanya tanpa kehilangan aplikasinya.

Opsi ini tidak terlihat pada aplikasi lain. Namun, ada cara lain di luar dari menghapus aplikasi secara langsung. Kamu bisa mencari opsi ‘Delete Cache’ atau ‘Delete Data’ dari pengaturan aplikasi.

Dalam contoh lain, ada fitur ‘Manage Storage’ di WhatsApp yang memungkinkan pengguna menghapus video. Selain itu, pada bagian YouTube, ada beberapa catatan besaran memori dari video yang di-download.

Sementara untuk Twitter, dengan menghapus dan menginstal ulang aplikasi akan cukup besar akan mengurangi ruang penyimpanan iPhone kamu.

 

3 dari 3 halaman

Offload App

Rekomendasi lainnya yang diberikan iOS adalah melakukan tindakan ‘Offload App’. Perintah itu memungkinkan untuk menghapus semua data yang digunakan oleh aplikasi tersebut.

Namun, tetap menyimpan dokumen dan datanya. Ketika kamu menginstal ulang aplikasi tersebut, data dan dokumen tersebut akan kembali. Dengan catatan, aplikasi itu diinstal melalui App Store.

Dengan melakukan ‘Offload App’, akan muncul ikon awan kecil di aplikasi tersebut, yang menunjukkan bahwa aplikasi itu perlu mengunduh ulang.

Cara ini cukup ampuh untuk digunakan oleh kamu yang memiliki masalah dengan ruang penyimpanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.