Sukses

Trafik Data Telkomsel Tumbuh 49 Persen saat Ramadhan dan Idul Fitri 2021

Telkomsel mencatat terjadi kenaikan trafik data sebesar 49 persen saat Ramadhan dan Idul Fitri 2021 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel mengumumkan, sepanjang momen Ramadhan dan Idul Fitri 2021, trafik datanya tumbuh hingga 49 persen.

Sementara dibandingkan hari biasa, Telkomsel mencatat kenaikan trafik sebesar 10 persen. Hal ini seiring dengan berlangsungnya kedua momen tersebut di tengah pandemi Covid-19.

Data Telkomsel, lonjakan trafik data sepanjang Ramadhan dan Idul Fitri mencapai 39,7 Petabyte (PB) dibanding momen yang sama tahun lalu.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, momen Idul Fitri sebagai momentum membuka kesempatan lebih luas bagi masyarakat dengan terus menjalin silaturahmi dan tetap terhubung secara digital melalui jaringan Telkomsel.

Berdasarkan pantauan, trafik data pada Lebaran 2021 melonjak 49 persen dibanding periode Lebaran tahun 2020.

"Hal tersebut didorong dengan makin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi virtual sesuai imbauan pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19 dengan tidak melakukan mudik," kata Nugroho, dikutip dari keterangan Telkomsel, Minggu (16/5/2021).

Sementara, untuk layanan SMS di momen Ramadhan dan Idul Fitri terdapat peningkatan 33 persen dibanding tahun lalu. Untuk layanan panggilan, terjadi peningkatan trafik sebesar 4 persen dibanding hari biasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelanggan Kirim 669 Juta SMS Sepanjang Ramadhan dan Idul Fitri

Telkomsel mencatat, selama Ramadhan dan Iful Fitri 2021, ada 669 juta SMS yang dikirimkan (naik 23 persen dibanding hari biasa) dan panggilan suara selama 915 juta menit (naik 4 persen dibanding hari biasa).

Ada sejumlah platform yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data. Telkomsel melihat ada lonjakan trafik penggunaan untuk layanan VoLTE Telkomsel sebesar 12 persen.

Untuk layanan streaming Maxstream meningkat 410 persen, layanan CloudX Telkomsel naik 68 persen dibanding hari biasa.

Selama Ramadhan dan Idul Fitri, pelanggan banyak memanfaatkan platform digital untuk bekerja virtual atau belajar online dan video streaming dengan kontribusi 53 persen terhadap penggunaan data.

Layanan lain yang juga mengalami kenaikan penggunaan adalah mobile gaming (tumbuh 81 persen), browsing (tumbuh 36 persen), dan media sosial (tumbuh 7 persen) dibandingkan hari biasa.

3 dari 3 halaman

6 Aplikasi Paling Banyak Diakses Pelanggan

Ada enam aplikasi paling banyak diakses pelanggan, antara lain YouTube, Facebook, WhatsApp, Instagram, TikTok, dan Mobile Legends.

Sepanjang momen Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, secara berurut lima wilayah operasional Telkomsel mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan momen tahun sebelumnya.

Kelima wilayah dengan penggunaan data tertinggi adalah Sumatra baik Utara, Tengah maupun Selatan (13 persen), Jawa Timur (12 persen) dan Jawa Tengah (11 persen) dibandingkan dengan hari biasa.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, Telkomsel melakukan optimalisasi dan pengamanan jaringan di 554 titik yang difokuskan di wilayah tempat tinggal, rumah ibadah, rumah sakit penanganan Covid-19, bandara, terminal bus, pelabuthan, jalur logistik, dan pusat pelayanan publik.

"Telkomsel secara konsisten terus memastikan prinsip customer-centric di setiap produk, layanan, dan konektivitas yang dihadirkan agar dapat senantiasa mendampingi dan meningkatkan pengalaman masyarakat dalam menjalani aktivitas kesehariannya," kata Nugroho.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.